- RAM, Serba-serbi, Tutorial

Berapa Sih Kecepatan Memori Yang Ideal Hari Ini?

Jika kamu masih bingung dengan pilihan kecepatan memori yang ideal saat akan membangun sebuah Rig PC, maka dibawah ini kami akan memberikan semacam panduan yang tepat bagi semua pengguna. Dan ternyata, ketika kapasitas RAM sudah dikatakan cukup ideal untuk bisa memenuhi semua kebutuhan pengguna, memilih kecepatan yang tepat biasanya menjadi hambatan tersendiri untuk menentukan, terlebih lagi bagi pengguna awam.

Sebuah memori pada dasarnya bisa diistilahkan sebagai sebuah stasiun kereta, dimana besarnya stasiun adalah kapasitas memori, dan kereta itu sendiri merupakan pilihan kecepatan dari sebuah memori. Ketika stasiun kereta ini mampu menampung banyak penumpang, terkadang mereka lupa bahwa kecepatan dari sebuah kereta sangat berpengaruh untuk bisa mencapai tujuan jauh lebih cepat. Disinilah, pilihan sebuah memori dengan tingkat clockspeed yang tepat layak  dijadikan patokan untuk bisa memenuhi kebutuhan bukan saja pengguna, melainkan performa yang bisa ditawarkan oleh CPU.

Baca juga : Micron Ungkap Potensi Memori GDDR6 Yang Sangat menjanjikan

Alasan Utama Mengapa Kecepatan Memori Sangat Berpengaruh

Hampir semua orang yang memiliki pengetahuan umum tentang komputer tahu atau sepakat bahwa RAM memiliki dua atribut utama yang mempengaruhi kinerja sistem kita, yakni kapasitas dan kecepatan memori. Namun, ketika kita sudah memahami betapa pentingnya kapasitas yang ideal untuk sebuah RAM, terkadang kita lupa bahwa kecepatan juga sangat berpengaruh pada sebuah sistem.

Dan alasan utama mengapa Kecepatan memori sangat berpengaruh adalah, ketika semakin cepat sebuah RAM, maka semakin cepat juga tingkat kecepatan pemrosesan. Ini artinya bahwa jumlah waktu yang dibutuhkan RAM untuk menerima permintaan dari prosesor dan kemudian membaca atau menulis data bisa jauh lebih efisien.

Dengan RAM yang lebih cepat, kita bisa meningkatkan kecepatan di mana memori mentransfer informasi ke komponen lain. Artinya, saat anda memiliki sebuah prosesor cepat, maka dengan kehadiran RAM yang cepat, maka keduanya memiliki cara bicara yang sama cepatnya dengan komponen lainnya, membuat komputer jauh lebih ideal.

Kecepatan RAM diukur dalam Megahertz (MHz), jutaan siklus per detik, sehingga dapat dibandingkan dengan kecepatan clockspeed prosesor Anda. Untuk desktop dan laptop hari ini, kecepatan memori dapat berkisar dari 2133 Mhz standar hingga ke 3200Mhz atau lebih. Kecepatan prosesor dan kecepatan bus dari motherboard sistem adalah faktor pembatas pada kecepatan RAM yang dipasang di sistem Anda.

Nah, Pilihan Kecepatan Memori Mana Yang tepat Untuk Saya?

Istilah lebih cepat lebih baik hari ini bisa dikatakan tepat hanya untuk pengguna enthusiast yang menginginkan performa gahar dan mereka yang memiliki budget tidak terbatas. Itu karena tidak semua pengguna memiliki semua kriteria tersebut, sehingga pilihan yang ideal bisa menjadi beberapa patokan kami dibawah ini.

Pertama, jika kamu seorang pengguna Intel dengan prosesor generasi terbaru 8th Gen, maka sebenarnya kamu tidak perlu memiliki kecepatan yang super tinggi untuk mendapatkan performa idaman, karena dengan pilihan antara DDR4-2400 hingga 2666 juga cukup memadai. Itu karena ia sudah hadir dari apa yang menjadi patokan utama produsen sebagai pilihan yang pas.

Contohnya, ketika kamu berencana untuk membeli sebuah prosesor Intel Core i5-8400, maka pilihan yang pas adalah RAM dengan kecepatan 2400Mhz atau sedikit lebih tinggi, yakni DDR4-2666Mhz. Ini bisa cukup layak untuk memberikan performa yang mantap, tanpa harus berlebihan (atau kekurangan )dalam urusan clockspeed.

Nah, berbeda halnya bagi pengguna prosesor AMD, apalagi seri Ryzen terbaru. Mereka sangat suka sekali dengan pilihan RAM dengan clockspeed yang cepat. Ibaratnya, semakin cepat sebuah RAM, maka semakin baik performa yang bisa ditawarkan oleh prosesor ini. Dan ketika kami ditanya pilihan clockspeed mana yang tepat, maka kamu perlu memiliki seri memori dengan clockspeed antara 2666Mhz hingga 3200Mhz. Kamu bisa menyesuaikan dengan budget, namun pilihan yang paling ideal adalah pilihan tertinggi. Meskipun, seri dibawahnya juga terhitung cukup layak, hanya saja performa yang ditawarkan bisa kurang maksimum dalam hal potensi dari apa yang bisa ditawarkan oleh prosesor AMD dan bisa sangat berbeda dalam urusan kinerja.

Kecepatan Memori

Hal yang sama juga berlaku bagi mereka yang masih berencana mengandalkan grafis iGPU, seperti Intel HD Graphic ataupun Vega GPU versi AMD. Pilihan ini mungkin masih tergantung pada teknologi memori dual channel sebagai pilihan jitu, namun juga jangan lupa dengan tingkat kecepatan memori, karena pilihan ini akan memberikan jarak yang nyata untuk urusan kinerja.

Contohnya, ketika kamu berencana untuk menghadirkan pilihan prosesor AMD Ryzen 2200G, maka selain teknologi dual channel untuk urusan RAM, memori yang lebih tinggi juga akan memperlebar jarak untuk urusan Fps. Intinya, ia bisa memberikan kinerja yang jauh lebih pasti dalam urusan grafis, terlebih lagi integrated GPU sangat mengandalkan memori sistem untuk mengatur seberapa hebat kekuatan yang dimilikinya.

Nah, itu dia sedikit pandangan umum kami mengenai kecepatan memori yang ideal untuk pengguna modern hari ini, terlebih lagi bagi mereka yang akan membuat atau membangun sebuah gaming rig atau desktop PC modern hari ini. Terlepas dari segala kekurangannnya, yang pasti kami harapkan bahwa artikel ini bisa membawa manfaat tersendiri, khususnya bagi mereka yang masih bingung dengan pilihan clockspeed yang pas untuk sistem PC, termasuk juga laptop.

 Baca Juga :



Comments
Loading...

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat