ASUS TUF Gaming GeForce RTX 3070 OC Review : Pendingin Paling SOLID

Ketika GPU terbaru Nvidia GeForce RTX 3070 bisa banget jadi upgrade sempurna untuk VGA hebat selanjutnya buat gaming 4K, maka ada banyak pilihan seru di luar sana yang bisa kalian pertimbangkan. Salah satunya datang dari ASUS TUF gaming dengan build quality yang solid dan fitur pendingin yang ampuh. Estetika mungkin masih biasa, namun performa bakal jauh lebih positif.

Penasaran? Simak selengkapnya dibawah ini.

Baca juga : ASUS ROG Strix Scope RX Review : Keyboard Gaming Yang Penuh Estetika Positif

ASUS TUF Gaming GeForce RTX 3070 OC Review : Apa Yang Kami Tahu Sejauh ini

Seri TUF gaming pastinya udah dikenal duluan dengan poin utama adalah sisi ketahanan. Artinya bahwa perangkat lebih solid dari kualitas komponen yang ditawarkan, bahkan diklaim mampu bertahan jauh lebih lama dari apa yang kalian harapkan. Kehadiran Kapasitor tingkat militer dan komponen TUF lain bakal meningkatkan daya tahan dan kinerja.

Kalo estetika sih relatif, dan jangan harap lebih deh buat urusan bling-bling dengan segudang pencahayaan RGB. Karena, hanya bagian logo aja yang dukung RGB lighting, sisanya adalah desain yang hampir sepenuhnya berwarna hitam dengan kesan gahar dan punya makna tangguh.

Dukungan pendinginan yang ditawarin TUF Gaming GeForce RTX 3070 juga bisa sempurna dengan kehadiran 3 fan berteknologi aksial yang diklaim akan memberikan kinerja hebat buat ngejaga suhu tetap berada dalam kondisi terbaiknya.

ASUS sendiri mengatakan bahwa teknologi yang hadir memberikan sisi ketahanan yang lebih lama. Perlu dicatat, VGA ini butuh syarat PSU minimum 750W melalui dua 8 pin daya sebelum kalian benar-benar membelinya.

Buat urusan harga, TUF Gaming GeForce RTX 3070 OC dibandrol dengan harga 12 jutaan. Cukup bersaing dengan merk lain. Untungnya, kalian sebenernya mendapatkan pilihan extra buat nyempurnain kinerja, termasuk dukungan software unggulan selain AURA Sync, yaitu GPU Tweak II dengan banyak fitur bermanfaat buat pengguna.

Spesifikasi

Spesifikasi Inti ASUS TUF Gaming GeForce RTX 3070 OC
Chipset GeForce RTX 3070
Memory 8 GB GDDR6 256-bit
OC Mode 1845 MHz (Boost Clock)
Gaming Mode 1815 MHz (Boost Clock)
Effective Memory Clock 14000 MHz
Interface PCIe x16
Length 299 mm
TDP 220 W
HDMI Ports 2
DisplayPort Ports 3
Expansion Slot Width 2
Cooling 3 Fans
External Power 2 x 8-pin
Harga Rp11.999.000

Spesifikasi tentunya sama dengan seri founder, yaitu 8 GB GDDR6 256-Bit, 5888 CUDA Cores dan 14Gbps memori Speed. Clockspeed menjadi pembeda dengan pilihan yang lebih tinggi hingga 1815 Mhz pada gaming mode, dan hingga 1845 Mhz untuk OC mode. Itu bisa jadi pertanda kalo kinerja yang ditawarin bakal jauh lebih solid, meskipun ada pengorbanan extra buat urusan suhu maupun konsumsi daya.

So, apa sih yang menarik dari GPU terbaru RTX 3070 itu sendiri? Arsitektur NVIDIA Ampere tentu jadi kunci yang bisa memberikan perbedaan besar dalam urusan performa, atau bahkan nilai efisiensi. Nvidia sendiri mengatakan kalo Ampere itu merupakan lompatan besar buat performa, bahkan mengklaim sebagai arsitektur GPU tercepat di dunia. Dibuat pada proses manufaktur 8 nm Samsung, 17,4 miliar transistor, arsitektur NVIDIA Ampere memiliki banyak modal berharga untuk memenuhi kebutuhan pengguna yang sangat menuntut.

