Ulasan Singkat AMD Ryzen 5 1500X

Ulasan Singkat AMD Ryzen 5 1500X

Ketika AMD’s Ryzen 7 mampu memperoleh hasil kinerja yang lebih tinggi daripada prosesor Broadwell-E yang berorientasi untuk workstation pada titik harga tertentu,, dan kinerja gaming yang juga terhitung sangat baik. Hadirnya Ryzen 5 kini akan membuat perusahaan tersebut semakin memberikan peranan yang cukup siginifikan. Dengan memiliki harga yang sebanding dengan chip Intel Core i5, namun dengan kekuatan multi-threading simultan, AMD menjanjikan kinerja yang hampir sama dengan Ryzen seri high-end.

Kali ini kami akan memberikan ulasan singkat mengenai AMD Ryzen 5 1500X. Prosesor ini merupakan salah satu produk unggulan dari seri Ryzen 5 dengan kisaran harga yang relatif lebih rendah jika dibanding dengan saingan langsung Intel Core i5 7500.  Mari kita lihat bagaimana spesifikasi yang dihadirkan maupun hasil perbandingan antara kinerja benchmark dengan beberapa produk dari Intel maupun AMD itu sendiri,

Spesifikasi AMD Ryzen 5 1500X

AMD Ryzen 5 1500X memiliki tag harga sebesar Rp.2.5 jutaan(blm termasuk pajak dan sebagainya), dimana ia memiliki jumlah core 4 (kehilangan dua core dibanding 1600), namun ia masih mempertahankan dukungan SMT untuk mengatasi persaingan mainstream tanpa mengurangi kinerja dalam aplikasi rendering, programming, dan transcoding.




Prosesor ini akan senantiasa berjuang untuk posisi di kolom CPU Terbaik dengan saingannya Intel Core i5-7400 dan Core i5-7500. Namun, keuntungan SMT yang dimiliki 1500X tampaknya akan membantu mengubah arus pasang di sejumlah tolok ukur yang paling berat. Selain itu, dengan memiliki cache L3 16MB, ia bisa menyediakan dua kali kapasitas per inti seperti halnya Ryzen 7, sehingga ia bisa dengan mudah mengalahkan untuk urusan cache dengan Core i5 yang hanya 6MB .

berikut spesifikasi lengkap AMD Ryzen 1500X :

Spesifikasi Ryzen 51500X
CPU Cores4
Threads8
Base Clock Speed3.5GHz
Max Turbo Core Speed3.7GHz
Total L1 Cache384KB
Total L2 Cache2MB
Total L3 Cache16MB
UnlockedYes
CMOS14nm
PackageAM4
Thermal SolutionWraith Spire (No LED)
Default TDP / TDP65W
Harga RP 2.699.000 (cek harga terbaru)

Seperti halnya semua prosesor Ryzen, 1500X merupakan CPU murni, jadi ia tidak memiliki grafis yang terintegrasi. Prosesor dengan 65W ini menawarkan frekuensi dasar 3,5 GHz dan dengan boost clock 3,7 GHz, namun juga dilengkapi dengan teknologi XFR (Extended Frequency Range) yang lebih kuat daripada model Ryzen lainnya. Fitur XFR memberikan dorongan dual-core hingga 200 MHz sampai 3,9 GHz jika solusi termal anda memungkinkan untuk hal tersebut, sedangkan chip Ryzen lainnya terbatas pada 100 MHz.

Ryzen 1500X
www.amd.com

Sedangkan Intel Core i5-7500 yang merupakan pesaing langsung berjalan pada 3,4 GHz secara default, namun menggunakan Turbo Boost hingga 3,8 GHz dengan beban kerja ringan. Arsitektur Kaby Lake juga menikmati keunggulan ~ 10% dalam throughput IPC. Sayangnya, pengganda rasio terkunci dalam hal overclok.

Rekomendasi Chipset Motherboard

AMD merekomendasikan prosesor Ryzen 5 idealnya adalah B350, namun jika anda ingin memiliki fitur yang lebih baik, maka anda bisa pergi ke chipset X370. Menurut tomshardware. kebanyakan motherboard Socket AM4 memerlukan solusi termal atau kit konversi baru (Asus menjual model dengan lubang memanjang yang mendukung pendingin AM3 dan AM4). Sebagai contoh, jika anda mengambil Ryzen 7 1800X, maka berarti anda harus membeli pendingin / kipas angin atau pendingin cair terbaru. Tapi AMD sudah membungkus prosesor ini Wraith Spire terbaru yang memiliki kinerja pendinginan yang cukup baik. Sedangkan jika anda menginginkan tuning yang lebih agresif, maka wajib untuk anda agar membeli pendingin pihak ketiga yang lebih tinggi.

Baca juga : Rincian Chipset Motherboard AMD Socket AM4 Dan Penjelasannya

Fitur Teknologi

Semua model Ryzen yang ada memulai kehidupan dengan delapan inti fisik dan desain dual-CCX yang sama, dimana setiap CCX memiliki empat core. AMD menonaktifkan sumber daya ini secara simetris, baik itu karena cacat manufaktur atau untuk tujuan yang berbeda, sehingga mereka menciptakan inti varian enam dan empat. Ryzen 5 1500X menggunakan dua core per CCX dalam konfigurasi 2 + 2.

