Mitos Yang Salah Mengenai Baterai Ponsel Anda

Ada banyak mitos yang cukup menyesatkan yang berkembang dari waktu ke waktu tentang tata cara pengisian baterai ponsel Anda , dan kebanyakan dari mitos tersebut adalah benar-benar salah . Mitos ini juga tidak hanya palsu tapi sebenarnya bisa melakukan hal yang lebih berbahaya daripada menjadi sesuatu yang baik , dan yang lebih buruk lagi, mengurangi total masa hidup baterai Anda . Jadi bagi kita yang ingin menjaga baterai ponsel yang pada intinya awet  selama mungkin , berikut di bawah ini adalah mitos yang harus Anda hindari .




Mitos: Charger yang berbeda merek bisa menghancurkan baterai.

Kebenaran: Meskipun tidak optimal, Charger  pengisi daya yang berbeda merek masih baik-baik saja untuk pengisian ponsel Anda dan tidak akan memiliki pengaruh yang cukup signifikan pada rentang hidup baterai ponsel Anda. Apa yang Anda harus hindari adalah merk tiruan . Pengisian dengan menggunakan charger yang berbeda pada ponsel anda  hampir tidak akan mengurangi  kinerja pada ponsel tersebut, mengurangi ketahanan maksimum baterai Anda dan membahayakan kemampuannya untuk berfungsi.

Mitos: Jangan menggunakan ponsel sewaktu baterai sedang diisi.

Kebenaran: Menggunakan ponsel saat ponsel tersebut sedang  terhubung ke pengisi daya tidak akan menurunkan efektivitas dari ponsel tersebut . Asal usul mitos ini terkait dengan suatu kasus di mana orang menggunakan kualitas rendah dari pengisi daya. Bila menggunakan charger yang terkesan samar-samar (bisa jadi merk tiruan) segala macam hal-hal buruk bisa terjadi pada ponsel Anda, tapi seperti yang disebutkan sebelumnya Anda jangan menggunakan merk yang tidak jelas. Jika Anda menggunakan produsen yang disetujui baik dari kualitas maupun ketenarannya baik itu charger atau baterai, Anda bisa menggunakannya kapan saja Anda inginkan.

Mitos: Mengisi  Daya Ponsel Semalaman dapat menyebabkan baterai rusak

Kebenaran: Ponsel hari ini lebih cerdas daripada mereka yang dulu, ketika dalam kapasitas penuh mereka secara otomatis tahu bagaimana harus berhenti dalam hal pengisian. Namun, hal itu tidak berarti Anda harus memiliki ponsel Anda selalu terhubung ke pengisi daya sepanjang waktu. Waktu yang optimal untuk mengisi baterai ponsel Anda untuk menjaga baterai bertahan adalah antara 40% dan 80%.

Mitos : Jangan pernah mematikan ponsel Anda .

Kebenaran : Mitos ini adalah kebohongan belaka , hanya karena ponsel Anda sebuah mesin tidak berarti hal itu buruk mematikan atau mengambil jeda untuk mengistirahatkan ponsel anda . Bahkan , para ahli dari apple merekomendasikan untuk mematikan ponsel Anda sesekali untuk memaksimalkan masa pakai baterai . Setidaknya itu disarankan agar Anda mematikan ponsel Anda seminggu sekali selama beberapa jam .

Mitos : Jangan mengisi baterai Anda sampai itu benar-benar kosong .

Kebenaran : Mitos ini benar untuk  generasi masa lalu dari beberaopa smartphone dan perangkat elektronik lainnya yang dapat diisi ulang , tapi untuk hari ini, hal  itu benar-benar salah . Sebagian besar ponsel modern menggunakan baterai lithium -ion dan jika Anda terus-menerus membiarkan mereka mengalir ke 0 % , mereka menjadi tidak stabil . Hal yang jauh lebih baik untuk ponsel Anda setiap hari adalah mengisi baterai ketika ponsel anda dalam keadaan  antara 40 % dan 80 % kelistrikan .

Mitos: Selalu mengisi daya listrik terlebih dahulu pada ponsel baru anda sebelum menggunakannya

Kebenaran: Hampir setiap ponsel baru akan datang dengan instruksi untuk mengisi penuh sebelum Anda mulai menggunakannya tapi hal itu sebagian besar tidak perlu. Karena sebagian besar baterai modern menyimpan sekitar 40% dari sisi daya, dan hampir setiap produsen mengirimkan ponsel mereka dengan setidaknya setengah dari daya listrik ponsel tersebut. Hal Ini berarti bahwa jika Anda membeli ponsel baru dan tidak memiliki muatan 40% ketika Anda menyalakannya, kemungkinan besar karena baterai sudah sangat tua. Jika hal ini terjadi, Anda harus meminta satu yang berbeda karena kemungkinan akan berlangsung lebih lama dari apa yang  telah digunakan sebelumnya.

Mitos: Anda bisa menggunakan baterai isi ulang (Rechargable).

Kebenaran:Hal ini adalah sedikit lebih menyesatkan daripada sesuatu yang palsu, tapi masih penting untuk diketahui  bahwa sebagian besar baterai memiliki hidup yang cukup terbatas . Jadi ya, Anda dapat terus menggunakan baterai Anda untuk waktu yang sangat lama, tapi setelah resmi “kehidupan baterai ” itu selesai, sebaiknya membeli baterai baru.



Comments