Hati-hatilah, Google Chrome Mungkin Merekam Aktifitas Anda Secara Diam-diam

Hati-hatilah, Google Chrome Mungkin Merekam Aktifitas Anda Secara Diam-diam

Tampaknya bukan rahasia lagi bahwa browser seperti Google Chrome (atau aplikasi apapun dalam hal ini) akan mencatat informasi pengguna dan bahkan menggunakannya untuk kepentingan tertentu. Contohnya, ketika anda sedang menjelajahi situs tertentu, anda akan mendapatkan beberapa notifikasi yang menyatakan bahwa ia ingin mengetahui lokasi kita dan sebagainya. Sayangnya, browser Google Chrome sepertinya ikut bergabung dengan ‘liga’ ini.




Masalah privasi terbaru yang ditemukan di API video dan audio HTML 5 untuk desktop Chrome telah menempatkan kita dalam dilema hal-hal yang menurut saya cukup mengganggu. Ini pada dasarnya merupakan kode JavaScript untuk memulai akses ke perangkat audio dan video. Saat berjalan, browser Chrome meminta pengguna memberikan izin penggunaan umum. Permintaan izin ini terlihat sama dengan permintaan izin lainnya seperti gambar dibawah ini.

Google Chrome

Dan kebanyakan pengguna sering memberikan izin semacam hal tersebut pada browser Chrome-nya dan mereka mungkin tampak “tidak berbahaya”. Selain itu, saat ini juga banyak situs yang meminta izin untuk mengetahui berbagai hal lainnya layaknya seorang polisi. Meskipun Chrome memiliki lini pertahanan tersendiri yang diaktifkan untuk mencegah rekaman semacam itu; tapi ternyata ada sedikit kemungkinan pengembang akan memanfaatkan dan memanipulasi UX untuk mengaktifkan API MediaRecorder tanpa memberi tahu pengguna. Dengan demikian, rekaman bisa terjadi tanpa sepengetahuan pengguna.

Apa sebenarnya yang terjadi dibalik layar dengan Chrome Browser

Semuanya dimulai dengan sebuah fitur yang disertakan dengan HTML 5 API yang baru. Hal ini memungkinkan pengguna untuk mengambil output audio atau video langsung dari browser (Inilah sebaiknya tutupi webcam anda saat sedang menjelajah). Sekarang, antarmuka Windows asli atau plugin browser tidak diperlukan lagi untuk tugas ini. Sebenarnya, Firefox, Chrome Browser dan browser Edge memungkinkan kode JavaScript untuk mendapatkan akses ke perangkat kamera dan mikrofon yang secara diam-diam akan merekam aktifitas anda.

Tentu saja, pemberian akses ke audio atau video pada perangkat ini bisa menimbulkan bahaya lebih lanjut seperti membuka perangkat terhadap segala kerentanan. Namun, untuk mencegah bahaya tersebut pengembang browser sebenarnya membuat dua hambatan yang harus mencegah atau setidaknya mengurangi pelanggaran privasi.

Google Chrome

Setelah mendapatkan izin umum pengguna untuk penggunaan video dan audio, pengembang akan mendapatkan akses ke arus data dari perangkat tersebut. Tapi untuk menggunakan arus ini, pengembang perlu merekamnya. Hal ini dilakukan dengan menggunakan MediaRecorder API.




Namun, seperti yang telah disebutkan sebelumnya, pengembang sebenarnya dapat melakukan manipulasi hal tersebut (apalagi dengan ijin penuh)yang dapat membuat API MediaRecorder bekerja tanpa mengirimkan peringatan kepada pengguna. Dalam kasus ini, browser Chrome tidak akan memiliki indikasi visual bahwa rekaman apapun sedang terjadi. Chrome telah disadarkan tentang masalah ini. Sampai masalah ini diakui dan diselesaikan oleh Chrome, anda sebagai pengguna disarankan untuk berhati-hati dalam memberikan izin secara online, dan jangan ijinkan hal apapun pada browser anda.

 Baca Juga:

Loading…

Comments

VIDEO TERBARU MURDOCKCRUZ :

Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com