Update VBIOS Terbaru ROG Strix RX 5600 XT : Dobrak Batas Performa Hingga 14 Gbps

Radeon RX 5600 XT itu menyimpan banyak misteri, kinerja yang ditawarin bahkan bisa melebihi harapan kalian dan punya potensi jauh lebih baik (atau sebaliknya). Sebagaimana apa yang kami coba pada seri ASUS ROG Strix RX 5600 XT TOP Edition (OC Edition) baru-baru ini, ketika kemarin produsen mengumumkan update VBIOS terbaru yang memungkinkan peningkatan memory speed hingga 14 Gbps.

Itu berarti potensi kinerja yang ditawarkan pada kartu grafis tersebut bisa jauh lebih menarik, dimana secara default hadir dengan memory speed 12Gbps. Hanya saja, VBIOS terbaru ini berlaku untuk seri tertentu, dimana ASUS sendiri menekankan hanya untuk seri tertentu saja, yaitu seri ROG Strix OC Edition dan TUF Gaming X3 EVO OC Edition.

Baca juga : ASUS ROG STRIX RX 5600 XT TOP Edition Review : Apa Yang Bisa Kalian Harapkan Sepenuhnya

ASUS ROG Strix RX 5600 XT TOP Edition : VBIOS Update

Sebelumnya, AMD sendiri menerapkan update VBIOS terbaru untuk seri RX 5600 XT yang memungkinkan perubahan spesifikasi dari GPU Clockspeed maupun memori speed lebih tinggi. Hanya saja, kecepatan memori setelah diterapkan VBIOS baru masih tetap sama pada 12Gbps, yang berubah adalah GPU Clockspeed hingga diatas 1700Mhz.

Secara utuh, peningkatan clockspeed bisa memberikan kinerja jauh lebih baik. Tapi jika VGA tersebut bisa memberikan peningkatan performa penuh dengan kecepatan 14Gbps, RX 5600 XT punya hasil jauh lebih sempurna.

Disinilah, para insinyur ASUS telah menemukan bahwa hanya kartu grafis dengan PCB khusus yang bisa mengangkat wibawa RX 5600 XT jauh lebih sempurna, khususnya untuk peningkatan kecepatan memori hingga 14 Gbps. Artinya bahwa PCB khusus tersebut bisa mengatasi kecepatan tinggi sambil tetap mempertahankan stabilitas dalam permainan maupun aplikasi. Fitur inilah yang sangat penting bagi pengguna demi terciptanya kinerja yang jauh lebih positif.

Hingga pada akhirnya, ASUS menemukan bahwa hanya seri ROG Strix RX 5600 XT OC Edition maupun TUF Gaming X3 Radeon RX 5600 XT EVO OC Edition yang bisa memiliki kecepatan memori tinggi hingga 14 Gbps. Nyatanya, kedua pilihan VGA tersebut pada dasarnya dikhususkan untuk mencapai potensi kinerja paling tinggi dengan beban yang sangat menuntut, sehingga ideal untuk menerima upgrade besar.

Performa

Pertanyaannya, apakah setelah menerima update VBIOS terbaru ini kinerja secara nyata bisa jauh lebih baik? Kami langsung mencoba update bios terbaru ini dan melihat gambaran utuh tentang perbedaan kinerja saat sebelum di update, update pertama dengan speed 12 Gbps dan update terbaru Version VRAM OC TOOL V1.

Hasilnya, boosting performa 14 Gbps pada beberapa game tertentu di resolusi 1080p memiliki makna positif dengan perbedaan nilai Frame rate sangat signifikan. Contohnya di game Shadow Of The Tomb raider, hasil VBIOS terbaru memberikan perbedaan kinerja hingga 8.1%, dengan Fps rata-rata hingga 93 dibanding versi sebelumnya yang mencapai Fps 86.

Hasil tes pada Gears 5 juga memberikan selisih perbedaan kinerja yang cukup baik hingga 2%, dengan selisih hanya terpaut 2Fps aja antara 97 dan 95 saat Vbios pertama berlaku.

