Site icon Murdockcruz

8 Fitur Unggulan MacOS Mojave Bagi Pengguna & Syarat Umum Untuk Upgrade

MacOS Mojave resmi dirilis dua bulan lalu, atau tepatnya tanggal 24 september 2018. Sistem operasi terbaru dari Apple ini merupakan seri terbesar kelima yang dirilis untuk produk Mac, baik pada lini desktop maupun laptop. Nah, pertanyaannya, seberapa hebat sih sistem operasi terbaru ini jika dibandingkan dengan seri lama? Dan bagaimanakah cara mengupgradenya?

MacOS terbaru ini menawarkan sesuatu yang jauh lebih hebat bagi pengguna, terlebih lagi beberapa sajian fitur unggulan yang ditawarkan Apple yang bisa merevolusi apa yang menjadi nilai standar seri sebelumnya jauh lebih mengesankan. Dibawah ini, kami hadirkan beberapa nilai keunggulan dari apa yang bisa ditawarkan MacOS Mojave, termasuk persyaratan minimum pengguna yang ingin mengupgrade sistem lama pada pilihan terbaru.

Baca juga : Buyer’s Guide : Alasan Utama Untuk Membeli Sebuah MacBook (Atau Tidak)

8 Fitur Unggulan MacOS Mojave Bagi Pengguna

Menurut Apple, macOS Mojave banyak memberikan perubahan besar, termasuk membawa beberapa aplikasi iOS ke desktop, seperti Apple News, Voice Memo, dan Home. Namun, untuk lebih detailnya mengenai beberapa fitur unggulan yang ditawarkan sistem operasi terbaru dari Apple ini, mari kita liha selengkapnya dibawah ini.

1. Dark Mode

Mac akhirnya memiliki Dark Mode sejati berkat fitur yang ditawarkan macOS Mojave, dimana kita bisa mengaturnya di aplikasi System Preferences. Dark Mode ini bisa memengaruhi seluruh sistem, mulai dari aplikasi Apple itu sendiri seperti Foto dan iTunes hingga pada hampir semua fitur, termasuk filter pengguna. Dark moder ini bahkan bekerja di lingkungan pemrograman Apple Xcode, yang membuat kegiatan pengkodean bisa jauh lebih mudah di mata.

2. Dynamic Desktop

Seperti halnya apa yang terjadi didunia, MacOs Mojave ini memiliki perubahan waktu yang dinamis, yang bisa disesuaikan dengan waktu yang kamu gunakan saat ini. Mereka mengatakan bahwa ini membawa perubahan besar dalam urusan sistem operasi, yang terasa jauh lebih hidup. Desktop yang disajikan akan berubah ketika saat keadaan pagi, siang ataupun malam sesuai dengan apa yang kamu alami.

3. Stacks

Inti dari fitur ini adalah kemudahan untuk mebuat hidup kita jauh lebih teratur, termasuk dalam urusan pekerjaan. Dengan hadirnya Stacks, fitur ini akan langsung mengatur semua konten acak di desktop pengguna menjadi kumpulan dokumen kecil yang terletak di sisi kanan layar. Stacks dapat diatur berdasarkan jenis file, tanggal, atau tag.

4. Tampilan Baru App Store Mac

Apple tampaknya mendesain ulang Mac App Store dari bawah ke atas khusus untuk MacOS Mojave. Dan perubahan terbesar dari  App Store Mac hadir dari sisi visual. Pengguan sekarang bisa melihat video yang diputar secara otomatis, dan bahkan artikel, tentang aplikasi populer di toko, sehingga kamu dapat mempelajari lebih lanjut tentang aplikasi sebelum mengunduhnya.

5. Alat screenshot yang jauh lebih baik

Dengan hadirnya seri MacOS Mojave terbaru, salah satu kelebihan dari OS ini adalah kemudahan dalam kegiatan proses merekam atau screenshot apa pun yang ada di layar pengguna. Apple memperkenalkan menu screengrabbing, dimana ini alat perekam ini seperti penghitung waktu hitung mundur, kemampuan untuk menampilkan atau menyembunyikan kursor dalam pengambilan gambar, dan cara baru untuk berbagi dan mengatur tangkapan layar pengguna dengan cepat.

6. Continuity Camera

Apple juga membuat fitur Continuity, dimana ini memungkinkan pengguna mengambil foto atau memindai objek melalui ponsel kamera iPhone, dan secara otomatis akan hadir didepan layar MacOS Mojave. Selain itu, Fitur yang disebut “Continuity Camera,” ini juga berfungsi untuk banyak hal yang bisa jauh memudahkan pengguna, termasuk Finder, Mail, Messages, Notes, Pages, Keynote, dan Numbers.

7. Quick Look

Dengan hadirnya Quick Look, fitur ini memungkinkan pengguna untuk melakukan tindakan tertentu pada file atau dokumen tanpa harus benar-benar membuka aplikasi. Intinya, melalui MacOS Mojave, kamu dapat menggunakan Quick Look untuk mengaktifkan alat Markup, seperti menambahkan tanda tangan kamu sendiri, memutar dan memotong gambar, atau bahkan mengedit dan memangkas video.

8. Fitur Keamanan Yang Jauh Lebih baik

Tentu, kita semua mengakui bahwa perangkat Apple dikenal dengan fitur keamanannya yang luar biasa. Dan kehadiran MacOS Mojave bisa memberikan kontrol yang jauh lebih besar pada data pengguna, sehingga sajian keamanan yang dihadirkan akan jauh lebih baik.

Setiap aplikasi harus mendapatkan persetujuan pengguna sebelum mereka dapat mengakses kamera atau mikrofon Mac. Ini juga berlaku jika aplikasi mencoba mengakses riwayat Pesan atau basis data Mail pengguna. Dan sekarang, sistem keamanan secara default di macOS Mojave juga akan melindungi lebih banyak aspek dari data Anda, termasuk hadirnya Intelligent Tracking Prevention system.

Cara Untuk mendapatkan MacOS Mojave

Sebelum kamu memulai, sebaiknya lihat spesifikasi minimum untuk bisa mendapatkan sistem operasi terbaru ini, dengan sistem persyaratan spesifikasi umum adalah :

Persyaratan Mac Hardware :

Nah, ketika sistem kamu sudah siap dan layak untuk mendapatkan sistem operasi terbaru MacOS Mojave, backup terlebih dahulu semua file penting kamu agar jika terjadi sesuatu yang salah, semua file tersebut bisa dengan mudah untuk dikembalikan. Dan ternyata, mengupgrade sistem operasi terbaru ini cukup mudah untuk dijalankan, dimana hal yang perlu kamu lakukan adalah pergi ke halaman MacOS Mojave di App Store. Klik tombol unduh dan ikuti petunjuk selanjutnya di layar untuk memulai upgrade.

 Baca Juga :



Comments
Exit mobile version