- Hardware, Laptop

ASUS VivoBook Flip 14 TP410UA Preview : Harga, Spesifikasi & Konfigurasi

ASUS memiliki pilihan lengkap untuk urusan notebook, dan ketika kamu sedang mencari sebuah perangkat portable yang memiliki banyak fitur untuk bisa memenuhi semua kebutuhan kamu, maka ASUS VivoBook Flip 14 TP410UA layak dijadikan sebagai pertimbangan utama. Pilihan laptop 2-in-1 ini akan memberikan banyak nilai unggulan, termasuk bentuk desain idaman yang sangat berkelas.

ASUS VivoBook series bisa dikatakan sebagai pilihan notebook mainstream dengan rasa premium, dan betapa tidak, ketika harga yang ditawarkan sangat menggiurkan bagi para pemilik anggaran terbatas, mereka juga menyajikan nuansa bentuk desain berkelas, termasuk kekuatan komputasi yang cukup ideal untuk kebutuhan modern hari ini. Salah satu faktanya adalah VivoBook Flip 14 TP410UA, dan jika kamu penasaran dengan notebook 2-in1 tersebut, mari kita lihat lebih detail dibawah ini.

Baca juga : 5 Pilihan Hebat Notebook Untuk Pelajar (Update Juli 2018)

ASUS VivoBook Flip 14 TP410UA Preview : Pandangan Umum

Spesifikasi ASUS VivoBook Flip 14 TP410UA
HargaRp 7.399.000
ProsesorIntel® Core™ i5 7200U Processor
Intel® Core™ i3 7100U Processor
Sistem OperasiWindows 10 Home
Memoriup to 8 GB SDRAM(On selected models)
Display14.0" (16:9) LED backlit FHD (1920x1080) Glare 60Hz Touchscreen
with 72% NTSC (On selected models) with 178˚ wide-viewing angle display
GrafisIntegrated Intel HD Graphics
StorageUp to 1TB 5400RPM SATA HDD
KeyboardChiclet keyboard
Optional Illuminated Chiclet Keyboard is available
Card ReaderMulti-format card reader (SD/SDHC/SDXC)
WebCamVGA Web
NetworkingIntegrated 802.11 AC (2x2)
Built-in Bluetooth V4.1
Interface1 x Microphone-in/Headphone-out jack
1 x USB 3.1 Type C port(s)
1 x USB 3.0 port(s)
2 x USB 2.0 port(s)
1 x HDMI
1 x Fingerprint (On selected models)
1 x SD card reader
1 x Volume up/down
AudioBuilt-in Stereo 2 W Speakers And Microphone
ASUS SonicMaster Technology
Baterai3 Cells 42 Whrs Battery
Dimensi327.4 x 226.5 x 19.2 mm (WxDxH)
Berat1.6 kg with Battery

Mereka bilang bahwa ASUS VivoBook Flip 14 TP410UA hadir untuk menyajikan pilihan yang pas bagi pengguna modern dengan bentuk desain yang cukup istimewa. Notebook itu sendiri merupakan sebuah pilihan perangkat dengan ukuran display 14” yang cukup ramping dan tipis, terlebih lagi ia dibalut dengan bahan alumunium dan memiliki tingkat ketebalan hanya sekitar 1.9 cm dan berat sekitar 1.6Kg. Dengan kisaran harga terendah sekitar 7 jutaan, kamu sudah bisa memiliki sebuah notebook “rasa Premium” dengan bentuk desain terbaik dan jauh lebih ideal untuk urusan portabilitas.

ASUS VivoBook Flip 14 TP410UA

Selain itu, notebook ini juga memiliki banyak pilihan fitur, apalagi ia memang dirancang untuk bisa memenuhi hampir semua kebutuhan pengguna, baik dalam kegiatan apapun seperti kemampuan standar laptop, tablet maupun hal hebat lainnya. Selain itu, tampilan yang dirasakan pada notebook ini terasa jauh lebih tajam dan luas, apalagi produsen pada dasarnya menghadirkan bentuk desain NanoEdge ultra-Narrow, sehingga tampilan akan terasa jauh lebih luas dan sangat berkelas.

