Site icon Murdockcruz

Thermaltake TOUGHRAM RC 16GB DDR4 3200Mhz Review : Stabilitas Tinggi, Kinerja Nyaman

Thermaltake TOUGHRAM RC 16GB DDR4 3200Mhz kami rasa punya hal menarik untuk diungkap dan bisa kalian pertimbangkan ketika sedang mencari modul desktop RAM yang ideal. Desain yang positif, kinerja solid termasuk juga build quality tangguh tentu jadi salah satu nilai unggulannya. Cuman buat lebih pastinya, simak review singkat kami dibawah ini.

Baca juga : Nvidia GeForce RTX 3060 Ti Preview : Detail Spesifikasi & Harga

Thermaltake TOUGHRAM Review : Apa Yang Tahu Sejauh ini

Secara utuh, potensi yang ditawarkan bakal berlaku jauh lebih baik buat urusan estetika. Itu karena memori ini kompatible dengan CPU Cooler Premium terbaru TT Floe RC360 yang punya pendingin extra buat memori.

Jadi, perangkat ini bisa jadi modal awal ketika kalian belum mampu membeli AIO. Dan ketika udah terpenuhi, Floe RC360 & TOUGHRAM RC bisa jadi combo sempurna yang bakal memberikan kinerja ampuh, estetika juga terpenuhi.

Cuman secara default, kalian jangan harap lebih deh buat urusan RGB Lighting. Sekilas sederhana dengan sajian warna hitam sepenuhnya. Tapi brushed aluminum heat spreader yang hadir punya aura tangguh dan diklaim bisa memberikan kinerja pembuangan panas paling efektif.

Disisi lain, produsen juga menghadirkan software ekslusif yang tentu saja punya manfaat extra. Sehingga, kesan premium bisa makin sempurna dengan dukungan tools tersebut. Salah satunya yang kami rasakan manfaatnya adalah TOUGHRAM Software yang bisa memberikan detail informasi kepada pengguna tentang perangkat memori maupun suhu secara realtime.

Spesifikasi Inti

Thermaltake TOUGHRAM RC itu sendiri punya beberapa pilihan konfigurasi buat urusan speed, mulai dari kecepatan 3200Mhz hingga 4400 Mhz. Kami sendiri memakai pilihan terendah, cuman sayangnya produsen enggak memberikan opsi extra pada kapasitas. Hanya pilihan kapasitas 16GB aja yang tersedia melalui dua modul RAM 8GB x2.

Nah, bicara mengenai chipset, memori ini memakai chipset Hynix C Die, dan kami rasa kalian bisa dobrak OC jauh lebih tinggi. Kami tes di speed 3733Mhz pada CL20 dan voltase 1.4 masih aman. Itu jadi pertanda kalo OC juga bakal jadi sesuatu yang menarik buat diungkap. Intinya, TOUGHRAM RC stabil banget, baik saat XMP aktif, maupun dukungan OC, meskipun enggak terlalu high sih.

Kinerja

Performa bisa menarik, tapi bukan yang terbaik sih kalo liat dari beberapa produk RAM yang udah kami coba. Kali ini kami sandingkan dengan prosesor terbaru AMD Ryzen 7 5800X dengan speed default dan motherboard ROG Crosshair VIII Hero WiFi.

Sejauh yang kami coba, enggak ada kendala berarti maupun masalah BSOD karena ketidakstabilan sistem. Sebagai contoh, pada tes SiSoftware Sandra 2020 Memory bandwith, TOUGHRAM RC 16GB DDR4 3200Mhz mampu raih skor yang positif, malah sedikit lebih baik dibanding beberapa RAM dengan speed yang hampir sama. Dan itu juga berlaku buat urusan OC.

7Zip File manager juga bisa jadi penunjuk sempurna bagaimana speed memori bisa memberikan pengaruh besar untuk kegiatan kompresi data. Sebagai contoh, pada TOUGHRAM RC 16GB DDR4 saat XMP aktif memiliki skor hingga 72556 untuk kompresi, dan hingga 111249 untuk dekompresi. Mencukupi, tapi masih kalah ketika OC 3733 Mhz berlaku.

Kemudian hadir pula AIDA64 Cache & memory Benchmark, paket utilitas untuk mengetahui performa memori secara teoritis, meskipun bergantung juga sih pada prosesor yang kalian gunakan. Baik skor Read, Write maupun Copy enggak terlalu tinggi, namun masih punya nilai positif ketika disandingkan pada beberapa RAM dengan speed yang sama.

Gimana dengan performa gaming? Memori tinggi kami rasa enggak terlalu berpengaruh pada gaming secara signifikan, meskipun ada perbedaannya sih walaupun kecil. Terlebih lagi jika kalian menggunakan dedicated GPU sebagai opsi utamannya. Tapi, meskipun terpaut beberapa fps aja, ini sebagai formalitas buat menunjukan tentang kinerja yang ditawarkan TOUGHRAM RC pada beberapa skenario gaming lewat Radeon RX 5600 XT.

Kesimpulan

Thermaltake TOUGHRAM RC bisa mencukupi segala kebutuhan kalian untuk sebuah perangkat handal dalam urusan memori desktop. Stabilitas, kualitas maupun estetika juga terasa lebih menarik. Itu sih yang bisa kami baca saat udah mencoba perangkat tersebut secara utuh. Memori ini juga punya kemampuan overclocking yang baik, tapi enggak terlalu tinggi sih.

Sedangkan harga sih relatif, dimana pilihan 3200Mhz dengan kapasitas 16GB memiliki nilai sekitar 1.3 jutaan. Apa yang bisa jadi keuntungan kalian, seri ini punya sajian premium dengan desain heatspreader istimewa, termasuk juga bisa dipasangkan dengan AIO terbari TT Floe RC360 yang keren banget buat urusan estetika.

Sayangnya, pilihan konfigurasi dalam kapasitas sangat terbatas, dimana Thermaltake hanya memberikan opsi 16GB aja dengan modul 8GBx2. Disisi lain, software yang ditawarkan terkadang agak kurang stabil, seperti monitoring suhu yang salah maupun loading yang lama seperti ada semacam bug. Untungnya, minus enggak ngaruh banget buat dukung performa terbaik PC builder, termasuk kompabilitas luas, baik platform AMD maupun Intel.

Nah, itu dia ulasan singkat kami mengenai Thermaltake TOUGHRAM RC 16GB DDR4 3200Mhz. Meskipun enggak semua kami ungkap, yang pasti semoga bermanfaat ya!

 Baca Juga :



Comments
Exit mobile version