9 Tips Jitu Yang Bisa Kita Lakukan Pada Instagram

Kita tahu bahwa Instagram kini merupakan salah satu jaringan media sosial yang sangat populer untuk semua kalangan. Hampir setiap orang memiliki akun pada layanan ini, entah anda seorang artis, kalangan biasa, atau bahkan seorang pebisnis yang memiliki marketing besar pada jaringan media sosial tersebut. Tahukah anda, ada beberapa tips jitu  yang bisa kita lakukan pada Instagram dibawah ini untuk melakukan sesuatu yang jauh lebih baik pada layanan tersebut.

Instagram lebih populer di kalangan anak muda sebagai platform berbagi media sosial, namun tapi tidak semua dari kita tahu bahwa ini juga bisa menjadi platform bisnis yang sangat menguntungkan. Layanan ini bahkan menjadi salah satu layar digital yang paling populer digunakan untuk iklan. Jadi intinya, ini semua tentang pengikut anda dan bagaimana memberikan sesuatu yang menarik bagi mereka di posting anda. Nah, dalam artikel ini, kita akan belajar tentang beberapa tips dan trik Instagram yang menarik yang pasti akan membantu kita untuk membuat lebih banyak dari “sekedar” posting.

Baca juga : Upload Photo Instagram Via Desktop PC ? Coba Aja Gramblr

9 Tips Jitu Yang Bisa Kita Lakukan Pada Instagram

1. Aturlah profil Instagram anda sesuai dengan tujuan

Ada tiga jenis profil yang bisa anda buat di Instagram. Pertama adalah profil pribadi atau private dimana hanya pengikut anda yang dapat melihat gambar dan video. Yang kedua adalah Public Profile dimana semua orang di Instagram dapat melihat posting anda dan yang ketiga adalah Profil Bisnis yang merupakan Profil Publik namun di sini anda dapat melihat bagaimana kinerja pos yang anda rilis. Anda dapat memeriksa setiap posting secara terperinci yang mencakup jumlah orang yang sampai pada posting anda, demografi dan lain-lain. Selain itu, hanya Profil Bisnis yang bisa membuat promosi di Instagram, jadi jika andaingin menjalankan bisnis atau bekerja sebagai promotor merek / influencer di Instagram, lebih baik memiliki Profil Bisnis.

2. Aktifkan atau Nonaktifkan fitur komentar

Instagram terus mengupdate dan beberapa fitur baru hadir dengan setiap update. Beberapa bulan yang lalu, Instagram membuat fitur terbaru yang tersedia, di mana anda dapat menonaktifkan komentar di posting anda. Terkadang, untuk beberapa atau alasan lainnya, anda mungkin tidak ingin seseorang untuk mengomentari posting anda, jadi fitur ini bisa membantu. Untuk menonaktifkan komentar, cukup buka postingan dan klik pada tiga titik setting di pojok kanan atas dan pilih ‘Turn Off Commenting’.

3. Aktifkan Cellular Data Use

Jika anda terus mengalami pemborosan kuota internet, Instagram mungkin menjadi salah satu alasannya. Menggunakan internet terus-menerus memang akan menghabiskan banyak kuota, apalagi saat anda memeriksa gambar dan video, ini akan menghabiskan data secara cepat. Namun jangan khawatir, ada jalan keluarnya. Anda dapat menyimpan data ponsel seperti lazy loading saat menggunakan Instagram namun ini dapat mempengaruhi pengalaman Anda di Instagram yang berarti gambar dan video mungkin memerlukan waktu lama untuk dimuat. Untuk mengaktifkan penggunaan data seluler yang lebih sedikit, masuk ke Options dan sentuh Cellular Data Use, dan itu saja yang perlu anda lakukan.

4. Gunakan Hashtag yang Tepat

Jika anda menggunakan ID Instagram anda sebagai seorang profesional, dan anda memerlukan lebih banyak pengikut, jangkauan asli dan keterlibatan pengguna yang baik. Penggunaan hashtag yang benar adalah pilihan terbaik untuk mendapatkan jangkauan, serta keterlibatan yang jauh lebih efektif di pos anda. Instagram memungkinkan 30 hashtags per post, pastikan semua 30 diantaranya relevan dengan postingan. Jangan gunakan hashtag spam seperti #followme #likeme #followforfollow dll, itu tidak akan membantu sama sekali. Bahkan, Instagram mungkin menganggap Anda sebagai spammer dan mungkin juga menandai ID anda. Cobalah untuk fokus pada hashtag yang populer namun kurang kompetitif. Ada beberapa situs web seperti gethashtag, tophashtag dan banyak lagi yang membantu kita untuk memilih hashtag yang kurang kompetitif. Singkatnya, penting untuk melakukan sedikit riset tentang hashtag sebelum mengeposkannya sesuatu pada Instagram.





