Site icon Murdockcruz

T-FORCE DELTAα RGB DDR5 Review : RAM Paling Ok Buat Ryzen 7000?

Memori DDR5 udah mulai populer. Apalagi sekarang udah ada beberapa platform yang siap mendukungnya, termasuk platform AMD soket AM5 Ryzen 7000. Nah, buat kalian yang berencana akan membangun PC dan butuh modul RAM paling ideal, T-FORCE Delta Alpha RGB DDR5 dari TEAMGROUP bisa cocok buat dipertimbangkan.

Mengapa begitu? simak lebih detailnya dibawah ini.

Baca juga : Resmi Meluncur, Realme C55 Dibandrol Mulai Dari 2.4 Jutaan

Harga

T-FORCE Delta Alpha RGB DDR5 Review

Sebelum bahas desain dan performa, untuk urusan harga yang ditawarkan modul memori ini kisaran 3.7 jutaan ke atas, khususnya buat varian 32GB (16GBx2) dengan speed 6000 Mhz. Angka yang sebenernya masih cukup mahal, apalagi ada versi merk lain yang lebih murah. Tapi apa sepadan dengan nilai tersebut?

Cek harga terbaru T-FORCE Delta Alpha RGB DDR5 disini

Desain

Benefit terbesar yang ditawarin memori ini ada fitur eksklusifitas sama stabilitas. Contoh, desain mungkin relatif, tapi kesan premium memori ini cukup berasa. Kualitasnya solid, RGB lighting pun ok punya. Cerah dan kalem. Malah bisa singkron sama software populer kayak ASUS Armory crate ataupun software bawaan mobo merk lain.

T-FORCE Delta Alpha RGB DDR5 Review

Terus, seri ini bisa cocok buat platform AMD soket AM5 secara eksklusif. Jadi, memori ini bisa lebih dioptimasi buat CPU terbaru Ryzen 7000 yang dukung AMD EXPO. Meskipun buat platform Intel juga sebenernya masih mungkin.

T-FORCE Delta Alpha RGB DDR5 Review

Btw, perlu dicatat kalau odul memori ini enggak tinggi banget, sekitar 5cm kurang sedikit. Jadi, mereka yang pengen pasang air cooler dengan heatsink besar atau radiator AIO, pake RAM ini masih ok.

Terus materi heatspreader bawaan mungkin masih sama dengan versi DDR4, yakni pake Alumunium Heatsink. Tapi finishing sama gaya desain dirasa lebih fresh dan clean. Jadi, sekali lagi rasa premiumnya sangat kelihatan, meskipun preferensi tiap orang bisa beda-beda.

Varian & Konfigurasi

Nah, TEAMGROUP sendiri nawarin varian speed 5200 Mhz, 5600 Mhz sama 6000 Mhz buat versi tertinggi. Kalo kapasitas, varian 5200 ada opsi 8GB sama 16GB, kalo versi 5600 Ke atas cuma ada opsi 16GB sama 32GB.

Jadi, misal kalian butuh single 16Gb atau versi 8GB, opsinya cuma ada di speed 5200 Mhz. Tapi harga bisa lebih ramah.

Btw dukungan garansi memori ini seumur hidup. Cuma pastikan aja distributor utama saat beli, biar gampang gitu saat mau klaim.

Spesifikasi Inti

Module Type DDR5 288 Pin Non-ECC Unbuffered DIMM
Frequency 6000
Latency CL38-38-38-78
Capacity 16GB
16GBx2
Data Transfer Bandwidth 48,000 MB/s
(PC5 48000)
Voltage 1.25 V
Compatibility AMD 600 series
Dimensions 46.1(H) x 144.2(L) x 7(W)mm
Heat Sink Aluminum heat-sink
Warranty Lifetime warranty

Buat spek, kapasitas 32GB itu pake dua modul masing-masing 16GB. Speed 6000 mhz bisa diaktifkan dengan mudah lewat fitur AMD EXPO di Bios dengan latency 38-78. Nah, timingnya itu sedikit lebih rendah dibanding rata-rata memori yang pernah kami coba. Jadi, potensi performa bakal lebih ok saat baca memori. Aplikasi yang butuh ruang cache sama bandwith besar bakal terbantu.

