- Hardware, Laptop, Serba-serbi, Tutorial

Hal Yang Perlu Kita Ketahui Tentang Laptop Mainstream : Konfigurasi Harga

Laptop Mainstream – Memilih sebuah laptop itu bukan saja melihat dari sisi bentuk desain, harga maupun kinerja, melainkan semuanya. Dan ini juga berkaitan dengan kebanyakan pengguna awam, ketika mereka melihat sebuah harga laptop, katakanlah 4 jutaan, kebanyakan dari mereka mungkin berfikir bahwa pilihan tersebut sudah ideal, mengingat bentuknya yang menawan dan sangat imut.

Namun, nyatanya tidaklah seperti itu, karena mungkin saja apa yang terkandung didalamnya tidak ideal dengan kebutuhan pekerjaan anda. Jadi, dalam artikel kali ini, kami akan membantu anda untuk memberi pengertian pentingnya memahami sebuah laptop didasarkan dari dari beberapa hal yang menjadi aspek penentu idealnya perangkat mobile ini, khususnya dari segi harga.

Baca juga : Hal Yang Perlu Kita Ketahui : Kategori Laptop Pada Umumnya

Hal yang perlu anda ketahui tentang Laptop Mainstream : Konfigurasi Harga

Laptop Mainstream Dibawah 4 jutaan

Jika anda tahu bahwa laptop atau beberapa jenis yang menjadi bagian laptop itu hadir dengan beberapa pilihan konfigurasi. Hal tersebut dimaksudkan untuk menyesuaikan banyaknya kebutuhan konsumen hari ini yang bervariasi, termasuk juga dari segi anggaran. Contohnya, pilihan laptop dibawah harga 4 jutaan biasanya hadir sebagai pilihan mainstream terbawah, dimana mereka dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan pengguna kasual yang tidak terlalu memiliki pekerjaan berat. Biasanya, laptop ini memiliki spesifikasi yang minimalis, namun masih bisa membawa kinerja yang cukup baik untuk sekedar browsing, beberapa aplikasi Office dan sebagainya. Hanya saja, jangan harap lebih, karena anda mungkin tidak bisa menjalankan beberapa game kasual yang cukup menantang atau aplikasi menuntut lainnya.

Laptop Mainstream

Contohnya, pilihan laptop dengan anggaran dibawah 4 jutaan biasanya memiliki spesifikasi Intel Celeron, Pentium maupun AMD A4 hingga A9. Kebanyakan dari prosesor ini memiliki fitur dual core dengan pilihan RAM maksimum hingga 4GB. Jajaran prosesor ini biasanya tidak terlalu baik untuk aplikasi menuntut atau bahkan gaming kasual yang cukup berat. Meskipun anda mengupgrade pilihan RAM, mereka masih terbayas untuk kinerja prosesor dalam hal komputasi.

Laptop Mainstream kisaran 4 sd 7 jutaan

Berbeda halnya dengan pilihan laptop diatas 4 jutaan dengan batasan hingga 7 jutaan, biasanya pilihan laptop mainstream ini sedikit lebih baik. Hal tersebut dapat kita lihat dengan hadirnya beberapa pilihan konfigurasi yang lebih kuat seperti kekuatan grafis diskrit, prosesor yang jauh lebih tangguh dan sebagainya. Pilihan ini sebenarnya masih dihadirkan untuk pengguna entry level, dimana mereka masih bisa melakukan beberapa pekerjaan kasual, hanya saja masih terbatas untuk penggunaan aplikasi yang cukup berat (seperti gaming AAA ataupun aplikasi yang cukup menuntut). Beberapa diantara merk mungkin bisa memberikan kinerja yang sangat baik, namun kebanyakan masih terbatas untuk penggunaan sehari-hari yang biasa saja.

Contohnya, laptop mainstream dengan anggaran diatas 4 hingga 7 jutaan biasanya cukup baik dalam spesifikasi prosesor. Anda akan mudah menemukan pilihan laptop dengan spesifikasi Intel Core i3 hingga Core i5, namun masih terbatas dalam kekuatan dual core. Hanya saja, pilihan spesifikasi prosesor ini jauh lebih baik jika dibandingkan dengan seri Celeron atau Pentium dalam hal kinerja komputasi. Hebatnya, beberapa produsen juga menyediakan grafis diskrit yang cukup tangguh untuk menghadirkan kinerja gaming kasual seperti eSport dan sebagainya.

Laptop Mainstream kisaran 7 sd 10 jutaan

Dan ketika anda menginginkan pilihan yang jauh lebih tangguh, salah satu pilihan laptop mainstream lainnya dengan kisaran harga diatas 7 sd 10 jutaan biasanya jauh lebih baik. Hal yang menjadi sorotan utama pilihan laptop dengan anggaran tersebut biasanya dihadirkan dalam bentuk prosesor yang jauh lebih kuat, grafis dan tentu saja bentuk desain yang sedikit premium. Meskipun begitu, laptop ini masih terhitung mainstream, karena produsen biasanya tidak menyediakan beberapa fitur mewah didalamnya seperti port yang lebih lengkap, kualitas casing laptop dan sebagainya.

 

Salah satu contoh yang ideal adalah pilihan laptop dengan anggaran tersebut biasanya memiliki kekuatan prosesor yang jauh baik, contohnya core i7 seri U. Tentu saja kekuatan prosesor ini jauh lebih baik dibanding seri sebelumnya,apalagi produsen juga biasanya menyediakan memori extra. Jika sebelumnya mereka menghadirkan kekuatan RAM hanya sebesar 4GB, anda mungkin bisa melihat beberapa pilihan sudah hadir dengan pilihan 8GB RAM.

Nah, ketika anda bisa menyentuh pilihan laptop diatas harga 10 jutaan, biasanya anda akan dihadirkan pilihan laptop premium, dimana ada banyak hal yang mewah didalam jenis laptop ini. Contohnya, dari segi bentuk desain, anda pasti bisa melihat bahwa pilihan laptop tersebut memiliki desain yang jauh lebih baik, kualitas finishing alumunium yang elegan dan tentu saja pilihan layar yang jauh lebih tajam. Selan itu, pilihan laptop ini juga biasanya memiliki bentuk desain yang jauh lebih tipis, sehingga memudahkan sisi mobilitas yang lebih fleksibel.

Jadi, itu dia sedikit pengingat bagi anda yang sedang berencana untuk membeli laptop akhir-akhir ini. Mungkin tidak semua hal kami dijelaskan diatas, namun bisa menjadi ide yang menarik sebagai bahan pertimbangan anda saat akan membeli. Jadi, semoga bermanfaat dan lupa untuk like & follow akun media sosial resmi kami dibawah.

 Baca Juga :




Comments
Loading...

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat