Apa Yang Kami Ketahui Tentang ASIC Miner

Proses mining mata uang digital tampaknya tidak terlalu efektif hari ini, khususnya bagi mereka yang masih memakai desktop PC dirumah mereka. Selain karena dunia ini sedikit tidak menentu(termasuk harga dan tingkat kesulitan),kehadiran produsen mesin ASIC Miner kini membuat para penambang yang memiliki anggaran terbatas jauh lebih menyulitkan mereka daripada sebelumnya dalam hal persaingan.

Penambangan cryptocurrency awalnya dirancang untuk menjadi sesuatu yang dapat dilakukan semua orang dengan komputer rumah mereka. Namun hari ini, entah anda ingin menambang Bitcoin, Litecoin, DASH, atau sejumlah cryptocurrency lainnya , cara paling efektif untuk melakukannya adalah dengan perangkat keras khusus yang dikenal sebagai ASIC Miner. Jadi, jika anda penasaran dengan mesin tersebut, mari kita ungkap sedikit pandangan umum tentang ASIC Miner dibawah ini.

Baca juga : Harga Bitcoin Terus Turun, Pertanda Buruk Bagi Penambang

Apa Yang Kami Tahu Tentang ASIC Miner

Jika anda tahu, Mesin ini bukan PC desktop atau rig penambangan dengan kartu grafis khusus , ini adalah sesuatu yang lain. Mereka menamakan ini sebagai Application specific integrated circuits atau ASIC, dimana ini merupakan mesin khusus untuk penambangan cryptocurrency. Mesin ini dibangun ke dalam motherboard dan catu daya yang dirancang khusus, yang dibuat menjadi satu unit. Ini bukan hanya mesin yang dibuat secara khusus, justru sengaja dirancang dan dikembangkan mulai dari hardware ke tingkat paling rendah, chipset.

Singkatnya, biasanya mining membutuhkan proses untuk menjalankan perhitungan rumit dalam  pencarian nomor tertentu. Ketika mesin lain masih sibuk mencari perhitungan seperti GPU atau CPU, ASIC Miner hadir sebagai solusi ampuh. Ia bisa menjadi yang tercepat saat ada pengundian sayembara penulisan nomot tertentu ketika sedang mencari alogaritma yang pas untuk sebuah 1 bitcoin. Dan yang pertama menemukan nomor tersebut akan memiliki imbalan atau harga,.

Jadi, Yang Membuat Asic Miner Jauh Lebih baik?

Ibaratnya begini, ketika CPU dan GPU memiliki fungsi umum sebagai mesin komputasi yang dirancang untuk melakukan sesuatu lebih dari satu hal, ASIC Miner dirancang jauh lebih khusus untuk satu tujuan saja. Sehingga hasil yang didapatkan oleh mesin khusus ini tentu jauh lebih baik dalam kinerja. Contoh sederhananya,  bandingkan ketika anda memakai pisau tajam dengan pisau biasa, mana yang lebih baik saat memotong?

Dan ketika datang ke dunia penambangan cryptocurrency, hal yang terpenting bagi para penambang adalah hasil yang jauh lebih bernilai jika dibandingkan dengan pengeluaran seperti biaya listrik maupun pembelian hardware. Perbedaan margin tersebut bisa lebih jauh lebih unggul ketika kita memiliki nilai lebih saat menambang, apalagi jika harga tengah naik daun. Meskipun begitu, pengeluaran juga tetap menjadi perhitungan, apalagi jika anda memiliki mesin dengan tingkat efisiensi yang baik.

ASIC Miner

Saat itulah para penambang ASIC masuk dengan jawaban terbaik untuk semua hal yang telah kita bicarakan. Mesin ini dirancang dari bawah ke atas untuk melakukan perhitungan yang diperlukan oleh algoritme hash kriptografi tertentu, terlebih lagi ia bis menawarkan sesuatu yang ideal dengan tingkat efisiensi yang baik dalam melakukannya (meskipun tidak semua mesin ASIC bisa melakukannya). Mereka sangat kuat – menawarkan “hashrate” yang tinggi – dan hemat energi, menggunakan daya yang jauh lebih kecil daripada hardware umum saat melakukan tugas yang sama.

Kombinasi kinerja dan penggunaan daya rendah ini membuatnya jauh lebih ekonomis untuk dijalankan daripada perangkat keras yang memiliki tujuan umum. Itu sebabnya dalam kasus Bitcoin dan Litecoin, penambangan ASIC adalah satu-satunya cara orang untuk menambang cryptocurrency itu lagi. Jika penambang ASIC Ethereum baru ternyata sama suksesnya, ini akan meninggalkan sesuatu yang populer lainnya untuk dunia cryptocurrency.

Kesimpulan

Ada begitu banyak orang dan sistem komputasi yang kuat dalam atau mencoba menambang Bitcoin, entah seseorang tersebut bergabung dengan sekelompok penambang untuk mencoba dan menemukan nomor itu ataupun sendiri saja tanpa ada teman yang menemani. Namun jika anda mampu membeli mesin ASIC yang tepat, ia bisa memberi peluang terbesar untuk mendapatkan cryptocurrency sebagai pertukaran untuk investasi mereka.

Hanya saja, setiap cryptocurrency memiliki algoritma tersendiri dan mesin ASIC tidak bisa dipakai secara umum. Itu karena ia dirancang untuk menambang dalam penggunaan algoritma spesifik tertentu, sehingga anda tidak bisa menggunakan mesin ini untuk menambang mata uang digital lainnya secara umum, ketika ia hanya hadir untuk mining Bitcoin saja. Disinilah salah satu kelemahan mesin ini, apalagi harga yang ditawarkan oleh produsen juga terhitung sangat mahal. Selain itu, tidak semua orang bisa langsung paham dengan cara kinerja mesin ini, proses maintenancenya pun tidak semudah seperti yang kita bayangkan.

Namun, ketika anda menemukan mesin ASIC Miner yang tepat, ia bisa menjadi solusi yang baik untuk investasi dalam dunia Cryprocurrency. Meskipun, hari ini banyak orang yang mulai mundur dalam dunia mining, jika melihat arus liar dan harga yang terus tidak stabil. Terlepas dari itu semua, ini hanyalah pandangan umum dengan tujuan untuk memberikan wawasan lebih mendalam tentang semua hal tersebut. Yang pasti, semoga apa yang kami utarakan diatas bisa memberi manfaat bagi anda.

 Baca Juga :



Comments
Loading...