Home » Inilah Alasan Mengapa Kita Harus Meninggalkan Yahoo Mail

Inilah Alasan Mengapa Kita Harus Meninggalkan Yahoo Mail

Kasus Scanning rahasia Yahoo Inc atas email pelanggan mereka ini ternyata merupakan perintah dari agen mata-mata AS. Sementara Apple tetap tegas terhadap AS mengenai tuntutan penegakan hukum yang dilakukan mereka.

Pada bulan September, Yahoo menepis rumor pelanggaran 500 juta account pengguna pada tahun 2014 lalu, dimana itu merupakan pelanggaran terbesar sampai saat ini. Dan berita itu pecah pada Oktober bahwa Yahoo ternyata dibantu pemerintah AS dalam mencari 500 juta akun pengguna tanpa izin pemilik akun.




Dan pada hari Rabu, Yahoo mengakui bahwa mandat tersebut untuk  lebih dari 1 milyar rekening yang telah dicuri pada 2013, dan ini merupakan pelanggaran terbesar yang pernah ada. Tidak jelas berapa banyak akun atau pengguna yang sebenarnya dipengaruhi oleh kombinasi dari tiga peristiwa ini.

Keberadaan alat ini tidak diungkapkan kepada tim keamanan Yahoo sendiri, ungkap Reuters. Dan awalnya, tim keamanan Yahoo justru menuduh pihak hacker yang telah meretas sistem Yahoo. Namun pada akhirnya, Kepala keamanan Yahoo mengundurkan diri sebagai hasil yang sangat mengejutkan semua.

Atas permintaan FBI, Yahoo pada awal tahun 2015 telah menciptakan alat untuk mencari semua pesan Yahoo Mail untuk satu set tertentu dari semua informasi atas pelanggan. Hal ini dilaporkan Reuters pada 4 Oktober lalu kepada publik. Implikasinya adalah bahwa setiap email yang dikirim atau diterima oleh pengguna Yahoo Mail akan discan terlebih dahulu oleh Yahoo kemudian dikirim ke pihak FBI.

Tidak jelas apakah penyedia email lain juga memiliki fitur ini atau memenuhi permintaan pemerintah yang sama. Google dan Microsoft tidak menjawab pertanyaan Reuters. Laporan itu muncul karena Yahoo ternyata masih belum pulih dari pengungkapan 2.014 pelanggaran keamanan yang menyebabkan terkuaknya lebih dari 500 juta rekening, yang terbesar dalam catatan.

Sebelumnya, Apple dengan tegas menolak untuk mematuhi perintah pengadilan pada bulan Februari untuk  mengubah sistem operasi mobile iOS 9 yang membiarkan peneliti forensik FBI mengakses iPhone yang digunakan oleh teroris Syed Rizwan Farook. FBI akhirnya menemukan orang lain yang bisa masuk ke telepon tersebut.

Permintaan pemerintah untuk Yahoo mungkin telah datang dalam bentuk Surat Keamanan Nasional, permintaan rahasia informasi yang tidak dapat ditolak atau bahkan diungkapkan oleh pihak manapun. Yahoo sebenarnya telah berjuang melawan perintah yang sama pada tahun 2007, namun kabarnya hilang.

Tidak jelas apakah permintaan itu datang dari FBI atau NSA, namun NSA sendiri sering memiliki rute permintaan tersebut melalui FBI untuk mematuhi undang-undang pembatasan ketika NSA memata-matai warga AS dan penduduk legal.

Juga tidak diketahui bagaimana informasi yang dicari pemerintah ini pernah ditemukan, berapa lama alat scanning tersebut telah beroperasi, atau apakah itu masih digunakan. Namun kini, hampir semua pihak telah meninggalkan Yahoo sebagai email utamanya.

The New York Times melaporkan bahwa alat scanning ini sebenarnya merupakan adaptasi dari filter yang ada di Yahoo, yang biasanya memindai malware, spam dan pornografi. Sebuah filter ditambahkan untuk memindai string tertentu dari teks yang digunakan dalam email yang dikirim oleh orang yang bekerja untuk sebuah organisasi teroris yang disponsori negara di luar negeri, kata sumber-sumber anonim Times dimana organisasi tersebut tidak bernama.

Kemudian ada dua sumber anonim yang berbicara dengan situs Motherboard yang mengatakan bahwa scanner email adalah “rootkit” yang “buruk dirancang” dan mengancam semua pengguna Yahoo Mail.

Dirangkum dari berbagai sumber diantarnya :Reuters , Toms Guide, The-parallax



Comments

VIDEO TERBARU MURDOCKCRUZ :

Artikel Terkait