Smartphone VS Ponsel “Biasa”, Adakah Letak Perbedaannya?

Smartphone VS Ponsel “Biasa”, Adakah Letak Perbedaannya?

Kadangkala kita suka sedikit bingung mengenai istilah antara smartphone alias ponsel pintar dengan ponsel biasa tanpa ada kata “pintar” didalamnya. Hampir semua orang tahu apa itu ponsel dimana ini adalah perangkat kecil yang bisa anda pegang di tangan sehingga memungkinkan kita membuat panggilan telepon saat dalam perjalanan. Namun, menambahkan kata “pintar” dalam paduan tersebut bisa membingungkan, apakah tidak semua ponsel itu pintar? jadi Smartphone VS Ponsel , dimana letak perbedaannya?

Membedakan antara kedua istilah itu kurang lebih merupakan sesuatu yang semantik. Sebenarnya tidak masalah jika kita menyebut contohnya Galaxy S sebagai ponsel suatu hari nanti disaat yang sama kita bisa mengatakan ia sebagai sebuah smartphone berikutnya. Namun, berikut adalah beberapa tip yang sebenarnya bisa membantu kita dalam memahami mengapa beberapa orang menggunakan kata ponsel dan yang lainnya menggunakan ponsel cerdas atau smartphone dan mengapa smartphone kadang disebut ponsel tapi tidak sebaliknya.

Catatan: Beberapa ponsel disebut ponsel (tidak ada spasi) atau telepon seluler. Mereka semua berarti hal yang sama dan bisa digunakan secara bergantian.

Smartphone itu sama dengan ponsel biasa, tapi ponsel tidak sama dengan Smartphone

Ketika anda memikirkan smartphone, ia itu layaknya sebuah komputer mini yang juga bisa berbagi tempat untuk berkomunikasi seperti memanggil dan menerima panggilan. Kebanyakan smartphone memiliki toko virtual dengan beribu ribu aplikasi yang memungkinkan anda untuk mengubah ponsel menjadi sesuatu yang jauh lebih pintar daripada sekeda ponsel biasa. Di sinilah kita mendapatkan istilah “smartphone.”

Beberapa aplikasi smartphone mencakup game, editor gambar, peta navigasi, dan beberapa lainnya ada pilihan browser web. Beberapa ponsel mengambil langkah bahkan lebih jauh dan memberi anda asisten virtual built-in, seperti Siri Apple iPhone, sesuatu yang dapat disetujui semua orang yang membuat ponsel jauh lebih pintar daripada tanpa kehadirannya.

Cara lain untuk memahami perbedaan antara smartphone dan ponsel adalah dengan menyadari bahwa smartphone memiliki kemampuan fungsi yang sama sebagai ponsel namun tidak semua ponsel memiliki kemampuan yang sama sebagai smartphone sejati. Dengan kata lain, smartphone bisa melakukan panggilan seperti telepon seluler, namun ponsel tidak memiliki sentuhan “cerdas” didalamnya.

Sistem Operasi Mobile yang Berbeda

Sistem operasi mobile hadir pula seperti saat ketika saat kita  menyalakan komputer pribadi. Kedua ponsel dan smartphone memiliki sistem operasi mobile. Misalnya, komputer Anda kemungkinan besar menjalankan Windows atau macOS, atau mungkin Linux atau beberapa OS desktop lainnya. Namun, sistem operasi mobile lebih memakai sesuatu yang kecil seperti iOS, Android, Windows Mobile, BlackBerry OS, atau WebOS dan sebagainya.

Platform seluler saat bekerja sama sekali berbeda dengan yang hadir pada desktop karena dibangun dengan maksud agar menu, tombol, dll., bisa “disentuh” daripada diklik (meskipun windows 10 kini mendukung hal tersebut). Mereka semua ini dibangun untuk kecepatan dan kemudahan penggunaan secara mobile.




Perbedaan dalam sistem operasi ponsel dibandingkan dengan smartphone bisa, sekali lagi, ditentukan oleh kegunaan perangkat lunak. Ponsel iPhone dan Android biasanya diterima sebagai massa karena relatif mudah digunakan oleh sebagian besar pengguna.

Ketika datang ke ponsel biasa (yang tidak “pintar”), sistem operasi biasanya sangat hambar dan mudah, dengan menu serba minimalis dan hampir tidak ada permainan untuk menyesuaikan hal-hal seperti keyboard virtual.

Apakah ini benar-benar penting mengenai perbedaannya?

Sebenarnya tidak ada alasan mengapa hal ini menjadi penting, ketika kita perlu untuk mengetahui perbedaan antara ponsel cerdas dan ponsel. Contohnya, saya dapat mengatakan “Saya kehilangan ponsel saya di kereta kemarin, saya benar-benar berharap bisa menemukannya, saya rindu memiliki aplikasi Google Maps saya.” Disini, saya dengan jelas menyatakan bahwa saya sedang membicarakan aplikasi Google Maps saya, yang hanya tersedia untuk ponsel cerdas.

Namun, perangkat ini masih menjadi ponsel dalam arti bisa melakukan panggilan telepon. Karena itu, jika ponsel bisa melakukan lebih dari sekadar melakukan panggilan telepon sederhana, mungkin anda bisa layak menyebutnya sebagai smartphone. Bagaimana dengan aplikasi kalkulator khusus? Bagaimana dengan aplikasi kalender? Bisakah anda mengecek email anda? Sebagian besar ponsel di pasaran bisa melakukan semua hal tersebut, karena sebagian besar ponsel di luar sana hari ini sudah dianggap sebagai smartphone. Nah, jika anda sedang mencari ponsel “pintar” terbaik, anda bisa mencarinya disini dengan pilihan terbaik.



 Baca Juga :

Loading…

Comments

VIDEO TERBARU MURDOCKCRUZ :

Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com