Site icon Murdockcruz

Bisakah Kita Memakai Charger Yang Berbeda Pada Laptop atau Smartphone?Begini Penjelasannya

Mungkin waktunya telah datang ketika charger laptop atau smartphone  Anda tidak lagi bekerja . Dan ketika hal itu terjadi,banyak orang selalu bertanya-tanya bisakah charger merk lain dapat digunakan pada laptop yang mempunyai charger rusak tersebut?

Saya biasanya hanya akan memberitahu mereka bahwa, bukanlah ide yang baik meskipun saya tidak sepenuhnya memahami rumus di balik itu . Tapi saya memutuskan untuk melihat lebih jauh sehingga saya bisa mengetahui lebih banyak informasi tentang charger laptop, adaptor daya , baterai dan yang tidak kompatibel. Ternyata bahwa dalam beberapa kasus Anda dapat menggunakan charger lain . Tapi bagaimana Anda bisa tahu ? charger yang seperti apa yang cocok?

Dalam beberapa kasus dibawah ini,saya akan membedakan antara charger Laptop dan Ponsel/Gadget.

1.Ponsel/Gadget/Smartphone

Hal pertama yang perlu anda benar-benar pertimbangkan ketika Anda meraih pengisi charger adalah yang paling jelas : jika konektor cocok . Itu berarti steker pada akhir pengisi benar-benar cocok untuk gadget Anda dengan benar .

Untuk sesuatu seperti ponsel , ini biasanya kabel USB ( dengan  berbagai ukuran yang ada) , kecuali jika perangkat Apple dengan pin khusus atau konektor Lightning. Ponsel yang lebih tua mungkin memiliki konektor silinder . Demikian juga dengan laptop yang memiliki semua jenis konektor , dan banyak dari mereka yang dibuat  eksklusif untuk produsen. Dalam beberapa kasus , Anda akan perlu memesan charger khusus hanya untuk perangkat Anda .

Tegangan/voltase dan ampere harus sama

Jika Anda telah memiliki charger yang cocok dengan gadget Anda , anda masih belum berada di jalur yang benar, karena anda harus melihat rincian teknisnya .

18v2hw5kq74i1jpg




Setelah Anda tahu bahwa charger Anda benar-benar dapat menghubungkan pengisi daya ke gadget/ponsel, Anda perlu mencari tahu jika hal itu akan membuatnya meledak atau tidak . Ini berarti anda harus memeriksa tegangan dan arus listrik pada pengisi charger Anda untuk memastikan itu akan cocok bekerja dengan perangkat Anda .

Pada kebanyakan pengisi charger,Anda akan menemukan data tegangan yang tercantum di suatu tempat pada charger tersebut. Jika tegangan terlalu tinggi,Perangkat ponsel anda mungkin berakhir korslet karena charger tersebut akan membebani sirkuit . Untuk ponsel dan perangkat mobile lainnya seperti Kindle yang mengenakan dengan USB , tegangan biasanya 5V . Sebuah charger laptop mungkin setinggi 20V atau 25V . Anda biasanya dapat menemukan tegangan perangkat ponsel/gadget anda pada perangkat itu sendiri,yakni pada baterai ,di situs web produsen dari ponsel anda. Anda akan selalu menemukan tegangan yang diberikan oleh charger pada charger itu sendiri . Anda ingin tegangan pada perangkat Anda untuk cocok dengan tegangan yang diberikan oleh pengisi

Demikian juga , ampere sama pentingnya . Ampere adalah saat yang dipasok ke perangkat Anda . Anggap saja seperti sungai , dan arus listrik adalah seberapa cepat sungai itu . Ampere biasanya tercantum pada catu daya Anda sebagai sesuatu seperti , 2.7a atau 1A .Hal ini bisa mengatur berapa banyak kekuatan yang mengalir melalui dari catu daya ke perangkat Anda . Ampere yang terdaftar pada power supply Anda harus sesuai atau melebihi ampere yang diperlukan ke perangkat Anda .