T-FORCE Delta Alpha RGB DDR5 Review

T-FORCE Delta Alpha RGB DDR5 Review

Buat chipset, ini pake SK Hynik dengan default daya saat EXPO aktif sekitar 1.25V. Jadi, meskipun speed sama kapasitas besar, setidaknya memori ini masih hemat daya.

T-FORCE Delta Alpha RGB DDR5 Review

Yang unik lagi, seri Delta Alpha RGB udah bawa fitur cooling extra yang disebut reinforced PMIC atau biasa juga disebut power management IC. Jadi, stabilitas performa diklaim bakal terus terjaga, meski dalam saat sedang bekerja intensif sekalipun.

Tipe DDR5 yang ditawarin TEAMGROUP juga udah dukung On-die ECC. Jadi, DRAM secara internal bisa hitung ECC buat koreksi dan deteksi kesalahan secara dini.

Fitur Overclocking

T-FORCE Delta Alpha RGB DDR5 Review

Dukungan OC manual buat seri Delta Alpha RGB ini juga mungkin. Malah sebenernya bisa mudah dengan pengaturan timing sederhana. Kami coba ngatur speed ke 6400 Mhz dengan timing default bawaan itu masih stabil. Jadi, indikasi kalo OC lebih lanjut di RAM ini bisa jadi salah satu nilai unggulan lain. Tapi, kalian pasti butuh mobo yang ideal biar overclocking bisa maksimum.

Performa

Gimana dengan performa? Jujur aja, mereka yang butuh performa kenceng, TEAMGROUP Delta Alpha RGB DDR5 bisa jadi solusinya.

T-FORCE Delta Alpha RGB DDR5 Review T-FORCE Delta Alpha RGB DDR5 Review

Contoh, Di Software Sandra Memory Bandwith, Delta Alpha RGB ngasilin skor kedua setelah KLEVV yang punya speed 6200 Mhz. Sayangnya, fitur OC 6400 Mhz masih belum bisa ngalahin KLEVV.

T-FORCE Delta Alpha RGB DDR5 Review

Kalo memory Latency, Speed 6400 Mhz jadi pilihan paling kenceng pertama ketika OC berlaku. Default EXPO 6000 Mhz malah seimbang sama KLEVV buat urusan latency.

T-FORCE Delta Alpha RGB DDR5 Review

Nah, buat overall cache & memory Bandwith, speed 6000 Mhz cuma mampu hasilin nyampe 487 GB/s . Selisihnya itu sekitar 22% dibanding KLEVV yang punya skor nyampe 597 GB/s.

Simpulan

T-FORCE Delta Alpha RGB dari TEAMGROUP cocok buat konten creator yang butuh RAM DDR5 stabil sama latency rendah. Kualitas materi sama RGB juga bikin ganteng PC. Terus, varian sama kapasitas juga cukup banyak. Hal terbaiknya itu, ini cocok buat platform soket AM5 terbaru yang dukung AMD EXPO.

T-FORCE Delta Alpha RGB DDR5 Review

Cuma harga masih terhitung mahal, apalagi buat kapasitas 32GB dengan speed 6000 Mhz. Pilihannya agak terbatas, cuma buat kalangan tertentu yang punya budget besar. Tapi bisa worth sih dan masih ideal buat rekomendasi.

Jadi, itu dia ulasan singkat memori DDR5 terbaru dari TEAMGROUP. Gak semua sih diungkap, tp semoga bermanfaat yes.

T-FORCE DELTAα RGB DDR5 Overall Score : 8.5

Positif :

Minus :

 

Exit mobile version