- Tutorial, Windows

Solusi Jitu Atasi Sistem Windows 10 Yang Lambat Pada PC Atau Laptop

Atasi Sistem Windows 10 Yang Lambat – Entah anda menggunakan laptop atau desktop PC, pengguna biasanya memiliki masalah umum yang hadir didalamnya. Salah satunya adalah kinerja yang jauh lebih lambat jika dibandingkan saat anda pertama kali membeli atau menginstalnya. Ada banyak solusi yang baik untuk mengatasinya, namun cara paling ideal sebenarnya tidak selalu pergi ke jalan yang rumit, bahkan sangat mudah bagi pengguna secara umum.

Nah, terlepas dari itu semua, dibawah ini kami hadirkan sebuah solusi yang efektif dan bisa anda coba untuk mengatasi masalah lambatnya kinerja PC atau laptop  dengan proses yang cukup sederhana.

Baca juga : Begini Cara Install Windows 10 Secara Bersih

Solusi Jitu atasi Sistem Windows 10 yang lambat pada PC Atau Laptop

Seiring bertambahnya waktu, maka program yang hadir pun semakin bervariasi dan bertambah banyak didalamnya. Entah anda sengaja menginstal beberapa program yang hanya dibutuhkan untuk satu waktu saja, namun terkadang juga ada program yang dibawa oleh aplikasi lain sebagai pilihan tambahan. Inilah mengapa hal tersebut bisa menjadi sumber masalah yang perlu diatasi secepatnya.

Nonaktifkan beberapa (atau semua) aplikasi yang bekerja secara otomatis dilatar belakang.

Ini nyatanya bisa memberikan dampak besar dalam hal kinerja, apalagi jika ternyata ada banyak program yang bekerja secara diam-diam (tanpa sepengetahuan anda) saat kita menyangka sistem sedang dalam keadaan idle. Langkah paling mudah adalah dengan cara :

  • Pertama, tekan kombinasi Ctrl + Alt + Del untuk menghadirkan Task Manager, atau anda hanya tinggal mengetik Task Manager pada tombol pencarian dan tekan enter untuk memasuki aplikasi ini.

 

  • Kemudian, lihat Tab Startup pada bagian kanan. Disinilah semua sihir akan bekerja secara efektif ketika anda menonaktifkan beberapa program yang bekerja secara otomatis saat Windows pertama kali bekerja.

  • Nonaktifkan beberapa program yang sebenarnya tidak diperlukan anda, dengan cara mengklik kanan aplikasi yang ingin anda nonaktifkan, kemudian pilih opsi disable. Anda bisa mengubah semua opsi ini kapan saja dengan cara yang sama.

Solusi Jitu atasi Sistem Windows 10

  • Setelah itu, tutup Task Manager, kemudian buka aplikasi lain, yakni msconfig, dimana Windows menyebutnya sebagai System Configuration.
  • Ketik “”msconfig” di tombol search Windows, lalu tekan enter untuk memasuki aplikasi ini.

  • Setelah itu, lihat pada bagian tab Service. Untuk menghindari kesalahan, centang tanda “Hide All Microsoft Services”.

  • Kemudian pilih disable untuk beberapa aplikasi yang anda ingikan, maka ia tidak akan berjalan secara otomatis pada Windows, atau anda bahkan bisa menonaktifkan semua dengan satu pilihan tombol pada bagian bahwa dengan opsi “Disable All”

  • Jika sudah yakin, klik Apply dan tutup aplikasi ini. Windows akan merestart secara otomatis untuk memulai semua perubahan yang telah kita lakukan.

Nah, itu saja mungkin solusi yang hadir saat ini, meskipun mungkin sudah banyak pengguna yang mengetahui hal tersebut. Tapi, selali ada pengguna baru diantara kita semua, atau bahkan mereka yang sudah memiliki PC atau laptop tidak mengetahui secara pasti tentang cara paling mudah tersebut. Selain itu, hapus juga beberapa program yang sebenarnya tidak diperlukan bagi anda. Selain memenuhi ruang kapasitas penyimpanan, ia juga bisa memberikan dampak paling tinggi ketika aplikasi ini bekerja secara diam-diam dilatar belakang.

Jadi, dari semua hal yang kami hadirkan diatas, pastinya semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk subscribe, like atau follow akun media sosial kami dibawah ini dan dapatkan artikel terbaru lainnya yang mungkin bisa menjadi sumber inspirasi anda.

 Baca Juga :



Comments
Loading...

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat