Site icon Murdockcruz

Update BIOS Terbaru Motherboard AM5 Jelang Peluncuran Ryzen 9000

Gigabyte bakal menjadi yang pertama dalam mempersiapkan CPU desktop AMD seri Ryzen 9000 yang sangat dinantikan dengan merilis pembaruan BIOS yang menampilkan firmware AGESA 1.2.0.0a. 

Pembaruan ini, ditemukan oleh penggila teknologi HXL di Twitter, menghadirkan optimalisasi kinerja baru yang disesuaikan untuk arsitektur AMD Zen 5 mendatang.

Baca juga: Skor Geekbench Ryzen 9 9900X Bocor, Terdepan Dibanding Core i9-14900KS Single Core

Pembaruan AGESA 1.2.0.0a menandai yang terbaru dari serangkaian peningkatan firmware yang bertujuan untuk meningkatkan keandalan dan kinerja prosesor Ryzen 9000. Pendekatan proaktif Gigabyte memastikan bahwa pengguna dapat memperbarui motherboard AM5 mereka tepat waktu untuk rilis chip Ryzen 9000.

Meskipun detail spesifik tentang peningkatan pada AGESA 1.2.0.0a masih dirahasiakan oleh Gigabyte, pembaruan ini biasanya memperkenalkan fitur-fitur baru, meningkatkan kompatibilitas, dan mengoptimalkan stabilitas dan kinerja sistem. Hal ini sejalan dengan strategi AMD untuk memaksimalkan potensi CPU generasi berikutnya.

Gigabyte menonjol sebagai produsen motherboard besar pertama yang merilis pembaruan BIOS yang didukung AGESA 1.2.0.0a secara publik. Sebaliknya, pesaing seperti MSI dan ASRock saat ini menawarkan versi beta BIOS dengan AGESA 1.2.0.0, sementara Asus tertinggal dengan pembaruan terkini yang masih berbasis AGESA 1.1.7.0.

Diperkirakan bahwa MSI, ASRock, dan Asus akan segera mengikuti pembaruan BIOS AGESA 1.2.0.0a mereka sebelum peluncuran seri Ryzen 9000, memastikan kompatibilitas luas di seluruh jajaran motherboard AM5 mereka.

Seri Ryzen 9000, yang memanfaatkan soket AM5 terbaru AMD dan arsitektur CPU Zen 5, menjanjikan peningkatan kinerja yang signifikan, dengan peningkatan rata-rata IPC sebesar 16% dibandingkan pendahulunya, seri Ryzen 7000. CPU ini akan kompatibel dengan motherboard chipset seri 800 baru dan motherboard seri AMD 600 yang sudah ada, asalkan diperbarui untuk mendukung CPU Zen 5.

Exit mobile version