Dan tidak hanya itu saja, kekuatan komputasi yang dihadirkan pada pilihan ini juga siap menyajikan performa yang cukup menawan, termasuk pilihan prosesor Intel Core i3-7100 (untuk konfigurasi terendah) maupun prosesor Intel Core i5-7200U yang akan memberikan pilihan ideal untuk kebutuhan pekerjaan yang cukup menuntut. Dan ASUS selalu menyanjung seri ini dengan kekuatan daya tahan baterai yang sangat bandel, termasuk dukungan teknologi  Asus Battery Health Charging yang akan membantu melindungi baterai, termasuk memperpanjang masa pakai baterai jauh lebih lama.

Selain itu, kamu bisa memberikan banyak fungsi pada layar yang dihadirkan, entah sebagai pilihan notebook standar, tablet mode maupun tent mode. Terlebih lagi, ia memiliki fitur durable hinge, dimana ini bisa memastikan daya tahan maksimal. Mesin logam 360° presisi tanpa batas dari VivoBook Flip 14 diklaim memiliki waktu hingga 20.000 siklus. Jadi kita dapat yakin bahwa VivoBook Flip 14 tersebut akan siap untuk mode apa pun, kapan saja – selama bertahun-tahun yang akan datang.

Display

Mari kita lihat dari sisi terluar lebih dulu, dimana ia hadir dengan ukuran layar sekitar 13.3”, dimana pilihan ini mungkin akan terasa cukup kecil untuk sebuah display standar. Namun karena produsen menyajikan fitur NanoEdge ultra-Narrow, VivoBook Flip 14 memiliki rasio screen to body hingga 78,7% sehingga tampilan akan terasa jauh lebih luas dan berkelas, termasuk area tampilan yang lebih besar dan tampilan yang lebih mendalam. Ini tentu akan membantu kualitas layar jauh lebih ideal, terlebih lagi seri ini hadir dengan display yang memiliki maksimum resolusi hingga Full HD (1920×1080).

Selain itu, tampilan Full HD ini juga dilengkapi dengan teknologi IPS, sehingga pengguna memastikan tingkat sudut pandang yang jauh lebih baik hingga 178°, termasuk juga bisa memastikan bahwa warna dan kontras tetap hidup dan tajam, bahkan bila dilihat pada sudut manapun. Ini menjadikannya solusi sempurna untuk berbagi konten dengan teman dan kolega.

Selain itu,display yang hadir juga memiliki dukungan Ultra-accurate touch, yang bisa menghadirkan pengalaman akurat untuk urusan finger touch pada display.

Tentu, pilihan ini sangat ideal untuk segala kebutuhan pengguna ketika mereka menghadirkan fitur tablet mode, dan memastikan pengalaman sentuhan jari terasa jauh lebih nyaman. Untuk itulah, produsen menghadirkan sensor sentuh dengan presisi tinggi, dimana ini ditempatkan pada interval 6mm sehingga memastikan sensitivitas yang lebih besar dari tampilan standar, hasilnya, segala sentuhan sangat kecil pun bisa terdeteksi. Selain itu, VivoBook Flip 14 juga bisa bekerja sangat ideal dengan ASUS Pen, dimana ini dijual secara terpisah.

Konektivitas

Produsen juga tampaknya tidak kalah hebat dalam sajian konektivitas, karena ada banyak pilihan port maupun konektivitas internet yang lengkap dan cukup cepat bagi pengguna modern. Untuk urusan konektivitas port USB, ada 4 pilihan port USB yang terbagi dalam beberapa sajian, diantaranya adalah sebuah port USB 3.1 Type C yang bisa menjadi pilihan port istimewa untuk semua kebutuhan banyak perangkat,sebuah port USB 3.0 yang dapat menangani kinerja hingga 5gbps (640MBps), dan dua buah pilihan port USB 2.0 standar.

Untuk urusan konektivitas lainnya yang dihadirkan pada ASUS VivoBook Flip 14 TP410UA adalah sebuah port Microphone-in/Headphone-out jack ,  sebuah port HDMI untuk fitur multi-display, sebuah Fingerprint, sebuah SD card reader dan tombol untuk Volume up/down.

