- Android, Berita Terbaru, Games, Gaming Gear, iPhone, Serba-serbi, Smartphone, Windows, Xbox

Mobile Gaming Kini Menguasai Pasar Secara Global

Kita tahu bahwa PC game maupun yang biasa hadir di konsol seperti PS4 ataupun Xbox memegang pasar gaming yang besar sejak beberapa tahun kebelakang. Namun, pilihan tersebut tampaknya beralih kekuasaan, ketika Mobile Gaming yang biasa hadir pada ponsel kini berhasil menguasai pasar lebih dari 51% di seluruh dunia. Hal tersebut diungkap oleh Newzoo yang memprediksi pasar global untuk gaming tahun ini.

Lebih dari dua tahun yang lalu, kami melihat kembali laporan analis untuk pasar game 2015 dan menyoroti temuan mengejutkan bahwa PC sebenarnya adalah platform game paling penting di dunia dari perspektif pendapatan mentah. Namun kami memperingatkan bahwa pertumbuhan pesat yang terus berlanjut di pasar ponsel menggerus dominasi pasar PC yang tidak akan bertahan selamanya.

Baca juga : Loot Box Dalam Game Dianggap Ilegal Di Negara Belgia

Mobile Gaming Tumbuh Pesat Di kawasan Asia

Hal tersebut ditegaskan oleh Newzoo saat mereka memprediksi Pasar Global 2018, dimana mereka memperkirakan bahwa game seluler akan menjadi mayoritas (51 persen) dari seluruh pendapatan game di seluruh dunia tahun ini (termasuk ponsel pintar dan tablet, tetapi bukan handheld game khusus). Pendapatan ini tentu akan naik dari 34 persen pada tahun 2015 dan hanya 18 persen pada tahun 2012. Konsol dan game PC akan membagi sisa kue secara relatif merata pada 2018, masing-masing 25 persen dan 24 persen dari total pendapatan belanja di seluruh dunia.

Mobile Gaming

Pertumbuhan pasar ponsel tampaknya tidak akan menunjukkan tanda-tanda untuk berhenti, bahkan pada 2021 mendatang, Newzoo memperkirakan bahwa pasar ini akan memiliki pendapatan hingga 59 persen dari semua belanja game, termasuk mereka yang akan masuk ke platform seluler dari konsol dan game PC. Apa yang menjadikan semua hal tersebut berubah pesat adalah pertumbuhan pasar di Asia pesat, yang sekarang mewakili 52 persen dari total skala global. China sendiri memiliki basis 28 persen dari semua belanja game di dunia, naik dari 24 persen pada tahun 2015.

Newzoo juga melihat bahwa pasar untuk game PC sedikit agak jenuh. “Beberapa judul [PC] yang paling populer sudah beroperasi mendekati potensi monetisasi penuh mereka dan, pada saat yang sama, kemungkinan tidak akan tergeser oleh permainan baru dengan segera,” ungkap para analis. Harga Race-to-the-bottom pada judul PC pay-to-play juga akan membatasi pertumbuhan pasar PC menjadi 1,8 persen per tahun hingga tahun 2021, sebaliknya, pertumbuhan tahunan untuk mobile gamie akan naik hingga 10,3 persen pada periode yang sama.

Inilah tampaknya mengapa game populer sekelas Fortnite maupun PUBG kini memiliki basis lengkap mereka di ponsel (bahkan PUBG tersedia secara gratis). Newzoo juga melihat tren yang sama untuk pasar MMO berbasis browser yang masih menguntungkan (yang sangat besar di Asia) hingga setengah dari ukuran saat ini pada tahun 2021, karena banyak para pemain tampaknya beralih ke ponsel mereka sebagai gantinya.

Namun, Konsol dan pemain PC nyatanya tidak perlu khawatir bahwa platform pilihan mereka akan layu baik untuk beberapa tahun ke depan atau kapan pun. Karena pilihan ini akan selalu menjadi yang terbaik dalam hal gameplay, kualitas grafis maupun tingkat kepuasan yang relatif jauh lebih ideal. Sederhananya, pilihan game PC dan konsol lebih diarahkan pada gamer serius berbasis komunitas yang sangat loyal, sedangkan Mobile gaming lebih diarahkan untuk kasual gaming, meskipun hal tersebut mungkin saja berbalik arah.

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat

1 thought on “Mobile Gaming Kini Menguasai Pasar Secara Global

Comments are closed.