5. Geotagging Juga Penting

Geotagging adalah sesuatu yang sering diabaikan pengguna namun sangat membantu membuat posting kita terlihat oleh pengguna lain di Instagram. Menambahkan geotag pada posting sebenarnya sangat sederhana dan cepat. Saat mengupload gambar atau video Anda di Instagram, ketuk tab ‘Add Location’, cari lokasi yang benar dan pilihlah. Geotagging meningkatkan visibilitas pos Anda di Instagram ke pengguna lain yang menggunakan tag lokasi yang sama.

6. Hapus Tag yang Tidak Perlu

Siapapun di Instagram dapat memberi tag Anda pada posting mereka dan gambar / video itu muncul di tab ‘Photos Of You’. Untungnya kita dapat dengan mudah menghapus tag tersebut dan juga menghapus gambar dari tab Photos Of You kita juga. Cukup buka foto yang anda ditandai, masuklah ke Options-> Post Options-> dan hapus tanda centang Keep in Photos Of You, juga klik Remove Tag untuk menghapus tag.

7. Posting beberapa Foto dalam satu paket

Sebelumnya, Instagram hanya menggunakan atau mengizinkan hanya satu foto per pos, namun dengan update terbaru, fitur baru ini ditambahkan di mana anda dapat mengunggah album dengan 10 foto dalam satu pos. Untuk mengupload album, klik pada logo Album di sudut kanan bawah jendela, pilih 10 gambar yang ingin Anda upload, klik Next, tambahkan filter dan share yang lebih disukai.

Tips jitu yang bisa kita lakukan pada Instagram

8. Instagram Stories

Tidak semua orang tahu pentingnya Instagram Stories. Meskipun ini bukan fitur unik karena pengguna Snapchat telah menggunakannya sejak lama, namun baru-baru ini fitur tersebut ditambahkan ke Instagram. Sesuai dengan algoritma Instagram, posting di feed berita Anda akan muncul sesuai minat anda, terlepas dari waktu pengirimannya. Tapi, Kisah Instagram muncul saat diposkan dan aspek yang lebih penting lagi adalah bahwa mereka muncul di bilah atas, tepat di depan pikiran anda. Tentu, mereka akan menarik lebih banyak perhatian. Begitu seseorang mengeposkan berita baru, gambar profil mereka menunjukkan cincin berwarna yang menarik perhatian pengguna. Selanjutnya, Andadapat menandai siapa pun dalam cerita anda, menggunakan hashtag dan juga menambahkan tautan ke cerita anda. Makanya terbukti, Instagram Stories bekerja sangat baik untuk menarik perhatian pengguna lain dan mengarahkannya ke posting anda. Dan bahkan anda bisa mengirim cerita Instagram tak terbatas dalam sehari, tapi fitur ini akan secara otomatis lenyap setelah 24 jam kan.

9. Gunakan juga layanan ini melalui PC

Instagram adalah aplikasi khusus seluler, namun layana ini juga sebenarnya bisa digunakan melalui PC atau laptop anda. Dengan layanan aplikasi ketiga, anda dapat mengunggah gambar, mengeditnya, menambahkan filter dan mengeposkannya menggunakan browser web dari sistem komputer secara langsung. Untuk ini, Anda perlu mendownload User Agent Switcher untuk browser. Alat ini, untuk saat ini, hanya tersedia untuk Google Chrome dan Mozilla Firefox. Atau, anda juga bisa memakai aplikasi ketiga seperti Gramblr dan sebagainya.

Jadi, itulah dia 9 Tips jitu yang bisa kita lakukan pada Instagram , apalagi jika anda ingin memaksimalkan posting yang menarik pada layanan yang snagat populer ini. Semoga bermanfaat, dan jangan lupa juga untuk mengikuti layanan instagram dan sosial media kami lainnya dibawah ini.

Sumber gambar & referensi : thewindowsclub.com

 Baca Juga :



Comments