- Berita Terbaru, Gaming Gear, Prosesor

AMD Siap Sajikan CPU Terbaru Ryzen 2nd Gen Seri E

AMD tampaknya sedang mempersiapkan pilihan CPU terbaru pada seri Ryzen 2nd Gen, yakni Ryzen 7 2700E dan Ryzen 5 2600E. Pilihan ini mungkin tampak sama dalam hal spesifikasi, namun keduanya memiliki solusi konsumsi daya yang jauh lebih rendah dengan TDP hanya sekitar 45W saja.

Hal tersebut diungkap oleh beberapa situs besar, termasuk Tomshardware maupun Wccftech, dimana mereka mengklaim bahwa bocoran pertama diungkap oleh produsen motherboard ASRock. Kedua pilihan CPU tersebut juga bahkan memiliki kompabilitas yang sama untuk seri motherboard dengan chipset sebelumnya, hanya saja AMD belum mengkonfirmasi secara resmi mengenai semua rumor terbaru ini.

Baca juga : Negeri Tiongkok Siap Sajikan CPU Produksi Sendiri, AMD “Zen” CPU Inside

Prosesor Terbaru AMD Ryzen 2nd Gen : Ryzen 7 2700E & Ryzen 5 2600E

Menurut rincian yang tumpah dari produsen motherboard ASRock, seperti yang disorot oleh Wccftech.com, CPU yang hemat daya tersebut adalah Ryzen 7 2700E dan Ryzen 5 2600E. Mereka memiliki kekuatan delapan dan enam core masing-masing, dan identik dengan Ryzen 5 2600X dan Ryzen 7 2700X yang ada, kecuali fakta bahwa mereka memiliki pilihan clockspeed dasar yang lebih lambat, dan TDP jauh lebih rendah, yakni sekitar 45W (dibandingkan dengan 95W dan 105W masing-masing ).

AMD Ryzen 2nd Gen

Tingkat clockspeed dasar Ryzen 5 2600E adalah 3.1GHz, dimana pilihan tersebut lebih rendah sekitar 500mhz jika dibandingkan dengan 3.6GHz dari saudara kandungnya yang lebih besar, dan untuk prosesor 2700E, ia akan berjalan pada 2.8GHz dibandingkan dengan 3.7GHz. Hanya saja, maksimum boost clock untuk chip jenis ‘E’ ini masih belum diketahui.

Jika kami melihat semua ini, tampaknya cukup jelas bahwa kedua prosesor tersebut ditujukan pada mereka menginginkan rig yang ringan pada kebutuhan daya (misalnya, orang-orang yang ingin membangun sebuah rig yang sangat kompak seperti PC dengan bentuk faktor kecil). Dan itu tentu bukan hal yang buruk untuk memiliki lebih banyak pilihan. Prosesor AMD yang bocor ini bisa dianggap sebagai pilihan CPU yang sama dengan seri Intel Core T (dicap sebagai ‘power-optimized lifestyle’ chips), meskipun yang terakhir bahkan lebih hemat pada TDP 35W.

Selain itu, tampaknya motherboard AMD dengan seri B450 mid-range (dimana baru-baru ini ditayangkan di Computex) juga akan segera tiba, dimana ini kemungkinan siap hadir bersama chip hemat daya baru tersebut. Dan selain itu, kabar baik lainnya adalah mereka juga tengah mempersiapkan seri CPU entry level lainnya, seperti kehadiran Ryzen 3 generasi kedua yang banyak ditunggu oleh berbagai kalangan. Salah satu yang terus menghangat diseputaran rumor besar ini adalah Ryzen 3 2300X, dimana ini bisa menjadi pilihan fenomenal baru untuk urusan CPU anggaran.

 Baca Juga :



Comments
Loading...

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat

1 thought on “AMD Siap Sajikan CPU Terbaru Ryzen 2nd Gen Seri E

Comments are closed.