Google Drive Kini Hadir Lebih Mudah & Fitur Yang Lebih Lengkap

Google Drive Kini Hadir Lebih Mudah & Fitur Yang Lebih Lengkap

Google Drive kini bisa menjadi lebih berguna sebagai alat untuk melindungi file-file penting anda, juga sebagai cadangan penyimpanan awan yang terjangkau dan memiliki fitur keamanan terbaik. Apalagi, beberapa minggu kedepan Google akan merilis aplikasi Backup & Sync untuk Mac dan Windows. Dimana ini merupakan pilihan sederhana untuk melindungi data anda di awan , dengan menggabungkan cadangan foto dari aplikasi Google Foto desktop dengan fungsionalitas Drive yang memungkinkan kita untuk membackup folder pilihan.

Aplikasi ini tersedia secara gratis, namun jika anda memerlukan lebih banyak ruang dari apa yang bisa ditawarkan Google Drive, maka anda perlu memiliki fitur premium dengan pilihan harga yang lebih variatif dan pilihan kapasitas tertentu. Dengan hadirnya layanan ini, anda tidak harus selalu membawa data penting anda dalam USB Flashdisk atau external HDD, karena ada data anda yang selalu berjalan diatas, dan bisa hadir kapan saja setiap saat.




Sekilas tentang Google Drive

Sebagaimana kita tahu bahwa Google Drive merupakan penyimpanan file dan layanan sinkronisasi yang dikembangkan oleh Google. Layanan ini diluncurkan pada tanggal 24 April 2012, dimana ia memungkinkan pengguna untuk bisa menyimpan file di awan, menyinkronkan file di seluruh perangkat, dan berbagi file.

Selain situs web, Google Drive juga menawarkan aplikasi dengan kemampuan offline untuk komputer Windows dan macOS, serta smartphone dan tablet Android dan iOS. Aplikasi ini mencakup berbagai macam jenis, mulai dari Google Dokumen, Spreadsheet, dan Slide, sebuah perkantoran yang memungkinkan penyuntingan dokumen, spreadsheet, presentasi, gambar, formulir, dan dokumen kolaboratif. Setiap file yang dibuat bisa diedit melalui office suite yang disimpan di Google Drive.

Google Drive saat ini menawarkan penyimpanan data 15 gigabyte secara gratis, namun jika anda menginginkan kapasitas penuh dari layanan ini, mereka melayani fitur premium berbayar dengan kapasitas mulai dari 100 Gb, 1 terabyte, 2 terabyte, 10 terabyte, 20 terabyte, dan 30 terabyte. File yang diunggah pun bisa berukuran sampai 5 terabyte. Pengguna dapat mengubah pengaturan privasi untuk file dan folder individual, termasuk memungkinkan kita untuk bisa berbagi dengan pengguna lain atau membuat konten menjadi publik.

Di situs web, pengguna juga dapat mencari gambar dengan mendeskripsikan visualnya, dan menggunakan bahasa alami untuk menemukan file tertentu. Situs web dan aplikasi Android juga menawarkan bagian Backup untuk melihat perangkat android yang memiliki data yang didukung pada layanan ini. Fitur Akses Cepat dapat dengan cerdas memprediksi file yang dibutuhkan untuk semua pengguna. Terhitung hingga bulan Maret 2017, Google Drive memiliki 800 juta pengguna aktif, dan pada Mei 2017, ada lebih dari dua triliun file yang tersimpan dalam layanan ini. Jadi, sebenarnya jika anda memiliki penyimpanan terbatas, pilihan google drive bisa menjadi tempat alternatif sebagai media backup untuk menyimpan file penting anda dengan total kapasitas 15 Gb secara gratis.



 Baca Juga :

Loading…

Comments

VIDEO TERBARU MURDOCKCRUZ :

Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com