- Android, Berita Terbaru, iPhone, Serba-serbi, Smartphone

Keren, Rambu Jalan Ini Bisa Deteksi Penggunaan Ponsel di Mobil

Penggunaan Ponsel di Mobil – Inggris kini menjadi salah satu negara pertama yang menggunakan sistem canggih dalam mengidentifikasi secara otomatis bagi pengemudi yang “bandel” menggunakan ponsel mereka dan memberikan peringatan (juga secara otomatis) kepada pengemudi tersebut.

Mereka menjalankan misi pertama dengan terpasangnya beberapa tanda (dalam bentuk lampu LED) di daerah Norfolk, dimana ini akan bekerja dengan memindai sinyal telepon saat kendaraan lewat. Antena directional kemudian mengambil gelombang radio handset dan mengukur kekuatan sinyal dan panjang aktivasi. Jika penggunaan telepon terdeteksi, gambar “no mobiles” yang dibuat LED menyala di pinggir jalan akan hadir.

Baca juga : Smartphone Addiction Pada Anak Bisa Kita Hindari Dengan Cara ini

Hebatnya, sistem tersebut bahkan dapat mengetahui apakah panggilan sedang dilakukan menggunakan kit hands-free atau melalui Bluetooth, dimana ini sebenarnya legal di Inggris. Sehingga, ketika pengemudi tersebut melakukannya dengan cara yang aman, maka tanda peringatan tersebut tidak akan diaktifkan.

Sistem ini tidak akan merekam video apa pun atau mengambil gambar apa pun. Namun, ini diharapkan akan memberikan peringatan dan bisa mencegah pengemudi untuk menggunakan ponsel, bahkan hal tersebut juga merupakan tanda bagi pengemudi untuk tidak melakukannya lagi. Karena, jika terlihat oleh petugas dan tertangkap, maka resiko biaya denda akan hadir jauh lebih besar.

Hanya saja, dimasa depan, pemerintah Inggris berencana untuk mengambil tindakan tegas, bukan saja peringatan, namun juga mereka akan mencatat pelat nomor saat sistem ini mendeteksi Penggunaan Ponsel di Mobil tanpa hands free maupun buletooth.  Dan denda yang dihadirkan bagi mereka yang masih bandel juga cukup tinggi, yakni penalty SIM dan denda sebesar £ 200 (atau sekitar 2.8 jutaan).

Jika kasus itu diajukan ke pengadilan, seorang pelanggar dapat dilarang sementara dari mengemudi dan menghadapi hukuman maksimum sebesar £ 1000 atau sekitar 14 jutaan lebih atau £ 2000 (sekitar 28 jutaan) untuk pengemudi bus dan truk. Ini tentu bisa memberikan banyak manfaat bagi semua orang di negara tersebut, dan semoga hal tersebut juga bisa diberlakukan di negara kita. Nah, bagaimana menurut anda?

 Baca Juga :



Comments
Loading...

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat