5 Teknologi Smartphone Di Masa Depan Yang Mungkin Saja Hadir

5 Teknologi Smartphone Di Masa Depan Yang Mungkin Saja Hadir

Evolusi Smartphone hingga hari ini telah berubah total semenjak ia hanya dibutuhkan sebagai “sekedar” perangkat untuk berkomunikasi dua arah seperti berbicara lewat ponsel dan sms. Seperti namanya, smartphone kini memiliki kemampuan yang lebih cerdas daripada “sekedar” ponsel, sehingga banyak pula fungsi tambahan yang hadir ini hadir dan cukup penting seperti penjelajahan web, hiburan multimedia, permainan dll. Namun bagaimana mengenai Teknologi Smartphone Di Masa Depan dan bentuk teknologi apa yang akan dihadirkan pada ponsel cerdas? mari kita cari tahu.

Smartphone itu sekarang seperti komputer mini, yang cukup kecil untuk dimuat pada saku Anda. Smartphone muncul di pasar hampir dua dekade yang lalu sebagai alternatif ponsel yang mengusung fungsi utama yang hanya memungkinkan komunikasi dua arah melalui teks atau panggilan. Smartphone saat ini memiliki kemampuan perluasan lainnya termasuk lensa kamera berkualitas tinggi, aplikasi mobile yang membantu produktivitas, streaming video serta koneksi yang memungkinkan jutaan orang tetap terhubung saat dalam perjalanan.

Lalu apa yang harus kita harapkan dalam pengembangan smartphone dalam waktu dekat ini atau katakanlah dalam lima sampai sepuluh tahun ke depan? Ini mungkin sulit diprediksi dengan akurasi karena evolusi teknologi yang cepat telah naik. Hanya saja, seperti yang kita tunggu dengan antisipasi, mengapa tidak mengamati tren yang ada dan membuat beberapa dugaan liar di mana smartphone sedang berjalan ? Di bawah ini anda akan melihat beberapa fitur yang mungkin saja akan hadir pada smartphone.

1. Augmented Reality (AR)

Istilah ‘augmented reality’ atau AR bila digunakan dalam konteks teknologi komputer akan mengacu pada apa yang kita lihat melalui indera kita (biasanya penglihatan) yang disempurnakan melalui penggunaan input sensorik buatan komputer seperti data suara, video, grafik dan GPS. Sederhananya, dengan hadirnya AR, ia akan membuat lebih banyak informasi bagi pengguna dengan menggabungkan data komputer dengan apa yang kita lihat dalam kehidupan nyata. Dengan menggunakan kamera di telepon misalnya, Anda bisa mengarahkannya ke suatu tempat secara ‘live’ untuk mendapatkan overlay informasi tempat anda, seperti katakanlah untuk menemukan kafe terdekat atau tempat makan.

Teknologi Smartphone Di Masa Depan

Tampaknya faktor kendala utama adalah akurasi pengenalan yang masih terbatas untuk tampilan ‘live’ saat kita mengarahkan lensa kamera ke tempat, bangunan atau bahkan orang-orang. Agar AR dapat bekerja dengan lancar dan andal, teknologi untuk mengenali tempat, barang atau orang harus memiliki standar tertentu. Salah satu contoh penggunaan AR via smartphone sebenarnya sudah hadir, namun masih belum umum. Kita bisa harapkan akan hadir lebih banyak aplikasi semacam itu yang akan tersedia di pasaran beberapa tahun kedepan.

2. Layar yang jauh fleksibel

Teknologi Smartphone Di Masa Depan

Mungkin saja dalam waktu dekat ini kehadiran layar pada smartphone akan jauh lebih fleksibel dan disisi lain ia mampu menyediakan layar yang lebih besar untuk menonton dan memainkan film serta beberapa permainan favorit anda sambil mempertahankan ukuran saku. Salah satu yang akan segera hadir adalah kehadiran layar bisa dilipat, semuanya berkat teknologi Organic Light-Emitting Diode (OLED). Layar tipis ini bahkan bisa memproyeksikan fitur masa depan-ponsel cerdas / dari kedua sisi layar, sehingga anda dapat menampilkan gambar atau video ke teman anda di satu sisi saat menggunakan yang lain sebagai kontrol.