Karena desainnya yang umum, anda bisa memperkirakan 1500X bisa mencapai batas overclocking sekitar 3,9 sampai 4,0 GHz. Pada frekuensi tersebut, AMD memiliki kelebihan tersendiri dibanding prosesor Intel Core i5s yang terkunci sehingga ini bisa menguntungkan Ryzen. 1500X juga menampilkan fitur Ryzen yang familiar diantaranya :

  • AMD Ryzen Master Utility
  • AMD SenseMI Technology
  • AES
  • AVX2
  • FMA3
  • AMD virtualization
  • XFR (Extended Frequency Range)
  • “Zen” Core Architecture

Benchmark

Berikut dibawah ini kami hadirkan hasil benchmark yang mencakup berbagai hasil kinerja yang dikutip langsung dari situs review terpercaya Tomshardware, diantaranya :

3DMark

Hasil benchmark 3DMark merupakan tolok ukur sintetis dalam mengukur kinerja game secara keseluruhan, dan beberapa tes yang mencakup DX11 dan DX12 dari 3DMark akan memberikan wawasan yang berguna bagi anda mengenai jumlah tenaga mentah yang tersedia untuk mesin dalam permainan.Berikut dibawah ini merupakan hasilnya :

Ryzen 1500X

Gaming Benchmark

Dibawah ini merupakan hasil benchmark dari beberapa game yang cukup populer seperti Ashes of the Singularity: Escalation’s, Battlefield 1 dan Civilization VI. Kami tidak akan memperlihatkan hasil benchmark secara keseluruhan, namun jika anda ingin melihat semua hasil tes yang dilakukan situs Tomshardware, anda bisa melihatnya disini.

Ryzen 1500X

Untuk hasil tes benchmark pada beberapa game, Ryzen menunjukan hasil yang bervariasi dan ini tergantung dari permainan yang mendukungnya. Seperti halnya Civilization VI dan Ashes of the Singularity: Escalation’s yang sangat mengandalkan kinerja multi-thread, 1500X mampu unggul dibandingkan dengan Intel Core i5 7500.

Workstation Benchmarks

Dalam tes Workstation Benchmarks, anda akan melihat beberapa perbandingan dan hasil uji coba situs tersebut mengenai kegiatan yang berhubungan dengan aplikasi multimedia seperti 3D Benchmarks: DirectX and OpenGL, Solidworks 2015, Photorealistic Rendering dan Encoding & Compression/Decompression.

Secara keseluruhan, Ryzen 5 1500X mampu unggul dengan perbandingan yang cukup jauh jika dibandingkan prosesor Intel Core i5 7500 yang merupakan saingan langsung.

Konsumsi Listrik dan Suhu

Untuk urusan suhu, Ryzen 5 1500X tampaknya jauh lebih dingin  jika dibandingkan dengan prosesor lain (juga termasuk dari barisan Ryzen itu sendiri) baik dalam keadaan idle maupun saat sedang bekerja penuh. Anda tampaknya tidak perlu menggunakan pendingin ketiga untuk hal tersebut, karena kinerja Cooler bawaan 1500X sudah cukup baik untuk pekerjaan biasa maupun overclocking yang tidak terlalu tinggi.

Sedangkan untuk urusan kelistrikan, Hasil yang diperlihatkan sangat bervariasi, namun memiliki perbedaan yang tidak terlalu jauh. Untuk urusan idle, Intel tampaknya jauh lebih baik dengan mengkonsumsi watt yang cukup sedikit jika dibandingkan dengan Ryzen,.

Kesimpulan

Ryzen 5 1500X bisa menjadi pilihan terbaik anda ketika anda menginginkan prosesor yang sangat baik untuk berbagai kinerja, khususnya aplikasi multimedia maupun gaming. Ia bisa memberikan anda keseimbangan yang tepat antara harga maupun kinerja yang ditawarkan. Apalagi, anda tidak perlu membeli motherboard yang mahal untuk bisa membuka secara keseluruhan dari kekuatan prosesor ini.

Apa yang menjadi kelebihan dari 1500X ini berasal dari keuntungan teknologi SMT. Itupun karena Intel terlalu keras kepala yang mengunci pengganda pada SKU non-K-seriesnya, walaupun Core i5 yang lebih murah(core i5 7400), namun ia tidak menikmati keuntungan yang sama melawan Ryzen 5 1500X.

Jadi, jika anda memiliki budget dibawah 3 jutaan, maka Ryzen 5 1500X bisa menjadi pilihan utama anda untuk memulai dalam membeli otak dari sistem yang akan anda bangun. Overclocking 1500X mampu menyajikan kinerja gaming yang lebih baik daripada Core i5-7400. Plus, keempat core logis tambahannya memberikan dorongan besar dalam aplikasi multimedia, sehingga mendorong chip AMD keluar jauh lebih cepat dibandingkan dengan Core i5-7500.




Walaupun begitu, prosesor AMD bukanlah impian para gamer dalam setting stocknya. Tapi dengan sedikit tuning, anda bisa menempatkan 1500X dalam pertarungan dengan CPU Intel pada harga sama atau bahkan lebih tinggi. Jadi sebuah overclock sederhana pada Ryzen 5 1500X akan memberikan pengalaman yang lebih halus dalam hal itu.  Hasilnya, Ryzen 5 1500X menawarkan titik harga yang kompetitif dan campuran karakteristik yang sangat baik.

Sumber referensi dan gambar : www.tomshardware.com


Baca juga :

Comments

VIDEO TERBARU MURDOCKCRUZ :

Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com