- Built-up PC, Gaming Gear, Prosesor, Serba-serbi, Tutorial, Windows

Apa Sih Next Unit of Computing Atau NUC Itu? Begini Penjelasannya

Intel’s Next Unit of Computing (NUC ) kini sudah memiliki generasi kedelapan dengan nama kode Hades Canyon, dimana ini didasarkan pada prosesor Kaby Lake-G yang mengandalkan kekuatan grafis AMD Vega. Sebagian dari kita mungkin tahu arti dari NUC ini, namun ternyata banyak dari pengguna tidak mengetahui secara persis hal tersebut.

NUC sendiri sudah hadir sejak generasi CPU Sandy Bridge hadir pertama kali tahun 2009 lalu, dan pilihan dengan bentuk faktor yang sangat kecil ini bisa memberikan kekuatan komputasi besar dan layak menjadi pilihan ideal untuk penggunaan di luar lingkungan standar Desktop PC. Tapi, apa sih sebenarnya “NUC” itu? Ini bisa cukup membingungkan sebagian dari kita, apakah kotak-kotak kecil ini cukup berharga sehingga kamu harus mempertimbangkan untuk membelinya sendiri? Mari kita lihat lebih detailnya dibawah ini.

Baca juga : Update Terbaru Harga Prosesor Intel Core 8th Gen

Apa Sih Next Unit of Computing (NUC)?

NUC sendiri merupakan kependekan dari “Next Unit of Computing”, dimana ini merupakan komputer berbentuk kotak kecil yang sering memiliki ukuran hanya beberapa inci atau lebih dalam, yang berisi seluruh sistem yang dijejalkan ke dalam chassis kecilnya. Wiki sendiri menyebut NUC sebagai komputer pribadi dengan bentuk kecil yang dirancang oleh Intel, dimana ia memiliki motherboard yang hanya berukuran 4 × 4 inci (10.16 × 10.16 cm).

Ini bisa menjadi impian seorang DIYer, karena komputer NUC juga bisa dijual sebagai kit barebone yang perlu dirakit oleh pengguna untuk membuatnya bekerja, seperti model pesawat kuno yang juga bisa memainkan kasual game hingga 60fps. Kit barebone sendiri terdiri dari papan, dalam wadah plastik dengan kipas, catu daya eksternal, dan pelat pemasangan VESA. Intel hanya menjual motherboard NUC, yang memiliki CPU built-in, meskipun harga motherboard NUC sangat dekat dengan perangkat casing yang sesuai; sedangkan casing pihak ketiga untuk papan NUC juga tersedia.

Next Unit of Computing (NUC)

Dan karena pilihan NUC kini sudah memiliki generasi kedelapan, kekuatan yang bisa kita dapatkan dari perangkat ini akan sangat bervariasi, tergantung pada jenis unit yang Anda pilih. Jika kamu mampu memilih pilihan terbaru yang membawa kekuatan Intel Core i7‑8705G dengan kekuatan grafis dari Radeon RX Vega M, maka ia bisa memberikan pilihan yang tangguh untuk lebih dari “sekedar” kinerja kasual, baik untuk ditempatkan dimana saja, termasuk ruang keluarga yang tampak sepi sebelumnya.

Secara umum, NUC cukup terbatas pada jumlah port yang dapat mereka pegang atau fitur tambahan yang dapat mereka dukung, tetapi mereka tidak kehilangan hampir sama banyak ketika kita melihat harga yang ditawarkan (apalagi jika kamu menginginkan hades Canyon terbaru). Beberapa NUC generasi yang lebih tua mungkin akan memiliki pilihan yang cukup murah,  namun model-model baru bisa memiliki harga yang fantastis, bahkan jauh lebih tinggi dari sebuah notebook kasual.

Dan karena ukurannya yang sangat kecil, Intel’s NUC juga biasanya tidak dilengkapi dengan drive optik, atau juga tidak ada pilihan sistem operasi yang sudah terinstal. Ini berarti bahwa jika kamu berencana untuk mendapatkannya, pastikan untuk mendapatkan salinan berlisensi dari sistem operasi yang dimuat ke USB flash drive sebelum mengirim NUC, atau setidaknya memesan drive DVD eksternal yang bisa dihubungkan di via USB untuk menangani disk.