Sebagai contoh, VGA ini dukung arsitektur RTX generasi kedua dengan banyak peningkatan signifikan, seperti shader 20,3, TFLOPs hingga 39.7 RT dan 162.6 Tensor TFLOPs. Intinya, ini bakal membawa game jauh lebih indah dan nyata plus kinerja yang jauh lebih efektif.

Dukungan fitur istimewa seperti Ray tracing, DLSS, resolusi tinggi, latensi ultra-low, bahkan AI-enhanced NVIDIA Broadcast streaming juga berlaku, bahkan produsen mengklaim kalo barisan teknologi ini jauh lebih meningkat buat dobrak performa semakin nendang.

Kinerja

Bagaimana dengan kinerja? Kami memasangkannya dengan pilihan rig high-end, termasuk prosesor dari AMD Ryzen 7 5800X yang makin hebat buat urusan gaming.

3D Mark time Spy graphic score

Dalam 3D Mark time Spy graphic score mungkin bukanlah yang terbaik dengan skor hingga 13.997, sedikit tertinggal jika dibanding RTX 3070 dari Gigabyte atau 2080 Ti. Namun, masih memiliki nilai positif secara utuh.

Blender Classroom

Blender 2.9 dengan skenario Classroom juga bisa jadi patokan kalo VGA ini mampu jadi mesin sempurna buat kegiatan pembuatan konten, bahkan jadi yang tercepat dari 3 VGA yang udah kita tes pada kelas yang sama. Fitur OC dengan clockspeed tinggi jadi penentu performa yang lebih superior.

Shadow Of The Tomb raider

Gaming 4K bisa jadi Batasan ideal tentang bagaimana performa yang ditawarkan TUF Gaming buat kalian. Dan nyatanya, beberapa game triple A bisa dilewati dengan mudah lebih dari 60 fps.

Sebagaimana contoh, Shadow Of The Tomb raider bisa dilibas pada fps 64, sedikit tertinggal dibanding Gigabyte Gaming OC maupun RTX 2080 Ti.

Battlefield V

Battlefield V mampu unggul hingga fps 97, meskipun enggak terlalu besar.

Assassin’s Creed Odyssey

Assassin’s Creed Odyssey dengan pengaturan ultra di resolusi 4k juga bisa dilibas dengan mudah dengan fps hingga 77.

Horizon Zero Dawn Complete Edition

Horizon Zero Dawn Complete Edition kami rasa bisa jadi penyempurna untuk menunjukan kinerja RTX 3070. Game yang sangat menuntut  dan butuh VGA solid, apalagi di resolusi tinggi. Dan TUF gaming GeForce RTX 3070 masih solid dengan fps hingga 56, hampir sama dengan apa yang ditawarkan Gigabyte, dan sedikit lebih baik dibanding RTX 2080 Ti.

Tom Clancy’s Ghost Recon Breakpoint

Tom Clancy’s Ghost Recon Breakpoint juga bisa butuh VGA high-end jika kalian berencana ingin memainkannya di resolusi 4K. Pengaturan High bisa dilibas sangat mudah dengan fps rata-rata hingga 86, sedikit lebih baik dibanding Gigabyte gaming OC maupun RTX 2080 ti.

DLSS & Ray Tracing Performance

Nvidia DLSS kami rasa jadi penyempurna untuk memberikan peningkatan kinerja yang lebih efektif. Bahkan, bisa jadi combo ampuh untuk memperbaiki frame yang drop ketika fitur Ray tracing aktif. Sebagaimana contoh, pada game Control, ketika fitur ray tracing aktif dengan DLSS off, fps drop sangat signifikan. Namun ketika DLSS aktif, framerate meningkat, meskipun masih ada penurunan sih jika ray tracing enggak aktif.

Apa keuntungannya buat pengguna? Intinya sih dua teknologi ini akan memberikan nilai visual yang jauh lebih nyaman untuk dilalui. Yang berarti pengalaman saat bermain game bakal semakin seru tanpa harus mengalami banyak kendala.