Untuk urusan konektivitas nirkabel, baik untuk internet maupun hal hebat lainnya, VivoBook Flip 14 memiliki fitur Bluetooth® 4.1 dan dual-band 802.11ac Wi-Fi yang memiliki daya rendah dan terhitung sangat ideal untuk kebutuhan internet hari ini. Terlebih lagi, ia siap menyajikan kinerja yang jauh lebih handal dan memiliki keuntungan maksimal 6X lebih cepat daripada standar 802.11n generasi sebelumnya.

Keyboard & Touchpad

Seri ASUS VivoBook Flip 14 TP410UA mungkin juga bisa cukup ideal untuk mereka yang biasa beraktivitas dalam kegiatan mengetik sebagai pekerjaan kesehariannya. Untuk itulah, notebook ini hadir dengan pilihan Chiclet keyboard yang cukup nyaman, termasuk pilihan Illuminated Chiclet Keyboard pada seri yang lebih tinggi.

VivoBook Flip 14 sendiri memiliki pilihan keyboard yang cukup baik dan hadir dengan tombol ukuran penuh, terlebih lagi ia memiliki jumlah key travel yang tepat untuk membuatnya sangat nyaman digunakan, bahkan untuk tugas mengetik maraton. Mekanisme tombol yang dirancang dengan cerdik memberi keys sebuah perasaan reassuringly-solid, termasuk tombol backlit yang akan membantu pengguna di ruangan yang gelap., Ini tentu akan membuat kita tetap selalu produktif, meskipun pilihan keyboard termasuk sajian standar.

Sedangkan untuk urusan touchpad, seri ini tidaklah buruk namun bukanlah yang terbaik. Segala kegiatan yang biasa kita lakukan melalui mouse dapat terukur dengan pasti pada touchpad yang memiliki ukuran cukup besar ini. Apalagi, ia juga mendukung beberapa fungsi extra, termasuk drag and drop terasa cukup mudah untuk dilakukan di area mana saja.

Satu hal yang hebat selain kehadiran keyboard dan touchpad pada notebook ini adalah kehadiran fitur extra lainnya, yakni fingerprint. Pilihan ini akan terasa lengkap dan mewah untuk sebuah notebook mainstream, terlebih lagi ia bisa memberikan banyak manfaat bagi pengguna, termasuk login Windows yang jauh lebih fleksibel dengan hanya satu tombol jari. Apalagi, ia juga mendukung Windows Hello, sehingga kita hanya perlu melakukan satu sentuhan saja untuk masuk.

Spesifikasi Internal

Ketika urusan exterior terasa cukup spesial, maka hal tersebut tampaknya akan disempurnakan dalam spesifikasi internal. Kehadiran kekuatan komputasi yang sangat layak hadir dari prosesor Intel Core i3-7100 generasi ke-7 (untuk pilihan terendah), dan kekuatan RAM 4GB akan mencukupi semua kebutuhan pekerjaan modern anda hari ini. Untuk lebih jelasnya, mari kita ungkap lebih detail dibawah ini.

Prosesor

Intel Core i3-7100 dengan kekuatan dual core dan 4 thread hadir sebagai sajian utama, itupun jika anda menginginkan pilihan konfigurasi terendah dengan kisaran harga sekitar 7jutaan. Pilihan ini siap menyajikan kinerja yang cukup baik untuk aplikasi modern hari ini,meskipun masih terbatas untuk pekerjaan kasual yang tidak terlalu menuntut. Namun begitu, pilihan ini sudah terhitung cukup layak, terlebih lagi ia memiliki pilihan clockspeed 2.4ghz yang terhitung cukup baik.

Spesifikasi Intel Core i3-7100U
Series Intel Core i3
Codename Kaby Lake
Clock Speed  2400 MHz
Level 1 Cache 128 KB
Level 2 Cache 512 KB
Level 3 Cache 3 MB
Number of Cores / Threads 2 / 4
Max. Power Consumption (TDP = Thermal Design Power) 15 Watt
Manufacturing Technology 14 nm
Max. Temperature 100 °C
Socket BGA1356
Features Dual-Channel DDR4 Memory Controller, HyperThreading, AVX, AVX2, Quick Sync, Virtualization, AES-NI
GPU Intel HD Graphics 620 (300 – 1000 MHz)
64 Bit 64 Bit support

Prosesor ini dibangun dalam proses lithography 14nm, dimana ia diluncurkan pada akhir tahun 2017 silam, jadi pilihan ini terhitung cukup baru. Dan karena proses produksi 14nm sangat ideal untuk urusan konsumsi daya, maka prosesor ini sangat baik untuk dihadirkan pada notebook tipis. Terlebih lagi, ia memiliki TDP sekitar 15W, sehingga pilihan ini akan memberikan nilai plus untuk urusan konsumsi daya yang cukup hemat, sehingga kekuatan baterai akan jauh lebih lama.

