Categories: CoolerHardware

Tes Performa Ryzen 7 5800X Pada Beberapa CPU Cooler Berbeda

Pendinginan yang lebih baik berarti kinerja lebih optimal, perangkat apapun yang kalian gunakan. Dan itu berlaku buat CPU Cooler. Nah, kali ini kami bakal tunjukan performa beberapa CPU Cooler saat dipasangkan dengan prosesor terbaru Ryzen 7 5800X, termasuk CPU Cooler default Ryzen Wraith Prism RGB.

Penasaran, simak selengkapnya dibawah ini.

Baca juga : AMD Ryzen 7 5800X Review : Kinerja Gaming Lebih Superior

Tes Performa Ryzen 7 5800X Pada Beberapa CPU Cooler Berbeda

Sebagaimana kita tahu, CPU Cooler yang ideal itu biasanya didasarkan pada rating TDP yang dibawa alias Thermal Design Power. Perlu dicatat nih, rating TDP bukanlah konsumsi daya default prosesor, melainkan panas yang dihasilkan prosesor dimana CPU Cooler harus menghilangkan panas dari chip untuk memungkinkannya berfungsi seperti yang benar-benar ditawarkan produsen.

Ibaratnya, kalian enggak mungkin memasangkan CPU Cooler low-end dengan nilai TDP rendah pada prosesor high-end, meskipun sebaliknya bisa sangat memungkinkan. Pilihan seimbang dengan nilai TDP yang sama bisa mencukupi, tapi terkadang masih kurang untuk fitur extra, seperti overclocking misalnya.

Nah, prosesor terbaru AMD Ryzen 7 5800X bisa jadi contoh yang baik bagaiman CPU Cooler handal bisa ngaruh pada performa. Inilah mengapa, menurut kami salah satu syarat penting sebelum kalian membeli prosesor tersebut adalah memiliki CPU Cooler yang benar-benar bisa memberikan suhu nyaman pada setiap performa yang ditawarkan melalui beban kinerja yang berbeda, bahkan untuk fitur OC sekalipun.

Beberapa CPU Cooler yang kami pakai saat ini mungkin enggak mewakilin semua pilihan yang udah ada di pasaran, namun bisa jadi ide yang baik untuk melihat performa sesungguhnya. Pilihan tersebut adalah :

  1. AMD Wraith Prism RGB
  2. Deepcool Castle 360EX
  3. Thermaltake TH240 ARGB
  4. Thermaltake TH360 ARGB
  5. Cooler Master MASTERLIQUID ML120L RGB

Beberapa pilihan mungkin enggak terlalu ideal buat pergi, meskipun ini bisa memberikan jawaban buat kalian yang sedang mencari solusi ideal untuk prosesor tersebut.

Average Clockspeed

Pertama adalah average clockspeed, dimana ini bisa sangat berpengaruh ketika kalian memakai CPU Cooler berbeda. Semakin tinggi bisa semakin baik, khususnya ketika pilihan default jadi prioritas utama kalian. Artinya bahwa, max boost clock prosesor akan dicapai sesuai dengan apa yang ditawarkan produsen prosesor, jika suhu memungkinkan untuk pergi. Nyatanya, kehadiran CPU Cooler sangat berpengaruh buat urusan ini.

Sebagai contoh, Stock cooler sekelas AMD Wraith Prism RGB maupun AIO MASTERLIQUID ML120L tampaknya enggak bisa memberikan sesuatu yang nyaman untuk prosesor sekelas Ryzen 7 5800X, bahkan clockspeed rata-rata saat sedang bekerja penuh terkadang menunjukan throttling dengan speed jauh lebih rendah dibanding CPU Cooler yang lebih handal.

Disisi lain, AIO 360 punya hal positif untuk Ryzen 7 5800X, meskipun seri TT 240 juga sebenernya masih mencukupi.

Suhu Rata-Rata

Wraith Prism RGB maupun AIO MASTERLIQUID ML120L cukup tinggi saat idle, meskipun pilihan Cooler Master sedikit lebih baik. Sedangkan antara Deepcool Castle 360EX, Thermaltake 240 ARGB, maupun Thermaltake 360 ARGB, ketiga pilihan tersebut bisa memberikan suhu yang cukup positif dan menarik untuk diungkap lebih dalam.

Namun, saat sedang bekerja penuh, misal saat melakukan pengetesan blender Open Data benchmark, semua CPU Cooler yang kami coba memberikan kinerja pendinginan yang berbeda. Contoh, Wraith Prism RGB bisa memberikan suhu rata-rata hingga 107° dan PC terkadang mati. Itu tentu sangat tidak nyaman untuk dilalui.

Disisi lain, AIO MASTERLIQUID ML120L masih belum memungkinkan untuk Ryzen 7 5800X dengan suhu bisa mencapai 99° celcius atau bahkan lebih. Sedangkan Thermaltake 240 ARGB bisa nyampe suhu hingga 90° celcius, masih cukup nyaman untuk pilihan default non OC. Hal terbaiknya, kedua pilihan AIO antara Thermaltake 360 ARGB maupun Deepcool Castle 360EX memberikan kinerja pendinginan positif dengan hasil masing-masing antara 85° hingga 87 ° celcius.