Sisi Unggulan Next Unit of Computing

Ada banyak alasan yang sangat bagus yang bisa membujuk kamu untuk mendapatkan perangkat ini, tetapi yang utama dan pastinya bisa mengalahkan semua itu adalah fakta bahwa itu sangat kecil. Beberapa NUC bahkan sangat tipis dan ringan, dimana secara harfiah mereka bisa muat di saku anda, tetapi masih memiliki jumlah daya yang sama dengan yang bisa kita harapkan dari sebuah laptop 15 ″ atau 17.

Sebagai permulaan, perangkat portable mini PC ini sangat bagus jika anda seorang pejuang didunia luar yang membutuhkan PC kuat, entah hanya perlu menyalakan layar besar di pameran dagang, atau hanya untuk menarik sedikit tambahan kinerja extra dalam bentuk portable kecil. NUC sendiri dapat menawarkan prosesor yang lebih baik daripada yang mungkin kita bisa lihat di laptop, karena dengan peningkatan ruang dan aliran udara yang ditawarkan NUC, Intel telah dapat melengkapi NUC mereka dengan versi lengkap chip grafis Intel Iris HD termasuk Radeon Vega yang handal.

Tidak hanya itu, ini bisa menjadi sistem kecil namun memiliki peran besar seperti mendirikan pusat media di ruang tamu, tetapi tidak ingin menara desktop standar yang terlalu panas dan terlalu banyak mengambil semua ruang di pusat hiburan untuk membuatnya bekerja. NUCs sangat pas di belakang TV apa pun tanpa memaksakan desain rumah pengguna, dan sebagian besar bahkan memiliki tunggangan adaptasi VESA yang memungkinkan pengguna untuk memasang perangkat ini langsung ke bagian belakang TV untuk operasi ultra-diskrit, semua untuk jauh lebih sedikit dari apa yang bisa kita harapkan daripada membayar Mac Mini.

Dengan revolusi 4K yang menunggu di balik cakrawala, NUC bisa menjadi investasi sempurna sebelum membeli Xbox atau PS4 yang masih menahan nafas, apalagi kebanyakan NUCs terbaru mampu mengalirkan Netflix dalam resolusi 4K tanpa gagap, dan bahkan model ujung terendah datang dengan port untuk memasang peralatan jaringan yang bisa kita perlukan untuk menjalankan server media khusus yang dapat diakses langsung dari perangkat seluler apa pun atau desktop terpisah.

Terakhir, perangkat ini juga dapat membuat kit hobi yang luar biasa untuk para ilmuwan komputer cilik atau mudah yang bercita-cita untuk menjadi seseorang yang hebat, dengan berton-ton suku cadang modular yang dapat ditukarkan di dalam atau di luar sistem. Semua kotak dijual dalam kit barebone, yang kemudian dapat ditingkatkan dengan berbagai bagian yang bisa kita satukan sendiri atau bersama anak-anak. NUC adalah pengenalan yang cepat dan sederhana ke dalam fondasi untuk mempelajari cara kerja komputer, yang dapat mendorong siapa pun di rumah untuk lebih tertarik dalam mempelajari bagian mana yang pergi dan apa yang membuat hal itu berasal.

Kesimpulan

Kehadiran Next Unit of Computing  dilihat oleh beberapa pengulas sebagai tanggapan Intel terhadap (atau adopsi) format Apple Mac Mini, meskipun sebenarnya lebih kecil, secara fisik. [Mengingat sifat kitnya, mereka juga melihatnya sebagai bentuk Raspberry Pi yang lebih kuat, terutama karena papan NUC dapat dibeli tanpa casing.

Dan juga, melihat perkembangan pasar konsumen yang terus membanjiri ke dunia perangkat seluler dan portabel, bagus juga bagi kita untuk melihat bahwa perusahaan seperti Intel tidak takut untuk beradaptasi atau berguling dengan pukulan saat mereka datang. NUC menjadi salah satu solusi mereka, dan tidak diragukan bahwa ini bisa menjadi bagian dari produk yang sangat spesifik untuk jenis konsumen istimewa.

Intinya, kehadiran NUC bisa memberikan sebuah kotak streaming 4K atau sesuatu yang dapat menjalankan permainan standar seperti kasual gaming eSPort maupun hal lainnya yang tidak terlalu menuntut. Terlebih lagi, NUCs mungkin tidak tepat untuk semua orang, tetapi mereka masih menyenangkan bagi sebagian dari kita, dan itu alasan yang cukup untuk memberi produsen kesempatan yang indah.

 Baca Juga :



Comments
Loading...

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat