Site icon Murdockcruz

Mending Upgrade RAM atau SSD Dulu Sih?

Dua pilihan antara upgrade RAM atau SSD biasanya suka terjadi bagi pengguna yang berencana akan upgrade komponen entah di laptop atau Desktop. Yang menjadi masalah, anggaran sangat terbatas dan menginginkan hasil yang nyata dari perubahan hardware tersebut.

Nah, antara dua pilihan tersebut bisa bergantung pada penggunaan spesifik dan konfigurasi sistem yang kalian miliki saat ini. Kedua komponen tersebut pada dasarnya memainkan peran penting dalam kinerja sistem, namun keduanya menangani aspek yang berbeda.

Baca juga : Apa Kartu Grafis AMD Hari ini Cocok Buat Editing Video?

1. Upgrade SSD

Jika drive penyimpanan saat ini masih dalam pilihan HDD (Hard Disk Drive) tradisional, upgrade ke SSD dapat memberikan peningkatan yang signifikan dalam kecepatan sistem secara keseluruhan. Seperti waktu booting lebih cepat, loading aplikasi atau game lebih cepat, dan peningkatan respons sistem secara keseluruhan.

Mending Upgrade RAM atau SSD Dulu

Prioritas utama upgrade ke SSD sangat bermanfaat terutama jika komputer terasa sangat lambat saat dinyalakan atau jika pengguna sering bekerja dengan file dan aplikasi berukuran besar.

2. Upgrade RAM

RAM sangat penting untuk multitasking dan menjalankan aplikasi. Jika kalian sering bekerja dengan beberapa aplikasi secara bersamaan atau menggunakan software yang membutuhkan banyak memori seperti pengeditan video atau alat pemodelan 3D, upgrade RAM dapat membantu.

Lebih banyak RAM memungkinkan komputer menyimpan lebih banyak data di memori, sehingga mengurangi kebutuhan untuk terus-menerus menukar data antara RAM dan drive penyimpanan yang lebih lambat (SSD atau HDD). Hal ini dapat menghasilkan multitasking yang lebih lancar dan perpindahan aplikasi yang lebih cepat.

Mending Upgrade RAM atau SSD Dulu

Jika komputer sering menjadi lambat saat misal membuka banyak tab browser atau saat menggunakan aplikasi yang menghabiskan banyak memori, prioritas upgrade dengan lebih banyak RAM dapat membantu.

Baca juga : UFS vs eMMC : Bedanya Apa Sih?

Hal Yang Perlu Dipertimbangkan

Singkatnya, pertimbangkan hal berikut dibawah ini saat memutuskan antara upgrade SSD atau RAM:

Simpulan

Pada akhirnya, banyak pengguna mendapati bahwa upgrade antara SSD dan RAM (atau keduanya) memberikan peningkatan kinerja terbaik secara keseluruhan. Namun, jika perlu membuat prioritas karena keterbatasan anggaran, mulailah dengan komponen yang akan mengatasi masalah kinerja yang paling mendesak.

Exit mobile version