9 Tips Bermanfaat Saat Browsing Pada Mesin Pencari Google

9 Tips Bermanfaat Saat Browsing Pada Mesin Pencari Google

Kadangkala kita sering mengalami beberapa kendala ketika akan melakukan pencarian referensi pada Mesin Pencari Google, seperti halnya mesin pencari kita tidak tahu keyword yang tepat, halaman yang lambat dan sebagainya. Hari ini akan berbeda dengan hari-hari sebelumnya untuk hal tersebut, karena kami akan memberikan sedikit tips untuk kendala anda.




Dan Tidak peduli seberapa bagus anda dalam Mesin Pencari Google, selalu ada sesuatu yang baru untuk dipelajari mengingat tweak Google bisa hadir secara konstan. Keadaan mengenai perubahan mutakhir ini paling untuk browser Chrome, di mana Google dapat mengintegrasikan kemampuan pencarian dengan browsernya sendiri. Untuk memajukan pencarian anda lebih spesifik atau anda bisa menemukan tip tersembunyi dalam artikel tutorial kami kali ini. Penasaran dengan hal tersebut, inilah 10 tips yang bisa anda gunakan dalam mesin pencari Google.

1. Lihat versi halaman dalam cache

Mesin Pencari Google

Kita semua tahu bahwa Google bisa menjangkau kembali ke versi situs web sebelumnya. Jika anda mengeklik panah di bawah hasil pencarian di tautan tertentu, anda dapat melihat versi halaman cache. Ini akan membawa kita ke tampilan statis saat terakhir robot Google mengambil gambar dari situs tersebut.

Metode ini cukup berguna untuk diintip sebentar, karena anda hanya perlu memuat tangkapan layar dari server Google dan bukan iklan biasa. Saya juga menggunakan ini jika situs tersebut mengalami masalah jaringan.

2. Temukan hasil terkait

Mesin Pencari Google

Jika Anda mengetik keyword “related: searchterm” pada search bar, Mesin Pencari Google akan mencari situs yang serupa. Hasilnya bisa lebih menyempurnakan penelitian anda atau memberi Anda pandangan yang lebih luas mengenai sebuah topik atau referensi.

3. Gunakan Gambar Sebagai Pencarian

Mesin Pencari Google

Seperti halnya pepatah yang mengatakan “siapa yang butuh kata-kata” sebuah gambar bisa mewakili perasaan kita. Ini pun berlaku untuk Google, dimana ia dapat menemukan contoh gambar lain yang serupa dengan kekuatan pencariannya.

Ada alat rapi yang tersedia saat anda mengeklik kanan gambar di Chrome. Dari menu popup, pilih Search Google untuk gambar ini dan Google akan menarik apa yang menurutnya yang sama ditemukan di tempat lain secara online.

4. Telusuri dengan suara

Mesin Pencari Google

Ketika rasa malas mengetik hadir, anda bisa memakai suara anda untuk mendapatkan banyak informasi melalui penelusuran suara di desktop.




Untuk mengobrol dengan Google search di desktop, buka tab baru, klik mikrofon, dan ucapkan pertanyaan Anda. Sesederhana itu, mudah bukan.

5. Cari hasil dengan lokasi terdekat

Mesin Pencari Google

Terkadang hanya satu kata yang bisa membuat perbedaan. Misalnya, anda menambahkan kata “nearby” ke penelusuran jika anda memakai setting bahasa inggris, sehingga anda akan memberi tahu Google bahwa Anda lebih tertarik untuk menemukan tempat nongkrong lokal daripada mempelajari sejarah paling populer di dunia. Cobalah saat mencari restoran atau tempat lingkungan lainnya, dan anda bisa sangat meningkatkan hasil pencarian khusus yang didekat tempat anda.

6. Temukan Google Documents lebih cepat

Mesin Pencari Google

Temukan file yang sedang anda kerjakan langsung dari penelusuran Google. Untuk mewujudkannya, masuk ke Settings> Search> Manage search engine and type

Https://drive.google.com/drive/search?q=%s

Ke dalam daftar mesin pencari lainnya. Luangkan beberapa saat untuk melihat integrasi lain, karena beberapa akan ditambahkan ke browser anda dari waktu ke waktu berdasarkan situs yang pernah anda kunjungi.

7. Temukan lebih banyak di Google

Mesin Pencari Google

Anda bisa menemukan konten lebih yang mungkin ingin anda baca seperti liga olahraga favorit anda. Grafik Pengetahuan Google atau google knowledge graph adalah salah satu alat yang digunakan oleh raksasa penelusuran tersebut  untuk memberi informasi terkait penelusuran desktop. Dalam contoh ini dari liga sepakbola Inggris misalnya, anda akan melihat beberapa posting artikel terbaru di bawah hasil pencarian utama.

8. Cari menurut jenis file

Mesin Pencari Google

Jika anda sedang mencari file PDF, beritahu Google mengenai jenis file tersebut lebih spesifik. Anda yang sedang melakukan penelitian mungkin bisa lebih mudah untuk mencari referensi lewat dokumen PDF, Word, atau file lain. Jika ada jenis tertentu yang Anda inginkan, tambahkan keyword “filetype:” dan tambahkan di pdf, docx, atau format lain setelah istilah pencarian.

9. Cari sesuatu yang menyenangkan Sejenak lewat mesin pencarian Google

Istirahatlah sejenak dari penelitian yang membosankan seperti dengan menembaki game Atari Breakout tua. Anda hanya tinggak mengetik “Breakout Google” ke bilah pencarian, lalu klik hasil teratas yang berlabel “atari breakout – Google Search – G.co.” Layar akan berubah menjadi mosaik ubin yang akan dipecah untuk menyenangkan hati anda dalam permainan yang cukup menantang dengan suar yang begitu klasik.

Mesin Pencari Google


 Baca Juga :

Loading…

Comments

VIDEO TERBARU MURDOCKCRUZ :

Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com