Memahami Faktor Bentuk Motherboard: Panduan Singkat

Memahami Faktor Bentuk Motherboard: Panduan Singkat

Saat merakit atau upgrade PC, salah satu komponen penting yang perlu dipertimbangkan adalah motherboard. Faktor bentuk motherboard memainkan peran penting dalam menentukan ukuran, kompatibilitas, dan fitur sistem.

Jadi dalam panduan ini, kita akan mempelajari cara menguraikan faktor bentuk motherboard melalui namanya dan memahami implikasinya terhadap rakitan PC .

Baca juga : Memahami Perbedaan Tipe Laptop Gaming Pada Umumnya

Faktor Bentuk Umum Motherboard

1. ATX

Memahami Faktor Bentuk Motherboard

  • Contoh: MSI Motherboard MAG B650 Tomahawk WiFi
  • Motherboard ATX berukuran standar dan menawarkan keseimbangan fitur yang baik. Jika kalian melihat nama seperti B450 tanpa tanda tambahan, kemungkinan besar itu menunjukkan faktor bentuk ATX.

2. MikroATX (mATX)

Memahami Faktor Bentuk Motherboard

  • Contoh: Gigabyte B650M K
  • Huruf “M” pada namanya menunjukkan motherboard MicroATX, yang lebih kompak dari ATX namun tetap menyediakan slot ekspansi yang cukup banyak.

3. Mini-ITX

Memahami Faktor Bentuk Motherboard

  • Contoh: Gigabyte B760I Aorus PRO DDR4
  • Huruf “I” menandakan motherboard Mini-ITX, yang merupakan yang terkecil dari tiga faktor bentuk umum. Mini-ITX ideal untuk bangunan yang ringkas dan hemat ruang.

4. EATX (Extended ATX)

Memahami Faktor Bentuk Motherboard

  • Contoh: X570E (EATX)
  • Motherboard EATX lebih besar dari ATX standar, menawarkan slot dan fitur ekspansi tambahan. Huruf “E” pada namanya menunjukkan faktor bentuk Extended ATX.

Tips Identifikasi

  • Periksa “ATX” pada nama motherboard berukuran standar.
  • Kehadiran “M” menunjukkan papan MicroATX, menawarkan kompromi antara ukuran dan fitur.
  • Pencantuman “I” pada namanya menandakan motherboard Mini-ITX yang ringkas.

Meskipun konvensi penamaan ini memberikan panduan umum, disarankan untuk memeriksa ulang spesifikasi motherboard. Produsen dapat menggunakan huruf atau angka tambahan untuk menunjukkan fitur, revisi, atau varian tertentu.

Kesimpulan

Memahami faktor bentuk motherboard sangat penting untuk keberhasilan saat akan membangun PC. Baik memilih ATX yang luas, MicroATX yang seimbang, atau Mini-ITX yang ringkas, atau bahkan ukuran EATX yang besar, menyadari faktor bentuk ini akan memastikan kompatibilitas dan membantu pengguna membuat pilihan yang tepat saat memilih komponen untuk sistem utama.

Comments

VIDEO TERBARU MURDOCKCRUZ :

Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com