Intel Core i3-8100 Review : Konsumsi Daya & Kesimpulan

Intel Core i3-8100 Review : Konsumsi Daya

Kita tahu bahwa pada dasarnya konsumsi daya yang baik merupakan salah satu faktor untuk memilih sebuah CPU yang baik, khususnya jika berkaitan dengan anggaran terbatas. Untuk itulah tes ini juga bisa mewakili bagaimana kinerja CPU dalam mengkonsumsi setiap daya untuk urusan kelistrikan. Seperti yang dikatakan sebelumnya, prosesor ini memiliki tingkat TDP 65W, dimana pilihan ini akan membawa kita pada kisaran konsumi 65W maksimal pada saat sedang idle, sedangkan saat ia sedang bekerja, maka anda tentu akan melihat bagaimana ia mengkonsumsi listrik diatas TDP, bahkan bisa melebih 100W.

Pada tes kami saat melakukan proses uji coba Corona, anda bisa melihat bagaimana ia memiliki tingkat konsumsi yang cukup baik. Meskipun pilihan seri Kaby Lake masih menjadi yang terhemat untuk urusan konsumsi daya, pilihan yang terbaru dengan kekuatan quad core pun masih sangat layak, anda tidak akan melihat sesuatu yang signifikan jika berencana untuk mengupgradenya. Hal yang sama juga berlaku untuk seri AMD Ryzen.

Kesimpulan

Jadi, bagaimana semua hal yang telah dihadirkan menurut anda? Menurut kami, Intel telah berhasil membuktikan bagaimana pilihan prosesor terbaru mereka sebagai sesuatu yang sangat baik bagi konsumen, apalagi jika kita melihat spesifikasi pada harga yang ditawarkannya. Kita tidak melihat lagi pilihan prosesor yang mahal pada barisan mereka, dan hal tersebut tentu saja sesuatu yang sangat baik bagi pengguna anggaran. Ada banyak pilihan prosesor mainstream dengan harga terjangkau hari ini, apalagi kekuatan yang dihasikannya jauh lebih baik lagi.

Nah, ini terbukti dengan kehadiran seri prosesor Intel core i3-8100, meskipun dengan sedikit catatan tentang sisi minusnya. Pertama, anda mungkin perlu memiliki sebuah motherboard kelas atas, karena hingga sampai saat ini, kita masih belum melihat kabar kepastian seri chipset yang terjangkau untuk pilihan prosesor non-K dengan tingkat OC yang terkunci. Pilihan yang hadir hanya satu saja, yakni Z370, dimana kita tahu bahwa untuk mendapatkan mobo high-end ini, harga minimum mungkin berada pada kisaran harga diatas 2 jutaan. Berbeda dengan janji yang dilontarkan pada tim sebelah dengan basis warna merah, mereka masih akan menghadirkan mobo pilihan yang sama seandainya pun kehadiran prosesor terbaru tiba (termasuk pilihan yang bervariasi).

Kedua, harga yang ditawarkannya pun masih terhitung tinggi, meskipun memiliki kinerja yang jauh lebih baik. Dengan kisaran harga sekitar 2 jutaan, anda mungkin perlu mendapatkan tambahan hardware lainnya yang cukup mahal, seperti motherboard maupun pilihan RAM. Jadi, pilihan prosesor ini tentu tidak dikhususkan untuk pengguna anggaran dengan extra budget yang sangat terbatas. Lebih pada pilihan kelas entry level yang tidak ingin pergi ke pilihan mid-range yang jauh lebih mahal.

Namun begitu, kekuatan baru yang hadir pada prosesor Intel Core i3-8100 mampu menyapu bersih kinerja yang selama ini dikuasai Ryzen 3. Sehingga, pilihan prosesor ini benar-benar sangat layak sebagai bagian dari jantung rig anda selanjutnya, apalagi ada banyak fitur yang akan memompa kinerja yang jauh lebih mengesankan. Jadi, Core i3 Coffee Lake ini sangat layak untuk dipertimbangkan sebagai pilihan entry-level CPU terbaik, khususnya untuk tahun 2018 ini.

Pros :

  • Kekuatan Quad core yang mengesankan
  • Simple, Solid, tangguh
  • Banyak Fitur teknologi terbaru yang bermanfaat
  • Gaming dan Aplikasi kini menjadi andalan prosesor ini

Cons :

  • Pilihan Mobo yang terbatas pada seri Z370
  • Harga sedikit lebih mahal

 Indeks : 




Comments

VIDEO TERBARU MURDOCKCRUZ :

Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com

One thought on “Intel Core i3-8100 Review : Konsumsi Daya & Kesimpulan

Comments are closed.