Thermaltake TH240 ARGB Sync : AIO Liquid Cooler Ramah Anggaran, Kinerja Solid

Ketika AIO Liquid Cooler jadi pilihan utama kalian dan butuh pilihan solid pada harga yang lebih masuk akal, maka Thermaltake TH240 ARGB Sync kayaknya bisa ideal buat dipertimbangin. Seri ini mungkin masih dalam itungan jajaran Budget CPU Cooler di barisan produk TT, tapi performa maupun estetika enggak kalah menariknya.

Cuman buat lebih lengkapnya, simak penjelasan kami dibawah ini.

Baca juga : Thermaltake S300 TG Snow Edition : Apa Yang Bisa Kalian Harapkan Sepenuhnya

Thermaltake TH240 ARGB Sync : Apa Yang Kami Ketahui Sejauh ini

Thermaltake TH240 ARGB Sync pada dasarnya punya harga enggak terlalu mahal di kisaran 1.2 jutaan, punya kompabilitas yang baik, termasuk dukung prosesor AMD soket AM4 ataupun Intel LGA 1200 dengan ketersediaan braket all in one. Setidaknya, beberapa poin ini jadi salah satu daya Tarik urama AIO liquid cooler tersebut. Disisi lain,

Desain juga enggak kalah kerennya, RGB pula dan pastinya kinerja. Saat kalian beli tuh AIO, ada beberapa item yang bakal kalian dapat dapetin, diantaranya :

AIO ini memiliki radiator 240mm dengan panjang sekitar 27cm, lebar 12cm dan ketebalan sekitar 2.7cm. Pada dasarnua, CPU Cooler ini enggak bakal butuh ruang extra pada case, bahkan masih bisa dipasang pada case kecil, meskipun kalian perlu liat kompablitas ketebalan maksimum maupun jumlah fan yang bisa didukung casing.

Buat urusan fan, ada dua pilihan dengan ukuran 120mm. fan diklaim punya kinerja tinggi dengan maks rotation per minute hingga 1500RPM, dukungan RGB, dan kinerja cukup tenang dengan noise level hingga 28 dB. Nah, setiap fan punya dua konektor, antara 4 pin header dan 3 pin buat dukung lighting, plus kabel yang sangat panjang.

Itu tentu butuh konektor extra buat nyambunginnya ke mobo. Untungnya, AIO udah punya paket cukup lengkap, bahkan kalian bisa menyambungkan tanpa konektor extra antara fan maupun pompa, meskipun produsen juga ngasi bonus konektor extra buat nyambungin ke mobo. Cuman, buat singkron, kami rasa kalian perlu beli konektor ARGB buat singkron lightingnya ke mobo, karena kami enggak nemuin konektor ini di dus. Meskipun dalam paket penjualan ada sih pilihan tersebut.

Softube memiliki panjang 40cm, cukup ideal plus kualitas materi rubber maupun finishing yang rapi. Keliatanlah wibawanya, yang terkadang juga bawa sajian menarik selain desain secara keseluruhan. Hal yang sama juga berlaku buat bagian pompa, yang sama-sama punya ciri khas menarik TT, termasuk estetika yang enggak kalah kerennya. Meskipun, preferensi setiap orang bisa beda-beda sih.

TT sendiri menawarkan Garansi TH240 ARGB Sync cukup panjang hingga dua tahun. Enggak ada service yang ditawarin, cuman produsen ngejanjiin kalo ada masalah, itu bakal diganti sepenuhnya. Sesuatu yang menggoda bukan, meskipun kualitas yang udah hadir kayaknya bakal bertahan jauh lebih lama.

Spesifikasi Inti Thermaltake TH240 ARGB Sync
PUMP Rated Voltage: 12 V / 5V
Rated Current : 0.37 A / 0.12A
Motor Speed : 3300 R.P.M
WATER BLOCK Material: Copper
FAN Dimension: 120 x 120 x 25 mm
Speed: 1500 RPM
Noise Level: 28.2 dB-A
Rated Voltage: 12 V & 5 V
Max. Air Flow: 59.28 CFM
Connector: 2510–4 Pin , 5 V ARGB header–3 Pin
TUBE Length: 400 mm
Material: Rubber
RADIATOR Dimension: 273x 120 x 27 mm
COMPATIBILITY Intel LGA 1200/1156/1155/1151/1150/775
AMD FM2/FM1/AM4/AM3+/AM3/AM2+/AM2
HARGA Rp1.270.000

Perlu dicatet juga nih, seri AIO TH ARGB Sync dari TT ini sebenernya punya pilihan 3 pilihan konfigurasi buat urusan radiator, mulai dari 120mm, 240 dan 360mm. Jadi, produk ini lengkap dan harganya pun enggak terlalu mahal.

