- Internet, Security, Serba-serbi, Tutorial, Windows

4 Cara Mudah Gunakan IP Addres Yang Berbeda

Menggunakan IP Addres atau alamat IP yang berbeda untuk pergi ke mana saja secara online dan tetap tersembunyi bisa memberikan keuntungan tersendiri. Salah satu alasan mengapa Anda ingin menyembunyikan alamat IP bisa saja untuk menyembunyikan lokasi geografis Anda, mencegah pelacakan Web, menghindari jejak digital, atau untuk memotong filter konten, larangan atau daftar hitam.

Nah, disini akan kami tunjukan beberapa cara untuk menyembunyikan alamat IP Anda  dengan nomor yang unik yang bisa ditetapkan untuk koneksi jaringan di komputer. Tepatnya ada empat cara untuk menyembunyikan alamat IP Anda, yakni :

1. Gunakan Layanan VPN

Jika anda ingin melakukan yang terbaik untuk hal tersebut adalah dengan mendaftar dengan layanan ini. Saat Anda online, anda akan menunjukkan kepada dunia alamat IP yang berbeda, sehingga anda bisa benar-benar aman saat anda menjelajahi situs-situs tertentu atau terhindar dari jejak orang-orang yang ingin melacak anda untuk hal-hal tertentu.

Ada lebih banyak keuntungan menggunakan layanan VPN pribadi melalui proxy seperti bandwidth dengan kecepatan tinggi, koneksi yang lebih aman, akses pribadi ke situs yang diblokir, dan kemampuan untuk memilih negara dan kota tempat anda berada.

Ada ratusan perusahaan VPN yang bisa Anda pilih, mulai dari versi premium yang berbayar hingga VPN yang dihadirkan secara gratis.

2. Gunakan Browser Tor

Sebagaimana kita tahu, Tor merupakan alat browsing yang biasa dipakai untuk menjelajahi dunia gelap. Namun, software ini juga bisa kita pakai untuk menjelajahi berbagai situs normal secara anonymous. Orang-orang dari seluruh dunia menggunakan Tor untuk mencari dan membeli produk dan berkomunikasi dengan orang lain dengan akses Internet terbatas, seperti yang ada di beberapa negara asing.




Browser Tor (seperti Chrome, Firefox atau Safari) adalah program perangkat lunak bebas yang Anda download ke komputer Anda yang menyembunyikan alamat IP Anda setiap kali anda online secara anonim. Proses bebas ini dilapisi dengan enkripsi tugas berat, yang berarti data Anda dilapisi dengan perlindungan keamanan dan privasi.

3. Gunakan Proxy Server

Proxy Server (terkadang juga disebut “open proxy ” atau hanya “proxy”) dapat digunakan juga untuk merutekan ulang browser anda (Chrome, Firefox, Safari, Internet Explorer, atau Edge) di sekitar filter konten perusahaan atau sekolah.

Ada risiko sebenanya yang hadir dalam menggunakan masking alamat IP anda dengan proxy: dimana salah satunya ini dapat memperlambat koneksi internet anda, ada yang berjalan di mesin yang dikompromikan, dan mungkin tidak legal di beberapa negara. Nah, ini mungkin bisa anda pakai sebagai alternatif, namun bukan yang terbaik.

4. Gunakan WiFi Gratis / Publik

Alamat IP biasanya tidak bepergian juga ketika anda sedang melakukan perjalanan. Jadi jika anda hanya pergi ke kedai kopi, toko buku atau lobi hotel dan memasuki Wi-Fi mereka, anda sementara bisa menyembunyikan alamat IP yang biasa anda pakai. Sehingga, anda bisa menggunakan alamat IP jaringan mereka selama Anda online.

Nah, itu saja yang anda lakukan untuk semua hal ini. Hal yang terbaik untuk menyembunyikan alamat IP anda adalah VPN, karena pilihan lain selain VPN bisa cukup berisiko tapi bisa alternatif jika anda memang terpaksa untuk hal tersebut. Semoga bermanfaat.



 Baca Juga :

Loading…

Comments
Loading...

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat

1 thought on “4 Cara Mudah Gunakan IP Addres Yang Berbeda

Comments are closed.