Site icon Murdockcruz

MSI A320M PRO-VD/S Overview : Motherboard Solid Untuk Budget Ketat

MSI A320M PRO-VD/S – Kadangkala, kita tidak selalu membutuhkan perangkat terbaik untuk memulai, karena dengan pilihan yang sederhana juga terkadang bisa memenuhi semua impian kita. Dan hal tersebut berlaku untuk pilihan motherboard, apalagi ketika kita berencana untuk membeli sebuah prosesor AMD Ryzen Raven Ridge terbaru dengan kekuatan GPU handal, maka pilihan motherboard seri A320 juga sebenarnya bisa memenuhi semua kebutuhan anda, apalagi jika anda tidak mau repot dalam hal urusan OC.

Dan ketika anda masih dilanda kebingungan untuk memilih yang ideal, apalagi keterbatasan anggaran benar-benar menyesakan suasana, maka kehadiran dari MSI A320M PRO-VD/S bisa menjadi pertimbangan utama. Karena selain memiliki harga yang sangat terjangkau, apa yang dimiliki mobo tersebut benar-benar bisa diandalkan, baik dari beberapa fitur terbaiknya termasuk kualitas yang dihadirkan. Hasilnya, kinerja bisa menjadi jauh lebih stabil dan tentunya akan memberikan suasana yang lebih meriah untuk semua pengalaman anda.

Baca juga : Motherbord Mining Overview : Gigabyte B250-FinTech

MSI A320M PRO-VD/S : Desain

Produsen yang sangat populer ini benar-benar tahu bagaimana membungkus sebuah produk entry level dengan pilihan yang solid. Dengan kisaran harga sekitar 800 ribuan, konsumen akan dihadirkan sebuah motherboard modern yang memiliki cukup fitur dalam memenuhi semua kebutuhan pengguna hari ini. Meskipun seri tersebut memiliki keterbatasan, namun anda tidak akan terlalu melihat banyak perngorbanan, apalagi dukungan memori dan beberapa port inti bisa sangat berguna bagi pengguna.

MSI A320M PRO-VD/S

Melihat dari segi desain, MSI A320M PRO-VD/S nyatanya mungkin bukan yang terbaik dalam urusan tersebut, namun aspek lain yang membuat kita nyaman adalah pilihan yang dibangun dari kualitas solid. Mereka mengatakan bahwa seri Pro nyatanya menggabungkan kualitas dengan performa sebagai kombinasi ampuh, dan ini bisa menjadi solusi bisnis yang cerdik bagi pengguna yang berencana untuk mengambil sisi keuntungan dari pilihan mobo tersebut.

Motherboard ini memiliki faktor bentuk M-ATX atau Micro ATX, artinya bahwa anda tidak perlu memiliki casing besar untuk menampungnya. Melainkan, sebuah pilihan casing sederhana dengan bentuk kecil juga sudah bisa menerima kehadiran mobo tersebut, apalagi jika anda berencana untuk menghadirkan sebuah mesin kecil yang kompak. Tidak ada sesuatu yang mewah pada motherboard ini, apalagi kehadiran lampu serba gemerlap, sebaiknya jangan mengharapkan semua hal tersebut.

Warna dasar hitam terhampar luas pada papan PCB, dimana mereka mengklaim bahwa pilihan papan ini menggunakan komponen kualitas terbaik dan mengintegrasikan inovasi teknologi terbaru, sehingga memastikan motherboard bisa tetap memiliki performa yang stabil, tahan lama dan berkinerja tinggi. Artinya bahwa pilihan mobo ini mungkin sangat sederhana, namun bisa membawa sesuatu yang jauh lebih tangguh untuk kinerja yang lebih baik.

Spesifikasi

MSI A320M PRO-VD/S mungkin memiliki sedikit fitur, namun apa yang dibawa pilihan motherboard murah ini bisa dan sangat cukup memadai untuk semua kebutuhan kita. Dimulai dari dukungan prosesor, meskipun motherboard ini tidak mendukung untuk fitur Overclocking, namun nyatanya dukungan untuk barisan prosesor tangguh seperti Ryzen sudah menjadi isyarat bahwa mobo tersebut bisa memberikan performa ideal. Ya, motherboard ini sudah mendukung barisan prosesor seri AMD RYZEN dan prosesor 7 Gen A-series / Athlon untuk soket AM4, termasuk pilihan CPU baru Raven Ridge.

Sesuai dengan namanya, pilihan motherboard ini memiliki chipset A320. Pilihan ini tentu dikhususkan bagi pengguna yang hanya membutuhkan fitur plug-and-play pada PC untuk sekedar “bekerja saja”. Menurut AMD, chipset AMD20 A320 menyediakan platform sederhana dan stabil dan itu lebih dari cukup, termasuk untuk pilihan konektivitas dan bandwidth yang bisa memuaskan pengguna rumahan dan penggemar media dengan anggaran ketat.

