Site icon Murdockcruz

Kartu Grafis 128 Bit Vs 256 Bit, Apa Perbedaannya?

Mencari tahu kekuatan dan kelemahan dari sebuah kartu grafis relatif tidak mudah. Selain unit pengolahan grafis itu sendiri, anda juga harus mempertimbangkan antara memori, prosesor stream dan komponen lainnya.

Lalu ada tingkat transfer data, atau “bitrate,” bus yang menghubungkan kartu memori untuk prosesor. Setelah Anda melihat dan mengambil semua ini, meskipun mungkin tampak berlawanan dengan intuisi, kartu grafis grafis 128-bit tidak selalu lebih baik dibandingkan dengan kartu grafis 256-bit.

Mengapa Begitu ?

Bitrate dari kartu grafis mengacu pada jumlah data kartu yang dapat bergerak antara GPU dan RAM dengan setiap siklus clock yang dimiliki. Ini merupakan salah satu komponen dari keseluruhan throughput yang dimiliki memori kartu, atau bandwidth. Semakin banyak bandwidth akan memungkinkan kartu bisa atau untuk menarik ke layar hingga lebih cepat dan akan memiliki resolusi yang lebih baik dan menghasilkan gambar yang berkualitas halus dan tinggi .

Kinerja

Bandwidth atau Throughput  kartu grafis yang sebenarnya diukur dalam gigabyte per detik daripada bit, tergantung pada kombinasi bitrate dari bus dan frekuensi yang memiliki random-access memory.

Hal ini dihitung dengan membagi bitrate dengan 8 untuk mengubahnya menjadi byte, maka mengalikan hasilnya dengan frekuensi RAM pada megahertz. Sebagai contoh, kartu grafis 128-bit dengan RAM 3.000-MHz memiliki 48 GB / s bandwidth. Sementara kartu grafis 256-bit dengan spesifikasi yang sama memiliki dua kali lipat  jumlah dari itu, atau 96 GB / s.

Meskipun benar bahwa, segala sesuatunya tampak sama, kartu grafis 256-bit menawarkan dua kali lipat bandwidth memori jika dibandingkan dengan 128-bit, dan kenyataannya dua kartu grafis tidak akan dipisahkan berdasarkan ukuran bus.

Faktor-faktor lain, seperti jumlah dan kecepatan RAM, juga berdampak secara keseluruhan dalam hal pengalaman gaming. Untuk alasan ini, kartu harus selalu dibandingkan dengan bandwidth memory mereka secara keseluruhan, tidak pernah bitrate mereka. Inilah yang biasanya menjadi titik kesalahpahaman dari banyak orang.

Penggunaan

Kedua kartu grafis baik itu yang memiliki 128-bit dan 256-bit cocok untuk sebagian besar pengguna. Mereka lebih dari cukup untuk komputasi dasar, dan juga untuk gaming anggaran dan penggunaan umum dari paket grafis 3D seperti 3ds Max dan Maya. Sebuah kartu grafis antusias biasanya memiliki bitrate 256-bit keatas, dengan hanya kartu kinerja tingkat yang paling kuat dan mahal dinilai pada 320-, 384-, dan dalam kasus yang jarang yakni 512-bit.

Overclocking

Bitrate dari kartu grafis dibatasi secara fisik dalam jumlah pin prosesor yang ia memiliki, sehingga tidak bisa di-overclock seperti prosesor. Dengan kata lain, kartu grafis 128-bit tidak pernah bisa ditingkatkan sampai atau menjadi kartu 256-bit.


Dan karena bandwidth memory adalah produk dari bitrate dan frekuensi RAM , maka ia mungkin bisa untuk meningkatkan throughput secara keseluruhan untuk kartu grafis oleh jika kita meng-overclocking RAM.

Selain itu, karena bitrate dan frekuensi RAM tidak melayani tujuan lain selain untuk kontribusi bandwidth memory secara keseluruhan, setiap peningkatan satu, maka secara efektif akan berdampak pada peningkatan yang lain.

Sehingga, overclocking RAM selalu lebih efektif pada kartu dengan bitrate yang lebih tinggi. Peningkatan dari kartu grafis 128 MHz ke hasil frekuensi RAM 128-bit akan memiliki tambahan 2.048 GB / s throughput. Dan jika kartu grafis tersebut adalah 256-bit sebaliknya, maka ia akan memiliki keuntungan ganda untuk 4,096 GB / s.



Exit mobile version