Kartu Grafis Mid-range Langka, Harga Pun Merangkak Naik

Kartu Grafis Mid-range – Dunia teknologi kini kembali mengalami krisis perangkat GPU kelas midrange(beberapa GPU entry level juga sedikit langka) hingga pilihan teratas, ketika menghilangnya stok berbagai pilihan kartu grafis baik dari Nvidia maupun AMD di hampir semua etalase toko online maupun offline. Salah satu penyebab utamanya tidak lain dari para penambang mata uang digital (baru atau lama) yang terus menambah pilihan GPU terbaru pada rig mereka untuk meningkatkan nilai keuntungan.

Meningkatnya harga mata uang digital beberapa pekan lalu membawa dampak besar pada para penambang, bahkan diantara mereka banyak yang terhitung baru untuk memulai peruntungan proses menambang Bitcoin dan beberapa mata uang cryptocurrency lainnya. Dan kenyataan bahwa proses mining digital currencies masih menjadi magnet yang begitu hebat untuk menarik banyak orang untuk memulai meningkatkan keuntungan mereka, apalagi beberapa mata uang digital ini masih dan sangat memungkinkan untuk memakai perangkat PC regular sebagai perlengkapan utamanya.

Salah satu yang efektif untuk dipakai dalam proses menambang adalah pilihan GPU alias kartu grafis yang ideal, diantaranya biasa pergi pada pilihan GPU kelas menengah seperti Nvidia GTX 1060 maupun seri RX 570 ke atas. Sehingga, hal tersebut memicu banyak penambang (serta calon) untuk membeli pilihan GPU tersebut secara instan, sehingga hal tersebutlah yang mengakibatkan langkanya kartu grafis ini. Selain itu, beberapa kartu grafis diatasnya juga mulai ikut langka, bahkan seolah menghilang dari pasar utama, seperti Nvidia GTX 1070, 1080 dan sebagainya.

Dan hal tersebut pula yang memberikan dampak naiknya harga beberapa kartu grafis, khususnya mereka yang memiliki kapasitas VRAM 4GB keatas sebagai pilihan alternatif lainnya untuk penambang. Beberapa pilihan harga yang tersedia juga memiliki harga yang jauh diluar nalar(itu pun jika ada stok). Seperti yang kami telusuri pada beberapa situs besar baik diluar negeri maupun di dalam negeri. Contohnya, salah satu situs besar untuk komponen PC seperti NewEgg juga kehabisan stok untuk berbagai pilihan GPU kelas mid-range ke atas, jikapun ada, anda akan melihat bagaimana harga yang ditawarkan jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan harga normal.

Akankah semuanya berakhir? Tampaknya kemungkinan besar semua masalah ini bisa teratasi ketika kehadiran stok baru bisa hadir. Namun, kami sedikit ragu jika ini akan pulih dalam waktu dekat, jikapun ada mereka mungkin sudah habis tanpa ada sekilas jejak. Hanya saja, kita semua sangat mengharapkan bahwa ini semua bisa berakhir dengan banyaknya ketersedian dari berbagai merk OEM (atau juga dari AMD dan Nvidia) dalam waktu dekat. Sedikit saran untuk anda yang sedang mencari GPU, sebaiknya tunggu beberapa pekan kedepan atau setidaknya awal bulan februari untuk mengetahui kepastian ketersedian stok dengan pilihan harga yang jauh lebih baik.

 Baca Juga :




Comments
Loading...