Site icon Murdockcruz

Intel Siapkan GPU Falcon Shores Untuk AI & HPC

GPU Falcon Shores dari Intel yang akan datang dirancang untuk mendefinisikan ulang lanskap beban kerja AI dan komputasi kinerja tinggi (HPC), menggabungkan kekuatan komputasi yang belum pernah terjadi sebelumnya dengan kebutuhan energi yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Baca juga: Inovasi AI AMD Di Jajaran CPU, GPU & NPU Ryzen AI

Prosesor generasi berikutnya ini, yang mengintegrasikan penerus GPU Intel Gaudi dan Ponte Vecchio ke dalam satu unit, diperkirakan akan mengonsumsi daya sebesar 1500 W. Kebutuhan daya ini jauh melampaui akselerator B200 Nvidia yang tangguh, yang menggunakan daya 1000 W.

Konsumsi daya ekstrim dari GPU Falcon Shores memerlukan solusi pendinginan inovatif untuk menjaga pengoperasian yang efisien dan aman. Mitra Intel mungkin perlu mengadopsi teknologi pendinginan canggih seperti pendinginan cair atau bahkan pendinginan cairan perendaman penuh, sebuah teknik yang telah dianjurkan Intel untuk perangkat keras pusat data yang boros daya. Solusi ini penting untuk menangani beban panas besar yang dihasilkan oleh GPU.

Intel Siapkan GPU Falcon Shores Untuk AI & HPC, Konsumsi Daya Bisa 1500W

Penarikan daya yang besar dari GPU Falcon Shores adalah harga dari kinerja yang dijanjikannya. Intel menegaskan bahwa GPU tersebut akan memberikan kinerja per watt lima kali lebih tinggi dan kapasitas memori serta bandwidth lima kali lebih banyak dibandingkan pendahulunya Ponte Vecchio. Lompatan kinerja ini bertujuan untuk memposisikan Falcon Shores sebagai pemain kunci di pasar akselerator AI, memanfaatkan ekosistem pengembangan perangkat lunak oneAPI Intel yang komprehensif untuk menarik pengembang dan pelanggan.

Namun, untuk mendukung tingkat daya ekstrem tersebut mungkin memerlukan Intel untuk mengembangkan modul perangkat keras berpemilik atau memperbarui spesifikasi Open Accelerator Module (OAM). Saat ini, OAM 2.0 mendukung hingga 1000 W, jauh di bawah 1500 W yang dibutuhkan untuk Falcon Shores. Oleh karena itu, standar baru atau solusi khusus diperlukan untuk mengakomodasi kebutuhan daya GPU.

Dijadwalkan untuk dirilis pada tahun 2025, GPU Falcon Shores didasarkan pada arsitektur grafis Xe generasi berikutnya dari Intel. Hal ini bertujuan untuk menjadi tambahan transformatif pada sektor AI dan HPC, menawarkan kinerja tak tertandingi bagi aplikasi yang ingin berinvestasi pada infrastruktur pendinginan yang diperlukan. Meskipun konsumsi daya sebesar 1500 W tergolong signifikan, Intel yakin bahwa kemampuan GPU yang luar biasa akan membenarkan investasi bagi pelanggan AI dan HPC.

Pasar akselerator ultra-high-end menjadi semakin kompetitif, dan permintaan akan penerus Ponte Vecchio sangat jelas. GPU Intel Falcon Shores, dengan metrik kinerjanya yang inovatif, siap memenuhi permintaan ini, meskipun dengan penekanan besar pada pengelolaan konsumsi energinya yang besar.

Exit mobile version