Penjelasan Sederhana Mengenai Apa itu Window Registry? Dan Apa Kegunaannya

Tidak ada aplikasi yang lebih misterius diantara aplikasi PC Windows selain window Registry , dan hari ini kita akan menjelaskan apasih window registry itu , cara kerjanya , dan apakah Anda harus repot-repot untuk selalu membersihkannya . Kita  juga akan pergi untuk membongkar beberapa mitos mengenai registry  .

 Banyak hal yang selalu disalah-pahami mengenai  registri dimana komponen tersebut selalu menjadi hal yang misterius pada window. Hari ini saya sudah akan menjelaskan secara rinci apa itu window registri dan bagaimana cara kerjanya . Banyak diantara para pengguna komputer pasti sudah tahu dan memahami apa itu window registry, tetapi banyak pula diantara kita merupakan pengguna baru, atau pengguna lama yang sejak awal memang tidak mengetahui tentang hal tersebut.

Apa itu Registry ?

Windows Registry merupakan database hirarki yang menyimpan berbagai pengaturan untuk hampir semua apa yang tercantum pada Windows dalam sebuah komputer, mulai  dari pengaturan aplikasi , password pengguna , Info driver perangkat , pengaturan Windows , dan cukup banyak tentang segala sesuatu yang lain .

Pengaturan aplikasi yang digunakan disimpan dalam file konfigurasi yang berbasis teks ( dan beberapa aplikasi masih menggunakannya ) , dengan file yang terpisah pada  setiap aplikasi . Windows Registry dimaksudkan untuk memecahkan masalah dengan menyediakan satu tempat untuk semua pengaturan di semua aplikasi .

Selain konsolidasi pada pengaturan sistem , menyimpan semua pengaturan ini dalam satu tempat dan dalam format database yang berarti bisa mengakses nilai-nilai dalam registri yang jauh lebih cepat daripada parsing konfigurasi antara teks file sehingga registri dapat digunakan untuk lebih dari sekedar pengaturan . Bahkan , sebagian besar atau hampir seluruh registri dapat dibaca ke dalam memori setiap kali sistem booting , sehingga anda bisa mengakses registry hampir instan .

Editing Window Registri

Ada sejumlah metode untuk mengedit registri, tetapi sebagian besar waktu yang hanya Anda akan menggunakan adalah utilitas regedit.exe untuk melakukan setiap perubahan, dengan cara Anda dapat memulai dari pencarian start menu atau menjalankan kotak. (tekan  Win + R, tulis regedit.exe, kemudian tekan Enter dan Anda sudah berada pada aplikasi tersebut.) Setelah Anda membuka editor, Anda akan disajikan dengan tampilan seperti pohon dari tombol di sisi kiri, dan nilai-nilai dari setiap aplikasi atau komponen  di sebelah kanan. Yang paling penting  yang harus Anda lakukan ketika mengedit registri adalah mengekspor seluruh kunci sebelum Anda membuat perubahan dan jangan pernah berasumsi bahwa Anda hanya dapat mengubah nilai itu kembali. Anda dapat menggunakan regedit untuk terhubung ke PC lain dan mengedit registri yang sudah ada, asalkan Anda memiliki akses jaringan yang tepat dan layanan registri seperti remote berjalan. Anda juga dapat mengedit dari baris perintah dengan menggunakan utilitas reg.exe, yang dapat sangat membantu jika Anda perlu untuk membuat perubahan registri dari mesin yang tidak bisa boot lagi dan jika Anda dapat membuat ke konsol rrecovery, Anda dapat secara manual membuat perubahan registri dari baris perintah.

Apakah ini Reg File ?

Jika Anda menghabiskan sejumlah waktu untuk menjelajah  situs web untuk Windows tweaking , Anda biasanya menemukan file .reg download , yaitu ketika  seseorang memberikan sebagai cara yang cepat untuk menambahkan pengaturan registri . File-file ini tidak lebih dari file teks sederhana yang berisi instruksi untuk utilitas regedit dalam menambah, mengubah , atau menghapus kunci dalam registri tanpa kesalahan ketik baik itu disengaja atau tidak disengaja yang bisa menyebabkan sistem Anda crash .

Rekomendasi saya adalah bahwa sebelum Anda menerapkan salah satu dari file-file ini , yang  pertama buka reg.file tersebut  dalam editor teks untuk melihat apa yang sebenarnya yang terkandung  , tetapi secara umum , menerapkan Reg file memang  jauh lebih aman dan lebih mudah daripada secara manual membuat registri edit , apalagi ketika file tersebut disediakan dari sumber terpercaya .

Bagaimana Window Registry Disimpan ?

Meskipun registri seharusnya menjadi salah satu tempat konsolidasi untuk menyimpan segala sesuatu di sistem anda , hal itu tidak disimpan dalam satu file untuk semua sistem . HKEY_CURRENT_USER disimpan di bawah % SystemRoot % \ System32 \ Config , dan sisanya disimpan di % SystemRoot % \ Profiles \ Username folder , dan selain itu ada banyak file untuk bisa ditangani .

Anda bisa melakukan yang  terbaik untuk membuat cadangan registri ketika anda menciptakan System Restore point  , tetapi sebagian besar paket perangkat lunak backup populer harus mampu untuk mempunyai cadangan dan memulihkan registri .

Jika Anda perlu cadangan dari salah satu registri , Anda dapat membuka regedit , temukan  kunci di panel kiri yang ingin Anda backup , dan gunakan fitur Ekspor dari menu dengan cara klik kanan untuk menyimpan seluruh bagian ke format file teks . Anda mungkin tidak akan ingin menggunakan ini membuat  cadangan dari seluruh registri , tetapi hal tersebut dapat berguna jika Anda ingin menyimpan salinan seperti HKEY_CURRENT_USER ketika  Anda perlu untuk mengembalikan beberapa pengaturan awal .

Apakah Anda Perlu untuk membersihkan Registry ?

Banyak produk dari pembersih registry mengklaim bahwa dari setiap produk mereka mampu menyelesaikan masalah pada window anda, mempercepat window, tweaking dan sebagainya,  tetapi apakah mereka benar-benar bekerja ?

Jawabannya adalah bahwa sebagian besar produk dari produk tersebut  bekerja tidak maksimal , dan sementara yang lebih baik tidak akan selalu memperbaiki pada  PC Anda . Jika Anda berhenti dan berpikir sejenak , Anda akan menyadari bahwa sejak registri berisi ratusan ribu kunci ( atau lebih ) , ketika menghapus 50 atau bahkan 100 dari mereka tidak akan menghasilkan apapun sebagai keuntungan dalam hal kinerja . Namun ada beberapa hal di mana sebuah software  mampu membersihkan registri yang  menghasilkan beberapa keuntungan kinerja , contohnya jika Anda telah menginstal sesuatu yang dihubungkan ke Windows ,dan ketika software tersebut  tidak bekerja dengan baik , produk pembersih registry bisa mengatasinya.  Sebagian besar masalah ini dapat dicegah jika anda  lebih berhati-hati tentang apa yang akan Anda install di PC.

Comments