9 Faktor Penting Sebelum Membeli Kamera Aksi

Tampaknya semua orang menginginkan sebuah Action Camera (kamera aksi) akhir-akhir ini dan ini merupakan sesuatu yang baik. Bahkan anda tidak harus menjadi seorang petualang hardcore atau ekstrimis olahraga untuk memilikinya, karena ini merupakan salah satu gadget yang sangat keren untuk dimiliki.

Namun ketika anda akan membeli sebuah kamera aksi, kebanyakan orang sedikit mengalami kebingungan atau mudahnya membeli sebuah merek paling populer yang cukup mahal. Dan tingkat kebingungan pun semakin menjadi ketika kita mencari perangkat ini  secara online, karena anda akan menemukan ada banyak sekali merek lain yang dapat dipilih mulai dari kualitas hingga harga yang bervariasi.




Tentunya jangan khawatir akan hal tersebut, karena kami disini akan memberikan bekal yang cukup bagi anda ketika akan membeli sebuah kamera aksi yang ideal. Berikut adalah beberapa faktor penting yang perlu anda pertimbangkan saat memilih Action Camera :

1. Kualitas video

Sebuah resolusi video merupakan salah satu faktor penting yang harus dipertimbangkan saat memilih merek dan model tertentu. Saat ini, resolusi 4K merupakan kualitas video tertinggi yang tersedia di kebanyakan kamera aksi high-end, diikuti oleh 1080p dan 720p. Resolusi video yang tepat ini biasanya tergantung pada apa yang akan anda gunakan kamera tersebut dan pada perangkat apa nantinya anda gunakan untuk melihat hasil rekaman anda. Jika anda tidak memiliki TV atau monitor komputer 4K, maka memiliki kamera aksi dengan kualitas resolusi 4K tidak ada gunanya.

2. Ukuran, Bentuk, dan Berat

Beberapa bentuk yang dihadirkan sebuah kamera mungkin lebih nyaman untuk aplikasi tertentu dibanding yang lain. Namun, sebagian besar kamera aksi berbentuk kotak, dimana ini membuatnya ideal untuk pemasangan di dada. Yang lainnya memiliki desain berbentuk peluru, dimana ini disukai oleh beberapa orang untuk pemasangan pada helm. Sedangkan untuk ukuran dan berat, yang terbaik adalah pergi dengan model paling ringan dan paling kompak untuk portabilitas dan akselerasi secara maksimum.

Kamera Aksi

3. Daya tahan

Jika Anda berencana akan menggunakan Action Camera anda di bawah kondisi hujan, salju, atau di bawah air, cari kata-kata seperti “Waterproof” dan sebagainya saat melihat daftar fitur model tertentu. Beberapa kamera aksi ini kadangkala memiliki fitur eksterior tahan air, sementara yang lain perlu ditempatkan di dalam kotak tahan air. Maka anda perlu memperhatikan semua fitur yang dihadirkan dalam sebuah iklan atau deskripsi sebuah produk, jika mereka tidak ditampilkan secara jelas, sebaiknya jangan membeli pada penjual tersebut.

4. Bidang pandang

Bidang pandang atau Field of view (FOV) merupakan area yang bisa ditangkap kamera anda pada saat tertentu. Sebagian besar kamera aksi memiliki FOV dengan sudut lebar, sementara yang lain memungkinkan kita untuk memilih antara lebar, menengah, dan sempit. FOV kamera mungkin sangat penting atau mungkin juga tidak penting dalam keputusan anda, tapi perlu diingat bahwa bahwa cuplikan sudut lebar yang ditembak dengan Action Camera terkadang dapat terlihat sedikit memiliki distorsi dan memiliki efek yang kurang nyaman.

5. Kualitas gambar

Jika Anda berencana akan menggunakan Action Camera untuk mengambil atau merekam dalam satu lingkungan yang tidak bergerak, anda mungkin ingin mempertimbangkan kualitas gambar, karena semakin tinggi megapiksel, semakin tinggi resolusi sebuah foto. Tapi bagaimanapun juga, Anda tetap bisa mengoptimalkan gambar sesuai dengan kebutuhan Anda.

6. Daya tahan baterai

Sebagian besar Action Camera hanya menawarkan durasi satu sampai tiga jam penggunaan secara terus-menerus sebelum baterai mereka kehabisan. Tentu saja, setiap model akan bervariasi tergantung pada penggunaan dan pengambilan gambar dengan resolusi lebih tinggi sehingga baterai anda bisa lebih cepat habis, seperti halnya penggunaan Wi-Fi, Bluetooth, dan fitur konektivitas lainnya.

Kebanyakan orang sering memilih perangkat dengan masa pakai baterai terpanjang. Tapi terkadang, kamera dengan daya tahan baterai lebih lama memiliki harga yang lebih mahal, atau mungkin saja tidak ada fitur yang anda cari. Jika masa pakai baterai lebih lama bukanlah pilihan anda, pastikan untuk melihat biaya dan ketersediaan baterai cadangan dari merek lain yang bisa Anda pertimbangkan.

7. Konektivitas

Ini sangat ideal untuk memiliki perangkat untuk akses metode cepat dan mudah untuk mengunggah atau mentransfer rekaman video dan gambar anda langsung ke web, komputer, atau ponsel cerdas, terutama jika kamera anda tidak memiliki layar sebagai pratinjau dan pemutaran. Selain itu, fitur konektivitas yang lengkap juga memungkinkan anda menggunakan kamera Anda dengan aksesori add-on lain yang memerlukan Wi-Fi atau pilihan konektivitas lainnya.

8. Memori

Anda pastinya akan memerlukan kartu memori tercepat yang bisa anda dapatkan untuk memiliki performa terbaik dari sebuah Action Camera. Kartu yang tidak memiliki kecepatan tulis cukup cepat bisa menyebabkan tingkat frame turun, sehingga menghasilkan rekaman yang tidak layak.

Sebagaimana contohnya jenis kecepatan transfer dari sebuah spesifikasi memori, anda membutuhkan standar minimum yang mungkin sangat berpengaruh terhadap kualitas rekaman yang bisa dihadirkan. Sebaiknya kamera yang anda pilih harus mendukung standar UHS-II, dimana ini akan memberi anda kecepatan tulis hingga 312MB / s pada kartu high-end.

9. Aksesoris

Jika Anda berencana menggunakan kamera anda untuk berselancar, anda mungkin memerlukan pemasangan yang tepat untuk mengamankan kamera anda di papan selancar dan tidak semua dari merek yang tersedia akan memiliki jenis mount atau aksesori yang tepat yang mungkin anda perlukan.




Maka dari itu, periksa setiap situs atau produsen dari merek tertentu(atau toko yang Anda beli) untuk melihat pilihan aksesori dan opsi pemasangan apa yang disertakan dan mana yang tersedia untuk setiap merek dan model yang Anda pertimbangkan. Dengan begitu, Anda tidak akan berakhir untuk membeli kamera lagi ketika mengetahui bahwa anda tidak dapat membeli aksesori tertentu yang sangat penting untuk olahraga atau aktivitas yang akan Anda gunakan.

Nah, pertimbangkan masing-masing faktor di atas, kalau bisa baca ulasan dari setiap merk secara online, dan yang paling penting, lakukan penelitian anda sebisa mungkin. Selama anda melakukan semuanya, anda setidaknya akan bisa memilih sebuah Action camera yang tepat untuk Anda. 

  • Lihat Daftar merk dan harga Action Kamera terbaik yang bisa anda miliki disini

Baca juga :



Comments

Related Posts