3. Proyektor dalam ponsel cerdas

Jika layar fleksibel tidak cukup untuk mengimbangi layar kecil di ponsel cerdas mengapa tidak mengintegrasikan proyektor didalamnya? Ya, contoh nyata adalah kehadiran Samsung Galaxy Beam yang sebenarnya sudah dirilis. Ponsel ini dilengkapi dengan proyektor WVGA Proyeksi (Proyeksi Digital Light Projection) built-in yang dapat memproyeksikan fitur masa depan-ponsel pintar / berukuran hingga 50 inci seharga 15 lumen..Dan fitur ini mungkin saja akan hadir lebih baik ketika hal tersebut lebih dikembangkan untuk Teknologi Smartphone Di Masa Depan yang lebih menjanjikan.

Teknologi Smartphone Di Masa Depan

4. Kontrol Suara yang lebih “pintar”

Kontrol suara telah banyak mendapat perhatian sejak Siri hadir menjadi berita utama. Kontrol suara telah ada di banyak ponsel sebelumnya dan bisa jauh lebih pintar untuk Teknologi Smartphone Di Masa Depan. Penelitian telah dilakukan untuk memajukan pengembangan pengendalian suara, namun telah terbukti hal tersebut kini menjadi tugas terpenting.

Siri mungkin telah memberi isyarat terobosan untuk mengendalikan suara agar bisa dilakukan. Alih-alih mengenali perintah melalui gelombang suara seperti kebanyakan sistem pengenalan suara, Siri menginterpretasikan diksi dan sintaksis dengan cara yang sama dengan bagaimana kita mengenali ucapan. Antarmuka Pengguna Bahasa Alami tersebut terbukti bisa lebih efektif dan akurat.

Dengan aplikasi pengenalan suara yang lebih ditingkatkan, Siri, dan alat pengenal suara lainnya seperti dari Google akan jauh lebih maju. Kemampuan smartphone di tahun-tahun yang akan datang, bisa saja kontrol suara mulus akan menjadi tujuan yang tepat. Itu, dikombinasikan dengan gerak tubuh dapat membawa interaktivitas ke tingkat yang baru untuk smartphone dan penggunanya.

5. Layar 3D dan Hologram

Teknologi Smartphone Di Masa Depan

Smartphone mungkin telah mencapai puncak resolusi layar mereka dengan hadirnya ‘Retina Display’ milik Apple, yang sebenarnya memberikan resolusi yang lebih tajam daripada yang dapat dilihat oleh mata manusia. Tapi, ternyata tidak sampai disini saja, karena perusahaan seluler sekarang beralih dari fitur masa depan 2D ke fitur yang jauh lebih akurat dengan kehadiran fitur 3D. Nah, jalan berikutnya mungkin bisa menjadi proyeksi holografik. Intinya, proyeksi holografik memungkinkan kita untuk berkomunikasi dengan orang lain secara 3D dan dalam bentuk hologram.

Jadi, apa yang bisa disimpulkan dari semua ini?

Ternyata semua hal tersebut bisa menjadi sesuatu yang sungguh mengasyikkan ketika kita mengharapkan fitur ini hadir pada Teknologi Smartphone Di Masa Depan.  Disisi lain, teknologi yang sebelumnya hadir dengan biaya tertinggi bisa saja memiliki jangkauan yang lebih membumi bagi semua pengguna. Saya berbicara tentang harga yang mungkin harus kita bayar dengan imbalan fitur hebat di smartphone tersebut.



 Baca Juga :

Loading…

Comments

VIDEO TERBARU MURDOCKCRUZ :

Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com

One thought on “5 Teknologi Smartphone Di Masa Depan Yang Mungkin Saja Hadir

Comments are closed.