Kinerja

Bagaimana dengan performa? Mungkin kita enggak ngebandingin sama brand lain yang sekelas, cuman ada banyak hal positif saat kalian dapatinnya sebagai CPU Cooler upgrade. Contoh, ketika kami sebelumnya make Wraith Prism RGB buat Ryzen 7 3800X, suhu idle bisa berada di kisaran 50° celcius, kinerja gaming bisa berada dilevel 75 sd 85°, dan hal paling enggak nyenenginnya saat semua core bekerja penuh. Itu bisa nyampe suhu diatas 90°, bahkan masih dalam pilihan default loh tanpa OC.

Disinilah, TT TH240 ARGB Sync bisa jadi solusi jitu buat kenyamanan, entah itu buat urusan suhu, kinerja fan yang tenang plus OC yang enggak terlalu extrem.

Contoh nyatanya, suhu idle bisa signifikan dengan rata-rata hingga 45° celcius dengan perbedaan kinerja sekitar 10%. Cukup baik, dan itu lebih positif saat kinerja gaming maupun saat semua core sedang bekerja penuh.

Suhu saat sedang main game rata-rata cuman nyampe hingga 62° celcius, dimana sebelumnya bisa nyampe 77° dengan perbedaan performa hingga 24%. Sedangkan saat sedang bekerja penuh, seperti saat tes Cinebench ataupun rendering, suhu lebih positif dengan rata-rata hingga 82, bahkan tetep stabil dimana sebelumnya suhu rata-rata bisa nyampe 92° celcius. Kinerja yang ditawarin punya selisih hingga 12%.

Gimana dengan OC? AIO TH240 ARGB Sync masih solid kok, kalo dibandingin sama default CPU Cooler dengan perbedaan sekitar 12%. Contoh, ketika speed berlaku pada 4.4Ghz, suhu saat sedang bekerja tinggi masih bisa bertahan pada 85°, jauh berbeda dibanding wraith prism yang bisa nyampe 97° celcius. Hal terbaiknya, fan masih tenang dan enggak terlalu ngeganggu.

Kesimpulan

Suka atau enggak, Thermaltake TH240 ARGB Sync kami rasa bisa banget buat rekomendasi utama saat kalian sedang nyari AIO Liquid Cooler solid pada harga yang lebih masuk akal. Karena dengan modal cuman sekitar 1.2 jutaan, kalian udah bisa dapetin CPU Cooler handal dari sisi performa, estetika, kualitas, dan tentu aja cakupan garansi penuh hingga 2 tahun.

Cuman, bukan berarti AIO ini enggak sepenuhnya punya nilai positif, karena sisi minus yang hadirpun ada. Contoh, ngatur AIO pada posisi yang kalian inginkan agak ribet, dan softube enggak terlalu ramah buat urusan ini. Kabel fan juga agak terlalu panjang, jadi kalian butuh waktu extra buat ngaturnya, dan cukup banyak pilihan yang hadir. Harus extra sabar saat mau masang AIO ini. Cuman, minus enggak terlalu signifikan sih, termasuk nilai secara keseluruhan.

Gimana hasilnya? Thermaltake TH240 ARGB Sync pada dasarnya bisa jadi upgrade berharga saat kalian nyari pengganti ideal dibanding stock cooler. Estetikanya dapet, kinerja muantep, tenang, dan harga juga enggak terlalu mahal. Itu sih yang jadi poin penting dari AIO ini.

Nah, itu dia ulasan singkat kami tentang Thermaltake TH240 ARGB Sync. Meskipun belum kita ungkap semua, yang pasti sih semoga bermanfaat.

Baca Juga :



Comments
Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com

Leave a Comment

Recent Posts

Fujifilm Rilis Flagship Camera Terbaru GFX100 IR Yang Lebih Menggoda

Camera baru yang lebih canggih siap menyapa konsumen, salah satunya datang dari Fujifilm dengan seri…

8 hours ago

Perusahaan Scalper Ini Berhasil Amankan 3.500 konsol PS5, Siap Dijual kembali Dengan Harga Selangit

Calo alias Scalper tampaknya berperan besar dalam memperburuk situasi ketersediaan berbagai produk teknologi terbaru, entah…

9 hours ago

Berselisih Dalam Game DOTA, Karyawan Valve Gunakan Kekuasaannya Terlalu berlebihan

Selalu saja ada masalah dalam DOTA 2, namun jika seseorang menyalahgunakan kekuasaan untuk menekan pemain…

22 hours ago

Steam Autumn Sale 2020 Sudah Tiba, Game Seru & Diskon Besar Menanti

Steam Autumn Sale 2020 udah tiba, dan ini bisa jadi waktu terbaik kalian untuk mendapatkan…

22 hours ago

Monster Hunter The Movie Siap Dirilis Bulan Depan

Jika kalian suka sekali dengan game Monster Hunter, maka versi Film yang siap diluncurkan bulan…

1 day ago

TEAMGROUP Elite A1 U3 MicroSD Card Review : Stabilitas Handal & Kapasitas Luas

Perangkat kecil dan punya banyak manfaat itu bisa berlaku buat urusan MicroSD Card. Dan salah…

1 day ago