Overclocking

Overclocking Ryzen 7 5800X kini lebih mudah untuk dilakukan, hanya saja kehadiran CPU Cooler bakal berpengaruh banget untuk hasil tertinggi yang bisa kalian capai. Nyatanya, AIO MASTERLIQUID ML120L maupun Wraith Prism RGB belum memungkinkan untuk pergi, bahkan untuk OC mudah sampai 4.5Ghz sekalipun.

Sedangkan untuk 3 pilihan terakhir, hasil yang ditawarkan bervariasi. Thermaltake 240 ARGB belum bisa memberikan OC tertinggi, dimana ketika clockspeed 4.7 berlaku, suhu bisa sangat tinggi hingga 95° atau bahkan lebih.

Deepcool Castle 360EX masih cukup aman, meskipun agak riskan dengan suhu rata-rata hingga 92° Celcius. Sedangkan Thermaltake 360 ARGB bisa jadi pilihan ideal sebagai patokan utama kalian dengan suhu rata-rata hingga 88° celcius saat clockspeed 4.7 Ghz berlaku.

Gaming

Gaming mungkin enggak terlalu menuntut, meskipun ada pengaruhnya ketika kalian memakai CPU handal. Misal, framerate bakal jauh lebih efektif, termasuk suhu yang nyaman bahkan buat pemakaian lama sekalipun.

Cinebench R20

Dan kinerja yang ditawarkan bisa berbeda dan bisa berpengaruh ketika kalian memakai CPU Cooler yang solid atau jika dirasa kurang. Cinebench R20 bisa jadi patokan bagaimana perangkat pendingin prosesor bakal menghasilkan skor yang berbeda, yang setidaknya jadi pertanda kalo performa bervariasi.

Kesimpulan Awal

Gimana menurut kalian hingga sejauh ini? Meskipun enggak mewakili semua CPU Cooler yang udah hadir dipasaran hingga hari ini, setidaknya kita bisa mempelajari sesuatu yang berharga. Kenyataan bahwa prosesor Ryzen 7 5800X bisa memberikan kinerja paling ampuh ketika dipasangkan dengan CPU Cooler yang tepat.

Wraith Prism RGB maupun AIO MASTERLIQUID ML120L pastinya enggak nyaman untuk pergi, terlebih lagi pada dasarnya kedua CPU Cooler ini punya TDP yang berbeda dan lebih dikhususkan untuk prosesor menengah kebawah.

Sedangkan TT 240 masih mencukupi, walaupun beberapa skenario masih belum nyaman, termasuk kemampuan untuk mendinginkan OC yang masih agak terbatas. Beda halnya ketika sudah berhadapan dengan Deepcool Castle 360EX maupun Thermaltake 360 ARGB. Meskipun bukanlah yang terbaik, namun kedua CPU Cooler ini sangat mencukupi, termasuk fitur OC. Dan Thermaltake 360 ARGB bisa jadi sesuatu yang jauh lebih berharga dengan menjadi pilihan terbaik dari 5 pilihan yang udah kita coba.

Cuman Perlu dicatat nih, CPU Cooler yang handal biasanya bukan faktor utama untuk menentukan seberapa hebat pendingin ini bisa memberikan kenyamanan dalam suhu prosesor, namun faktor extra lainnya juga berpengaruh. Termasuk suhu disekitar, baik pada casing yang kalian pakai ataupun lingkungan. Dan kalian juga enggak usah cari pilihan yang mahal untuk memulai, namun disesuaikan dengan kebutuhan aja.

Baca Juga :



Comments
Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com

Leave a Comment

Recent Posts

Fujifilm Rilis Flagship Camera Terbaru GFX100 IR Yang Lebih Menggoda

Camera baru yang lebih canggih siap menyapa konsumen, salah satunya datang dari Fujifilm dengan seri…

10 hours ago

Perusahaan Scalper Ini Berhasil Amankan 3.500 konsol PS5, Siap Dijual kembali Dengan Harga Selangit

Calo alias Scalper tampaknya berperan besar dalam memperburuk situasi ketersediaan berbagai produk teknologi terbaru, entah…

11 hours ago

Berselisih Dalam Game DOTA, Karyawan Valve Gunakan Kekuasaannya Terlalu berlebihan

Selalu saja ada masalah dalam DOTA 2, namun jika seseorang menyalahgunakan kekuasaan untuk menekan pemain…

23 hours ago

Steam Autumn Sale 2020 Sudah Tiba, Game Seru & Diskon Besar Menanti

Steam Autumn Sale 2020 udah tiba, dan ini bisa jadi waktu terbaik kalian untuk mendapatkan…

1 day ago

Monster Hunter The Movie Siap Dirilis Bulan Depan

Jika kalian suka sekali dengan game Monster Hunter, maka versi Film yang siap diluncurkan bulan…

1 day ago

TEAMGROUP Elite A1 U3 MicroSD Card Review : Stabilitas Handal & Kapasitas Luas

Perangkat kecil dan punya banyak manfaat itu bisa berlaku buat urusan MicroSD Card. Dan salah…

1 day ago