Grafis

Kekuatan grafis notebook ini tampaknya akan tergantung pada Intel HD Grafis 620, dimana pilihan ini mungkin tidak terlalu ideal untuk pekerjaan yang cukup menuntut, termasuk untuk gaming kelas berat. Namun begitu, pilihan ini sangat baik untuk segala jenis pekerjaan kasual, termasuk kasual gaming. Terlebih lagi, ia hadir dengan nilai yang pas dan dukungan display hingga 4K untuk urusan video player, movie maupun hal hebat lainnya.

Storage & RAM

Untuk urusan penyimpanan, ASUS tampaknya masih menghadirkan pilihan tradisional sebagai sajian utama. Kehadiran HDD standar dengan kapasitas 1Terabyte dengan kinerja hingga 5400RPM mungkin akan memberikan banyak pilihan besar, namun sebuah SSD bisa menjadi nilai plus. Untungnya, mereka menyediakan pilihan upgrade yang cukup mudah bagi pengguna, meskipun ini perlu ditelaah lebih dalam dalam review kami selanjutnya.

Hal yang sama juga hadir untuk urusan RAM, dimana mereka menghadirkan pilihan standar untuk kekuatan memori, yakni 4GB DDR4, namun pilihan ini juga bisa diupgrade hingga 8GB maksimum. Pilihan standar 4GB hari ini mungkin masih bisa memenuhi semua kebutuhan kita dalam pekerjaan sehari-hari, namun kekuatan 8GB akan sangat layak untuk hari esok yang cerah.

Audio

Terlepas dari kemampuan standar dari kekuatan komputasi yang bisa dihadirkan pada notebook ini, ASUS VivoBook Flip 14 TP410UA memiliki pilihan yang cukup menggemaskan dalam urusan audio. Betapa tidak, mereka menghadirkan Built-in Stereo 2 W Speakers dan Microphone didalamnya, termasuk dukungan untuk ASUS SonicMaster Technology.

Ini bisa memberikan fitur audio yang cukup mendalam, termasuk bisa membawa hiburan ke tempat yang jauh lebih ideal. Teknologi ASUS SonicMaster itu sendiri dikembangkan oleh tim ASUS Golden Ear dan ICEpower, sehingga mereka bisa menjanjikan pilihan audio yang cukup nyaman bagi pengguna melalui perangkat notebook. Itu karena mereka berhasil mengkombinasikan perangkat keras dan perangkat lunaknya yang inovatif pada audio.

Kesimpulan

Nah, itu dia sedikit preview dari ASUS VivoBook Flip 14 TP410UA, dimana pilihan notebook 2-in-1 ini bisa menjadi bahan pertimbangan utama anda dalam daftar pembelian selanjutnya. Apa yang terbaik dari notebook ini adalah harga yang ditawarkan terhitung cukup terjangkau, apalagi nilai bentuk desain benar-benar sangat nyaman sebagai pilihan berkelas. Pilihan ini bisa dikatakan sebagai notebook 2-in-1 mainstream dengan rasa premium, terlebih lagi ada banyak fitur yang sangat ideal untuk pengguna modern hari ini.

Kekuatan komputasi mungkin bukanlah yang terbaik, namun ia masih bisa menyajikan pilihan ideal untuk semua pekerjaan modern anda hari ini, terlebih ia memiliki kemampuan yang sangat jitu untuk semua hal yang ada didalam benak pikiran kamu. Jadi, tingkatkan nilai kreativitas kamu dengan notebook ASUS VivoBook Flip 14 TP410UA, karena ia akan mewujudkan nilai terbaik untuk semua hal hebat anda berikutnya.

 Baca Juga :



Comments
Loading...

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat