5 Langkah Sederhana Atasi Masalah PC Yang Lemot

Selalu saja ada masalah pada PC, salah satunya yang sering kali hadir adalah, PC tiba-tiba sangat lemot, seperti loading sistem yang tiba-tiba lebih lambat, padahal kamu udah punya perangkat paling hebat didalamnya, termasuk SSD. Bagaimana caranya untuk Atasi Masalah PC Yang Lemot?

Sebenernya, ada langkah mudah buat mengatasi hal tersebut, bahkan cara paling sederhana pun bisa sangat efektif. Mau tau lebih? Simak selengkapnya dibawah ini.

Baca juga : Begini Cara Membatalkan Proses Upload Video Pada Instagram

Begini Cara Sederhana Atasi Masalah PC Yang Lemot

Biasanya, pengguna yang udah paham tentang PC mungkin bisa mengetahui langkah awal untuk solusi pastinya. Cuman, enggak semua orang tahu dan selalu saja ada pengguna baru di antara kita. Itu juga termasuk bagi pengguna laptop maupun desktop PC.

Masalah seperti loading sistem yang tiba-tiba lebih lambat dari biasanya jadi salah satu kendala. Nah, untuk mengatasi hal tersebut, kalian hanya perlu menjalankan beberapa langkah, diantaranya adalah :

Nonaktifkan Program Yang Berjalan Otomatis Saat Windows Start Up.

Ini tentu bakal ngebebani memori sistem, apalagi RAM yang kamu miliki punya kapasitas terbatas. PC pastinya akan sangat lambat, dan enggak banget deh buat dilalui.

Cara untuk mengatasinya, kalian hanya perlu pergi ke Task Manager à lihat dibagian opsi Startup, dan pilih aplikasi yang dirasa kalian enggak memerlukannya, namun ternyata itu sudah berjalan dilator belakang, atau punya dampak besar di startup. Klik disable program yang ingin kalian nonaktifkan.

Kalian juga bisa melakukan hal jauh lebih dalam dengan mengetik perintah msconfig di perintah Run (tombol Windows +R), lalu lihat dibagian opsi Services. Nonaktifkan beberapa aplikasi yang dirasa kalian enggak memerlukannya.

Hapus Program Yang Dirasa Tidak perlu

Langkah selanjutnya adalah mencegah kapasitas storage kepenuhan, apalagi di drive yang nampung sistem operasi. Minimal, kalian perlu menyisihkan kapasitas 30% bebas dari instalasi alias free space pada sistem agar Windows bisa dengan leluasa bekerja.

Untuk itulah, jika storage kalian penuh, apalagi SSD yang nampung Windows, kalian perlu menghapus aplikasi atau menghapus file yang dirasa udah enggak diperlukan lagi. Dan terkadang, aplikasi inilah yang bisa jadi biang keladi masalah PC jadi terasa lemot.

Hapus Internet Cache & Sampah Di Recycle Bin

File yang dihapus sebenernya enggak sepenuhnya menghilang dari sistem, melainkan masih ada di recycle bin. Dan ketika kamu browsing, cache atau file sementara juga bisa membuat sistem terasa agak lambat karena akan memakan kapasitas memori. Disinilah, kalian perlu menghapusnya secara teratur, meskipun enggak selalu setiap hari sih.

Nah, untuk menghapusnya secara manual, itu tentu butuh waktu. Oleh karena itu, memakai software ketiga seperti CCCleaner akan memudahkan semuanya dalam satu paket. Jadi, instal software ini agar sistem bisa tetap terjaga dengan baik.

Jaga Kondisi Suhu Tetap Ideal

Terkadang, salah satu penyebab PC jadi lemot adalah masalah panas. Biasanya, ketika komponen PC, misal prosesor memiliki suhu diatas rata-rata, performa akan menurun alias throttling. Dan hal tersebut berlaku untuk semua komponen yang bekerja, baik kartu grafis maupun storage.

Jadi, cegah kemungkinan semua hal tersebut terjadi (ataupun jika sedang terjadi). Cek suhu secara regular, baik saat idle ataupun saat sedang bekerja penuh. Idealnya, kalian perlu memiliki pendingin extra, seperti memasang kipas pada casing agar airflow baik ataupun jaga kondisi kebersihan perangkat dengan membersihkannya secara teratur. Debu bisa jadi salah satu penyebab suhu jadi panas. Atau ganti thermal pasta prosesor dan sebagainya.

Upgrade Komponen Penting

Terakhir, dan bisa jadi langkah pamungkas ketika semua hal tersebut belum memberikan kondisi ideal, maka upgrade perangkat penting bisa jadi solusi terbaiknya. Meskipun pengorbananya adalah keuangan, tapi kalian akan memiliki sistem yang jauh lebih baik dan efektif.

Salah satu langkah nyatanya adalah upgrade dari HDD ke SSD, perbedaan performa bakal jauh lebih nyata. Kemudian tambah kapasitas memori atau sepenuhnya ganti memori juga bakal membawa solusi berarti buat atasi semua masalah kalian pada PC.

Prosesor maupun motherboard bisa jadi langkah selanjutnya, namun dua hal yang udah kami sebutkan tampaknya bisa jadi awal untuk memulai.

Jadi, itu dia beberapa penjelasan singkat kami mengenai cara yang setidaknya bisa mengatasi masalah PC lemot, dimana itu seringkali terjadi pada kita semua, baik di laptop ataupun desktop. Jadi, semoga bermanfaat ya!

Baca Juga :



Comments
Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com

Leave a Comment

Recent Posts

Fujifilm Rilis Flagship Camera Terbaru GFX100 IR Yang Lebih Menggoda

Camera baru yang lebih canggih siap menyapa konsumen, salah satunya datang dari Fujifilm dengan seri…

7 hours ago

Perusahaan Scalper Ini Berhasil Amankan 3.500 konsol PS5, Siap Dijual kembali Dengan Harga Selangit

Calo alias Scalper tampaknya berperan besar dalam memperburuk situasi ketersediaan berbagai produk teknologi terbaru, entah…

7 hours ago

Berselisih Dalam Game DOTA, Karyawan Valve Gunakan Kekuasaannya Terlalu berlebihan

Selalu saja ada masalah dalam DOTA 2, namun jika seseorang menyalahgunakan kekuasaan untuk menekan pemain…

20 hours ago

Steam Autumn Sale 2020 Sudah Tiba, Game Seru & Diskon Besar Menanti

Steam Autumn Sale 2020 udah tiba, dan ini bisa jadi waktu terbaik kalian untuk mendapatkan…

21 hours ago

Monster Hunter The Movie Siap Dirilis Bulan Depan

Jika kalian suka sekali dengan game Monster Hunter, maka versi Film yang siap diluncurkan bulan…

1 day ago

TEAMGROUP Elite A1 U3 MicroSD Card Review : Stabilitas Handal & Kapasitas Luas

Perangkat kecil dan punya banyak manfaat itu bisa berlaku buat urusan MicroSD Card. Dan salah…

1 day ago