Dukungan memori yang hadir pada mobo ini nyatanya bisa jauh lebih ideal hingga pilihan memori DDR4 3200 (OC). Ini bisa menjadi ide yang baik bagi anda yang nantinya hanya akan mengandalkan kekuatan memori tinggi untuk iGPU, seperti apa yang ditawarkan oleh prosesor Ryzen G series terbaru yang mempesona. Selain itu, ia juga mendukung fitur dual channel memori yang tersedia dengan pilihan dua slot yang disediakan produsen. Dan untuk menyempurnakan pilihan ini, mobo tersebut mampu mendukung kekuatan memori hingga 32GB.

Sedangkan untuk urusan slot PCIe, tentu kita harus puas dengan hanya sebuah slot PCIe X16 generasi 3.0 dan 3 buah slot PCIe X1 untuk fitur tambahan. Ini bisa menjadi solusi lain ketika anda nantinya berencana untuk menambah kekuatan Dedicated GPU yang jauh lebih ampuh untuk bermain game, selain itu produsen juga menyediakan 4 buah slot SATA III standar, tidak ada pilihan extra didalamnya namun pilihan tersebut sudah cukup ideal. Dan jangan harap ketersedian slot M.2 dihadirkan pada mobo entry level ini.

Konektivitas Port

Ada total 6 port USB yang dihadirkan mobo MSI A320M PRO-VD/S pada bagian belakang, dimana pilihan ini bisa cukup memadai untuk kebutuhan konektivitas termasuk untuk transfer data dengan kecepatan tinggi. 4 pilihan utama hadir dalam bentuk port USB 3.1 yang benar-benar bisa diandalkan dalam kinerja, sedangkan sisanya memiliki port USB 2.0 sebagai pilihan standar. Selain itu, produsen juga menyediakan konetivitas port USB untuk bagian depan dengan pilihan solid, yakni dua port USB 3.1  dan 4 pilihan Port USB 2.0.

Pilihan lainnya yang terhitung layak adalah kehadiran port Audio yang dihadirkan baik untuk bagian depan maupun belakang. Tidak ada pilihan yang istimewa untuk urusan audio namun masih menjanjikan kualitas audio yang ideal dengan fitur 7.1-Channel High Definition Audio. Hadir pula sebuah port LAN yang mendukung koneksi yang sangat baik, dimana pilihan tersebut mampu mendukung kinerja kecepatan mulai dari 10 sampai 1000 Mbs.

Sedangkan untuk konektivitas display, dan ini mungkin menjadi salah satu faktor utama pengguna yang nantinya akan mengandalkan pilihan iGPU sebagai grafis utamanya, mobo tersebut nyatanya sudah memiliki dua port yang cukup baik. Sebuah port DVI-D bisa memberikan sesuatu yang istimewa pada mobo entry level tersebut, dan untuk melengkapi pilihan ini, produsen juga menghadirkan pilihan Port VGA sebagai pilihan terendah. Sayangnya, tidak adanya port HDMI kadangkala bisa menjadi sisi minus pada mobo tersebut.

Fitur Unggulan

Ada 6 faktor yang dihadirkan produsen pada motherboard tersebut, dan bisa menjadi kunci bagaimana idealnya pilihan ini layak untuk dipertimbangkan, diantarnya adalah :

Kesimpulan

MSI A320M PRO-VD/S mungkin bukanlah pilihan motherboard terbaik dengan pilihan serba mewah yang biasa hadir di kelas paling atas, namun pilihan ini menjanjikan sesuatu yang solid baik untuk urusan kinerja maupun kualitas. Selain itu, harga yang ditawarkan benar-benar menggiurkan, apalagi jika anda benar-benar terbatas pada anggaran yang ketat. Seri motherboard A320 nyatanya lebih dikhususkan bagi pengguna yang lebih memilih jalan sederhana, tidak mau repot dalam urusan overclocking, namun masih menginginkan kinerja yang solid pada sistem.

Intinya, motherboard ini akan memberikan kelas tersendiri yang bisa menghadirkan sesuau yang solid pada kinerja defaultnya. Apalagi ada banyak kemudahan yang dihadirkan produsen melalui motherboard tersebut, seperti fitur bios dengan interface yang sangat baik dan sebagainya. Jadi, MSI A320M PRO-VD/S sangat layak untuk dipertimbangkan sebagai pilihan motherboard entry level dengan kisaran harga dibawah 1 jutaan. Pilihan ini juga bisa disandingkan dengan CPU terbaru AMD Raven Ridge dengan sedikit catatan, tentunya anda perlu mengupgrade bios terbaru agar bisa mendukungnya.

 Baca Juga :




Exit mobile version