Jika Anda menggunakan charger USB ,hal itu tidak terlalu penting karena mereka hampir semua sama , tapi anda masih layak  memeriksa untuk memastikan bahwa anda berada di jalan yang benar.

Alasannya adalah bahwa pengisi charger bisa merupakan merek palsu dan bisa membuat sesuatu yang buruk pada smartphone anda, dan itu berarti menempatkan perangkat Anda ( dan rumah Anda ) pada risiko . Banyak yang mengabaikan standar keamanan sepenuhnya, tetapi mereka juga bukan hanya tidak mengisi perangkat Anda dengan baik juga menyebabkan risiko lebih besar untuk keselamatan Anda , serta perangkat Anda .

2.Laptop

Tegangan/Voltase

Seperti  yang telah disebutkan diatas, satu hal yang harus sama persis adalah tegangan dari catu daya . Jika Anda menggunakan sumber listrik dengan terlalu banyak tegangan, Laptop anda bisa terlalu panas atau hal itu dapat menggoreng sirkuit bagian dalam laptop Anda. Jika charger yang anda coba memiliki terlalu sedikit tegangan,anda tidak mendapatkan apa-apa. Banyak orang mengatakan bahwa Anda dapat menggunakan pengisi daya jika charger yang anda gunakan sedikit lebih besar atau sedikit lebih kecil,tapi saya akan menjauhkan diri dari hal itu .

Ampere

Jika Ampere yang ada pada charger terlalu tinggi ,hal itu tidak akan merusak laptop Anda . Laptop itu sendiri hanya akan menarik sebanyak baterai yang digunakan,jadi jadi jika charger tersebut memiliki peringkat ampere tinggi berarti OK . Tapi kalau terlalu rendah, ini dapat merusak power supply dan menyebabkan overheating karena penerima arus terlalu tinggi dari charger tersebut. Jadi intinya  ampere yang ada pada charger harus sama atau lebih tinggi dari baterai Laptop.

Kesimpulannya bahwa charger yang ingin anda gunakan haruslah tepat sesuai tegangan yang ada pada Laptop dan ampere pada charger harus sama atau lebih tinggi.

Bagaimana saya menemukan tegangan / arus listrik pada laptop / charger saya ?

Jika anda memiliki charger ponsel, charger laptop ,baterai ponsel dan baterai laptop ,hampir semua pengisi pengisi daya memiliki stiker pada bagian chargernya..

laptop-charger-specs

Kadang-kadang dalam laptop ,power rating dapat sulit untuk ditemukan sehingga Anda mungkin harus menghapus stiker baterai untuk menemukan tegangan dan amp rating.

Bagaimana dengan Charger pihak ke-3?

Jika Anda menggunakan charger pihak ke-3 secara acak yang tidak sesuai,anda mungkin akan memperhatikan bahwa baterai laptop mendapatkan ekstra panas . Hal ini karena mereka dibuat murah , kadang-kadang tidak termasuk ampere penting yang mengatur bagian dan mungkin tidak mengirimkan jumlah daya yang sama. Sebaiknya anda memilih charger yang original untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari kehidupan baterai anda baik untuk laptop maupun ponsel . Masalah overheating terus-menerus akan mengurangi jumlah waktu baterai dan mengurangi hidup baterai Laptop anda.

Jadi sekali lagi dalam kesimpulan, sebaiknya lebih baik untuk membeli atau meminjam  dengan charger asli daripada membeli perangkat charger yang tidak “layak” , bahkan jika hal tersebut akan menguras biaya lebih . Ini akan menghemat dan menjaga pernangkat anda dalam jangka waktu yang panjang. Ok, jika anda sedang membutuhkan charger laptop terbaik, anda bisa melihat daftar harga terbaru dari perangkat ini disini.



Baca juga :

Loading…

Exit mobile version