Site icon Murdockcruz

Samsung Galaxy A14 LTE Review : Masih Cocok Buat Rekomendasi?

Samsung Galaxy A14 itu dirilis pada awal tahun 2023 dan perlu dicatat kalo produsen memberikan dua varian untuk seri budget smartphone ini, antara Galaxy A14 5G dan Galaxy A14 4G LTE. Samsung Galaxy A14 5G dibandrol di kisaran harga 2.9 jutaan, sedangkan varian 4G punya harga lebih murah mulai dari 2.4 jutaan( harga sewaktu-waktu bisa berubah).

Baca juga : Rekomendasi AIO Liquid Cooler 240mm Murah, Performa Terbaik

Harga & Varian

Kami sendiri punya versi Galaxy A14 4G LTE dengan varian RAM 6GB kapasitas 128GB warna hitam. Bicara varian, ada dua opsi buat spek RAM, antara 4GB sama 6GB. Harga tentunya bisa beda, varian terendah sekitar 2.4 jutaan. Varian tertinggi nyampe 2.6 jutaan.

Cek harga terbaru Galaxy A14 4G LTE disini

Samsung Galaxy A14 LTE Review

Untuk kapasitas storagenya itu sendiri default nyampe 128GB, meskipun kabarnya ada spek storage 64GB juga. Tapi cek di web resmi indo Cuma ada 128GB aja. Apa beda negara beda spek juga?

Samsung Galaxy A14 LTE Review

Btw, varian warna seri ini ada tiga opsi, antara Black, Dark Red, Silver. Kalian bisa nyesuain warna sesuai apa yang disukai. Cuma overall desain terhitung positif, ramping, elegannya dapet. Cuma kalo sisi materi sih bukan the best. Casenya masih plastik, jadi cukup rentan juga kalo jatuh.

Samsung Galaxy A14 LTE Review

Samsung Galaxy A14 LTE Review

Dari sisi konektivitas hape ini udah dukung WiFi 802 AC sama bluetooth versi 5.1. Dukungan NFC juga ready. Malah ada fitur Smart Switch, software yang memungkinkan pengguna transfer data dari satu perangkat Samsung ke perangkat lainnya, atau dari perangkat non-Samsung ke perangkat Samsung. Dapat digunakan untuk mentransfer kontak, pesan, foto, video, musik, kalender, dan lainnya.

Spesifikasi

Detail spesifikasi Inti :

Layar yang ditawarin Galaxy A14 ini punya ukuran 6.6-inch dengan fitur IPS LCD dan bawa refresh rate nyampe 90Hz. Layar tersebut terhitung besar dan bisa ngaruh ke portabilitas, meskipun ini sih relatif. Tapi layar besar intinya bisa ngasi produktivitas lebih baik, seperti ruang extra buat pekerjaan multi-tasking, main game juga lebih luas. Intinya sih itu bisa ningkatin pengalaman saat make hape, entah nonton video, main game dan sebagainya.

Samsung Galaxy A14 LTE Review

Refresh rate 90hz juga bisa nyaman banget. Animasi transisi bisa lebih mulus saat scroling. Main game juga bakal lebih smooth, meskipun resikonya sih bisa ngaruh ke performa baterai. Tapi intinya sih punya refresh rate tinggi bakal punya andil pake hape lebih nyaman, apalagi dipake sehari-hari.

Samsung Galaxy A14 LTE Review

Samsung Galaxy A14 LTE Review

Kalo prosesor, hape ini pake Samsung Exynos 850 yang punya fitur octa-core. Dua core Cortex-A55 dengan clock nyampe 2.0GHz plus enam core Cortex-A55 yang punya clock nyampe 1.8GHz. Ini juga punya GPU Mali-G52 MP1.

Exynos 850 intinya sih bisa nawarin kinerja yang baik buat tugas sehari-hari dan beberapa permainan ringan. Memang tidak sekuat beberapa prosesor kelas atas, namun masih jadi pilihan bagus buat mereka yang nyari prosesor andal dan terjangkau.

Kalo RAM 6GB cukup buat aplikasi modern? RAM segini terhitung cukup bagi kebanyakan orang entah buat tugas sehari-hari, kayak browsing internet, ngecek email, main game, atau mengambil foto. Multitasking lebih cepat, Performa gaming, sama manajemen memori lebih efisien.

Fitur Kamera

Buat urusan kamera, fitur yang dibawa terhitung lumayan ok. Sensor utama nyampe 50MP, ada sensor ultrawide 5MP, sensor makro 2MP, dan sensor depth 2MP. Kalo kamera depannya 13MP.

Samsung Galaxy A14 LTE Review

Sensor utama bisa ngambil foto bagus tapi perlu pencahayaan mencukupi. Warnanya akurat dan detailnya tajam. Sensor ultrawide juga bagus untuk ngambil foto lanskap. Sensor makro juga ok buat mengambil foto close-up objek kecil. Sensor kedalaman membantu menciptakan efek bokeh pada foto mode potret. Sayangnya, ini sebenernya bukan kamera terbaik di kelasnya. Terus ngambil foto malam hari bisa berbintik (perlu cek fakta) dan enggak ada stabilisasi gambar optik (OIS).

Samsung Galaxy A14 LTE Review

Samsung Galaxy A14 LTE Review

Kalo Kamera depannya terhitung positif buat mengambil foto selfie. Warnanya akurat dan detailnya tajam.

Simpulan

Overall sih Samsung Galaxy A14 4G LTE bisa dibilang jadi smartphone ramah anggaran yang nawarin performa dan fitur solid. Ini adalah pilihan bagus buat mereka yang nyari smartphone andal tanpa ngeluarin banyak uang.

Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A14 4G LTE:

Kelebihan:

Minus :

Exit mobile version