Battlefield V maupun Star Wars Jedi: Fallen Order juga menunjukan peningkatan yang berarti dengan memiliki perbedaan Fps masing-masing hingga 4% dan 7%. Meskipun hanya terpaut beberapa angka saja, namun itu bisa memberikan perbandingan kinerja nyata dibanding update sebelumnya, bahkan menurut kami kini spesifikasi yang hadir hampir sebanding dengan seri RX 5700 non XT.

Bagaimana dengan konsumsi daya dan suhu, apakah bertambah secara signifikan? Suhu idle naik hingga 52° celcius dari rata-rata 49 ° Celcius, sedangkan untuk performa suhu masih tetap sama antara 60° celcius hingga 65° celcius. Apalagi pendingin pada seri Strix pada dasarnya kini lebih disempurnakan dengan kinerja yang jauh lebih ok.

Sedangkan untuk konsumsi daya, kenaikan tidak terlalu signifikan, meskipun ada penambahan dari 135 Watt hingga 137 Watt dengan perbedaan hingga 1.4%.

Kesimpulan

Suka atau tidak, kehadiran update bios terbaru ini bisa memberikan kinerja jauh lebih nendang, meskipun hanya berlaku untuk seri ASUS ROG Strix RX 5600 XT TOP Edition (OC Edition) maupun TUF Gaming X3 Radeon RX 5600 XT EVO OC Edition. Kita belum bisa memastikan apakah VBIOS terbaru ini bisa berlaku juga untuk brand lain pada kelas premium atau tidak.

Namun yang pasti, kehadiran update VBIOS yang bisa memberikan peningkatan memory speed 14 Gbps pada RX 5600 XT, khususnya untuk ROG Strix RX 5600 XT TOP Edition (OC Edition) nyatanya akan memberikan performa jauh lebih positif, meskipun untuk mencapai hasil sempurna tersebut kalian memerlukan proses yang cukup ribet, khususnya saat mau melakukan update VBIOS . Disamping itu, stok yang udah ada pasaran juga masih memiliki pilihan default.

Tapi terlepas dari itu semua, memiliki ASUS ROG Strix RX 5600 XT TOP Edition (OC Edition) diibaratkan seperti memiliki senjata rahasia yang terpendam, dimana kita perlu membongkarnya sendiri untuk memperlihatkan potensi sejatinya. Meskipun, jika kalian merasa bahwa pilihan default sudah cukup dan enggak ingin ribet untuk urusan updating VBIOS, maka itu akan baik-baik saja. Namun jika kalian ingin memaksimalkan kinerja tuh VGA, tentu hal jauh lebih seru dari apa yang bisa ditawarkan siap menanti. Kalian bisa mengunduh update VBIOS tersebut disini.

Baca Juga :



Comments
Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com

Leave a Comment

Recent Posts

Fujifilm Rilis Flagship Camera Terbaru GFX100 IR Yang Lebih Menggoda

Camera baru yang lebih canggih siap menyapa konsumen, salah satunya datang dari Fujifilm dengan seri…

13 hours ago

Perusahaan Scalper Ini Berhasil Amankan 3.500 konsol PS5, Siap Dijual kembali Dengan Harga Selangit

Calo alias Scalper tampaknya berperan besar dalam memperburuk situasi ketersediaan berbagai produk teknologi terbaru, entah…

14 hours ago

Berselisih Dalam Game DOTA, Karyawan Valve Gunakan Kekuasaannya Terlalu berlebihan

Selalu saja ada masalah dalam DOTA 2, namun jika seseorang menyalahgunakan kekuasaan untuk menekan pemain…

1 day ago

Steam Autumn Sale 2020 Sudah Tiba, Game Seru & Diskon Besar Menanti

Steam Autumn Sale 2020 udah tiba, dan ini bisa jadi waktu terbaik kalian untuk mendapatkan…

1 day ago

Monster Hunter The Movie Siap Dirilis Bulan Depan

Jika kalian suka sekali dengan game Monster Hunter, maka versi Film yang siap diluncurkan bulan…

2 days ago

TEAMGROUP Elite A1 U3 MicroSD Card Review : Stabilitas Handal & Kapasitas Luas

Perangkat kecil dan punya banyak manfaat itu bisa berlaku buat urusan MicroSD Card. Dan salah…

2 days ago