RX Vega Dikabarkan Mampu Hasilkan Hashrate Tertinggi Untuk Mining?

RX Vega Dikabarkan Mampu Hasilkan Hashrate Tertinggi Untuk Mining?

Sementara GPU terbaru dari AMD RX Vega akan hadir dengan kekuatan terbaiknya untuk bisa bersaing dengan kartu grafis High-end dari Nvidia, rumor terbaru ini tampaknya akan menggoda juga bagi mereka yang sedang mencari GPU terbaik untuk dunia Cryptocurrency. Ya, menurut situs Overclock3D.net dan Videocardz.com, RX Vega ternyata mampu menghasilkan kinerja penambangan Ethereal hingga 70-100 MH/s, walaupun hal ini belum dipastikan kebenarannya.

Sebagaimana kita tahu bahwa Kartu grafis AMD Vega 64 dan Vega 56 dijadwalkan akan diluncurkan pada 14 Agustus, dan rumor tentang potensi kinerja mereka mulai mendapat perhatian. Penggoda terbaru ini menunjukkan bahwa Vega bisa menjadi pembangkit tenaga listrik di pertambangan Ethereum, yang bisa jadi kenyataan, tapi anda sebenarnya jangan terlalu percaya oleh hype semacam itu.

Angka-angka ini memang sangat mengesankan, tapi sekali lagi perlu dibuktikan kebenarannya dan anda mungkin tidak boleh menahan napas untuk hasil itu. Sebagai perbandingan, Nvidia GTX 1070, dimana saat ini merupakan salah satu opsi penambangan Ethereal yang paling kuat yang tersedia, biasanya dapat menambang antara 27MH / s dan 32MH / s. Disisi lain, Fury AMD menawarkan kinerja yang sebanding dengan Nvidia’s GTX 1070. Nah, ketika untuk mendapatkan mesin pertambangan dengan kinerja hingga 100MH / s, penambang biasanya memerlukan tiga sampai empat GPU. Jika rumor ini benar adanya, maka kita akan melihat bagaimana stok GPU akan habis dalam sekejap.

Dan perlu dicatat juga bahwa sumber Overclock3D.net ini merupakan seorang karyawan dari Overclocker Inggris yang dikenal sebagai Gibbo, yang mencatat “Sepertinya tingkat hashrate pada VEGA adalah 70-100 per kartu, yang sangat tidak baik,” tanpa dirinya sendiri yang menawarkan segala bentuk sumber untuk informasi.

Berbeda halnya dengan apa yang diprediksi Videocardz.com, dan menurut kami justru bisa lebih masuk akal jika dibandingkan dengan laporan Overclock3D.net, dimana mereka melihat bahwa RX Vega hanya mampu menghasilkan kisaran 60 MH/s. Meski begitu, kami jutsru menyarankan anda untuk menunggu tes yang tepat sebelum anda percaya semua hype itu.

SpesifikasiAMD Radeon RX Vega 64 LiquidAMD Radeon RX Vega 64AMD Radeon RX Vega 56
Stream Processors409640963585
(64 CUs)(64 CUs)(56 CUs)
Texture Units256256224
ROPs646464?
Base Clock1406MHz1247MHz1156MHz
Boost Clock1677MHz1546MHz1471MHz
Memory Clock1.89Gbps HBM21.89Gbps HBM21.6Gbps HBM2
Memory Bus Width2048-bit2048-bit2048-bit
VRAM8GB8GB8GB
Transistor Count12.5B12.5B12.5B
Board Power345W295W210W
Manufacturing ProcessGloFo 14nmGloFo 14nmGloFo 14nm
ArchitectureGCN 5GCN 5GCN 5
GPUVega 10Vega 10Vega 10
Launch Date14 Agustus 201714 Agustus 201714 Agustus 2017
Launch Price$699*$499/599*$399/499*

Kinerja AMD Vega Frontier Edition Untuk Mining

Disisi lain, AMD Vega Frontier Edition juga bisa menjadi rig GPU mining anda, karena menurut  situs web crypto, 1stminingrig merekam bahwa GPU ini mampu menghasilkan 38,5 MH / s. Dan ternyata salah satu faktor lain yang menentukan adalah kehadiran dari versi terbaru dari Radeon Software Crimson ReLive. Software terupdate ini menggandakan kinerja tingkat hash dari GPU yang memakai arsitektur  Vega. Jika pernyataan tersebut terbukti benar, hal itu bisa mendorong kinerja penambangan Ethereal di chip Vega hingga kisaran 70+ MH / s.

Padahal, gagasan bahwa driver bisa menggandakan performa GPU belum pernah terjadi sebelumnya – Nvidia pada dasarnya baru saja merilis driver terbaru minggu ini, dimana versi terbaru software ini mampu melipatgandakan kinerja perhitungan kartu Titan Xp. Ini juga tidak dapat dipungkiri bahwa generasi GPU AMD akan menawarkan keuntungan signifikan dari generasi sebelumnya. Sejak gennya “ideal” untuk GPU berbasis kripto, GPU AMD selalu menawarkan generasi kinerja lebih tinggi daripada generasi Nvidia.

GPU Vega dilengkapi dengan memori HBM2 hingga dengan pilihan memori hingga 16GB yang menawarkan bandwidth memori hampir 500 GB / s. Ketika dunia mining membutuhkan kecepatan memori, formasi Vega pada dasarnya sangat ideal untuk urusan tersebut. Banyak cryptominers menyetel kartu mereka untuk meningkatkan clock memory setinggi mungkin dan melepaskan GPU agar daya tariknya serendah mungkin. Semakin cepat memori, semakin baik kinerjanya.

Walaupun begitu, ada alasan bahwa Vega tidak akan menawarkan kinerja penambangan yang lebih baik daripada GPU generasi sebelumnya, atau tidak sama sekali. Jadi sekali lagi, masih terlalu dini untuk percaya bahwa kartu ini akan menawarkan lompatan kinerja yang dramatis apalagi hari peluncuran Vega kurang dari dua minggu lagi, jadi tidak akan lama sebelum kita mengetahui yang sebenarnya.



 Baca Juga :

Loading…

Comments

VIDEO TERBARU MURDOCKCRUZ :

Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com

One thought on “RX Vega Dikabarkan Mampu Hasilkan Hashrate Tertinggi Untuk Mining?

Comments are closed.