Suhu & Konsumsi Daya

Suhu bisa jadi yang terbaik dari apa yang ditawarkan TUF Gaming, bahkan jika dibandingkan dengan Gigabyte gaming OC sekalipun. Suhu rata-rata secara utuh saat bermain game hanya sebesar 60° celcius saja, dan saat sedang bekerja penuh hanya mencapai suhu 64° celcius.

Cuman, fitur OC bakal semakin tinggi hingga 68° celcius, tapi masih dalam hitungan sangat aman sih. Dan hal terbaiknya, fan bener-bener enggak berisik, yang pastinya nyaman untuk dilalui pada waktu lama sekalipun.

Sedangkan konsumsi daya, secara default masih sama dengan apa yang ditawarin Gigabyte, meskipun ada sedikit peningkatan. Konsumsi daya rata-rata bisa mencapai 226 Watt untuk gaming, dan hingga 255 saat sedang bekerja penuh. Masih cukup baik, apalagi jika dibandingkan dengan generasi terdahulu.

Kesimpulan

Gimana sejauh ini? Kami rasa ASUS TUF Gaming GeForce RTX 3070 OC punya nilai unggulan pasti dalam hal kinerja maupun fitur pendinginan. Bahkan jadi salah satu yang terbaik yang udah hadir dipasaran hari ini.

Estetika mungkin biasa, namun dukungan pendinginan solid jadi solusi utama untuk menjaga kinerja tetap berada dalam kondisi terbaiknya, bahkan untuk waktu yang terlama sekalipun. Disamping itu, kehadiran software extra seperti GPU Tweak III bakal nyempurnain performa yang ditawarin VGA, ataupun memudahkan kalian untuk mengatur banyak hal, termasuk OC maupun monitoring.

Harga sih relatif, namun kami rasa masih dalam hitungan masuk akal, apalagi jika melihat build quality maupun komponen Tangguh sekelas TUF. Kalo minus sih konsumsi daya sedikit lebih besar, apalagi jika fitur auto OC berlaku. Disisi lain, kalian butuh PSU yang sedikit lebih besar hingga 750W, meskipun kami rasa 650W masih cukup baik.

Hingga pada akhirnya, TUF Gaming GeForce RTX 3070 OC layak dapat salah satu penghargaan tertinggi kami dari beberapa produk handal yang telah kami coba. Pendinginan solid, build quality yang berharga, maupun harga juga lebih masuk akal.

Jadi, itu dia ulasan singkat kami tentang TUF Gaming GeForce RTX 3070 OC. Meskipun belum diungkap semuanya, kami harap apa yang telah kami ungkap bisa memberikan manfaat tersendiri buat kalian.

Baca Juga :



Comments
Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com

Leave a Comment

Recent Posts

Fujifilm Rilis Flagship Camera Terbaru GFX100 IR Yang Lebih Menggoda

Camera baru yang lebih canggih siap menyapa konsumen, salah satunya datang dari Fujifilm dengan seri…

7 hours ago

Perusahaan Scalper Ini Berhasil Amankan 3.500 konsol PS5, Siap Dijual kembali Dengan Harga Selangit

Calo alias Scalper tampaknya berperan besar dalam memperburuk situasi ketersediaan berbagai produk teknologi terbaru, entah…

7 hours ago

Berselisih Dalam Game DOTA, Karyawan Valve Gunakan Kekuasaannya Terlalu berlebihan

Selalu saja ada masalah dalam DOTA 2, namun jika seseorang menyalahgunakan kekuasaan untuk menekan pemain…

20 hours ago

Steam Autumn Sale 2020 Sudah Tiba, Game Seru & Diskon Besar Menanti

Steam Autumn Sale 2020 udah tiba, dan ini bisa jadi waktu terbaik kalian untuk mendapatkan…

21 hours ago

Monster Hunter The Movie Siap Dirilis Bulan Depan

Jika kalian suka sekali dengan game Monster Hunter, maka versi Film yang siap diluncurkan bulan…

1 day ago

TEAMGROUP Elite A1 U3 MicroSD Card Review : Stabilitas Handal & Kapasitas Luas

Perangkat kecil dan punya banyak manfaat itu bisa berlaku buat urusan MicroSD Card. Dan salah…

1 day ago