Site icon Murdockcruz

Budget PSU FSP Hydro-K 750W : Benefit & Minusnya

Buat kalian yang sedang mencari power supply handal di harga yang terhitung ramah dan ideal buat perangkat high-end, FSP Hydro-K 750W bisa cocok tuh. Tapi biar lebih pasti, cek lebih detailnya dibawah ini.

Baca juga : Motherboard Preview : ASRock A620M-HDV/M.2+

FSP Hydro-K 750W : Yang Kami Tahu Sejauh ini

Model FSP Hydro-K Pro 750W
Rated Output Power 750W
Form Factor ATX
80 PLUS Certification 80 PLUS® 230V Bronze
Input Voltage 200-240V
Input Current 6A
Input Frequency 50-60Hz
PFC Active PFC
Efficiency ≥ 88%
Fan Type HYB Fan, 120mm
Dimensions(L x W x H) 150 x 140 x 86 mm
Protection OCP, OVP, SCP, OPP

Bicara PSU yang ok, mending memilihnya itu yang udah pasti-pasti aja, apalagi buat informasi kejelasan produk. Jadi, merk juga bakal ngaruh. Dan sebenarnya, merk populer juga enggak selalu mahal, buktinya FSP Hydro-K 750W bisa masuk kategori ini.

Budget PSU FSP Hydro-K 750W

Tapi, apa seri terbaru ini bisa rekomendasi? Ini relatif. Bisa iya, bisa juga enggak. Opsi untuk varian kapasitas sendiri sebenarnya terbatas. Contoh, seri Hydro-K itu cuma punya dua varian, antara 850W sama 750W. mereka yang pengen opsi kapasitas lebih rendah (atau lebih besar) pasti enggak bisa ambil seri ini.

Budget PSU FSP Hydro-K 750W

Kalo rating 80 plus resmi terdaftar dengan rata-rata efiensi bisa nyampe 88% (label bronze tapi bisa lebih baik dibanding rata-rata). Jadi, jika misal PC butuh daya 300W, kalo pake PSU misal punya efisiensi 70% bakal ngambil daya sekitar 428 watt (tambahan watt jadi perkiraan itungan panas yang dihasilin perangkat). Kalo pake PSU ini, itu cuma ngambil sekitar 340 watt dan selisih sekitar 20% lebih hemat.

Fitur Unggulan

Nah, FSP sendiri membanggakan beberapa fitur unggulan di seri Hydro-K, termasuk :

Pertama PSU ini udah sesuai dengan panduan desain daya Intel ATX3.0. Artinya udah memenuhi spesifikasi ATX 3.0 yang butuh fitur keandalan sama efisiensi lebih baik, serta bisa menyediakan daya hingga 600 watt. Jadi, walaupun enggak bawa kabel PCIe gen5, setidaknya ada isyarat kalo pake VGA high-end terbaru NVIDIA masih mungkin lewat kabel VGA 8 pin x4 (empat slot). Jadi, ketika satu slot itu biasanya menyediakan daya 150W, kalo 4x 8-pin terpasang semua, itu cukup buat ngambil daya 600W.

Budget PSU FSP Hydro-K 750W

Benefit kedua, Hydro-K ini udah punya PFC (power form correction) aktif. Fitur ini bisa jadi cara smart yang jarang-jarang ditawarin budget PSU kelas rumahan buat mengatasi kehilangan listrik dalam bentuk panas dengan koreksi hingga 0.9. Jadi, bisa dipastikan kalo angka tersebut bakal mengubah semua listrik yang masuk jadi daya berguna dan cuma sedikit yang terbuang sebagai panas atau kebisingan.

Budget PSU FSP Hydro-K 750W

Nah, desain rel +12v nya single, mengisi daya sebuah VGA bakal pure nyampe 100% enggak kayak desain rel multi. Cuma lebih cocok buat single VGA aja sih dibanding dua opsi. Jadi kalo PSU ini dipake buat ngisi daya banyak VGA buat mining misal, enggak cocok tuh.

Budget PSU FSP Hydro-K 750W

Terus label proteksinya cukup lengkap, misal ada proteksi OCP(Over Current Protection), berguna ketika kelebihan beban listrik. Terus ada OVP ( Over Voltage Protection), dimana PSU bakal mati sendiri kalo tegangan lebih dari biasanya.  Sisanya ada SCP (Short Circuit Protection), bisa nyegah mobo terbakar gara-gara suhu tinggi sama OPP (Over Power Protection), bisa nyegah kerusakan akibat output daya berlebihan.

Label proteksi pastinya penting, jadi milih PSU yang punya label tersebut setidaknya.

Fitur Kabel

Budget PSU FSP Hydro-K 750W

Btw, seri Hydro-K pro itu punya kabel non modular. Agak disayangin, tapi kemungkinan biar ngejaga harga tetep ramah. Nah, kabelnya itu flat, yang beda itu Cuma kabel ATX pin 24 yang pake sleeve khusus. Benefit kabel flat pasti mudahin managemen kabel di case. Terus panjangnya juga mencupi buat casing mid tower, max yang CPU nyampe 50cm.

Budget PSU FSP Hydro-K 750W

Note, konektor CPU 8pinnya ada dua. Jadi PSU ini udah dukung mobo high-end juga. Buat sata sama molex juga ada. Cuma fitur kabel tetep pasti agak ribet di awal. Ngatur sisa kabelnya itu loh.

Pendinginan & Dimensi

Terus coolingnya pake kipas 12cm dan udah punya fitur hydraulic bearing. Cukup quiet sama masa ketahanan cukup ok. Sayang  enggak ada fitur 0dB fan aja. Wajar? Kalo liat harga sih iya.

Budget PSU FSP Hydro-K 750W

Terakhir itu ukurannya enggak besar banget, panjangnya sekitar 15cm. Dipake di casing kecil masih cukup, tp enggak kecil banget lah.

Harga

Harga gimana? Kalo cek di official storenya, seri Hydro K kapasitas 750W itu punya harga sekitar 1 jutaan lebih sedikit. Angka yang sebenernya masih terhitung ramah buat kapasitas tersebut, hanya saja bukan yang termurah. Kalo cakupan garansi, PSU ini punya garansi hingga 5 tahun dengan distributor utamanya NJT.

Cek harga terbaru FSP Hydro-K Pro 750W disini

Simpulan

FSP Hydro-K Pro 750W kualitas sama fitur utamanya sangat positif. Malah jarang-jarang juga budget PSU punya fitur cukup mumpuni. Harga bukan yang termurah, tapi mahal juga enggak. Kabelnya bukan modularm, Ngaturnya cukup ribet.  Kalo kualitas, jujur aja. Finishing rapi, Cuma bagian ujung kabel sama colokan powernya itu loh kayak ada kesan murahan dari paintingnya. Tp itu sih enggak ngubah overall quality.

Budget PSU FSP Hydro-K 750W

Nah, gimana menurut kalian? Apa ada pendapat lain? Tapi semoga ya ulasan kali ini tentang PSU Hydro K 750W dari FSP bisa bermanfaat.

FSP Hydro-K Pro 750W Overall Rating : 8.0

Positif :

Minus :

Exit mobile version