- Berita Terbaru, Hardware, Kartu Grafis, Laptop, Prosesor

Intel Kaby-Lake G Series 8th Gen Explain : Spesifikasi & Konfigurasi

Hari besar telah tiba pada prosesor untuk urusan laptop, ketika Intel merilis pilihan prosesor terbarunya yang jauh lebih menjanjikan, Kaby-Lake G Series generasi ke-8. Apa yang benar-benar membuat semua orang begitu tergoda adalah kekuatan yang jauh lebih ideal, tidak hanya pada urusan kinerja CPU, namun juga kehadiran grafis handal dalam barisan prosesor ini. Itu tidak lain dari Radeon RX Vega Mobile yang mempesona.

Dulu Intel dan AMD selalu berada di garis terdepan untuk melawan satu sama lain untuk bersaing menjadi yang terbaik, namun tampaknya hari ini ada sedikit jeda. Bahkan jauh lebih baik, dimana Intel berhasil memadukan kekuatan terbaiknya pada prosesor dengan pilihan GPU fenomenal dari AMD Radeon RX Vega Mobile. Semuanya hadir dalam satu paket besar prosesor Intel Kaby-Lake G-Series generasi ke-8. Pilihan prosesor ini siap mengisi laptop garis depan yang mungkin saja hadir dalam bentuk desain yang jauh lebih ramping dan elegan.

Jika anda tidak tahu apa saja pilihan seri Kaby-Lake G itu, dibawah ini kami hadirkan pilihan utama yang siap mengudara, dan mungkin saja akan menjadi pilihan anda berikutnya. Selain itu, beberapa penjelasan mengenai semua hal tersebut juga kami jelaskan dengan sesuatu yang cukup sederhana (atau mungkin saja tidak).

Prosesor Intel Kaby-Lake G Series 8th Gen : Spesifikasi & Konfigurasi

Tidak tanggung-tanggu, Intel siap menghadirkan 5 buah pilihan prosesor high-end untuk urusan mobile dengan konfigurasi terendah hadir pada kekuatan prosesor Intel Core i5. Namun, mereka juga tampaknya akan menghadirkan pilihan yang jauh lebih rendah yang biasa hadir pada seri Core i3, atau juga tidak. Namun begitu, beberapa pilihan ini benar-benar terlihat sangat menjanjikan, bukan saja dari sisi kinerja CPU, namun kehadiran AMD RX Vega Mobile bisa memberikan sesuatu yang jauh lebih diandalkan untuk dunia gaming.

Ada 5 pilihan yang sudah rilis, 4 diantaranya merupakan kekuatan Intel Core i7, namun memiliki konfigurasi GPU yang berbeda. Beberapa diantaranya hadir untuk pilihan yang terbaik, sedangkan sisanya hadir untuk sesuatu yang masih sangat layak untuk berbagai aplikasi berat hari ini. Anda bisa melihatnya didaftar table dibawah ini.

 Intel Kaby Lake-G SeriesCore / ThreadBase ClockspeedMax Turbo FrequencyCacheGPU
1Intel Core i7-8809G483.10 GHz4.20 GHz8 MBRX Vega M GH graphics
2Intel Core i7-8709G483.10 GHz4.10 GHz8 MBRX Vega M GH graphics
3Intel Core i7-8706G483.10 GHz4.10 GHz8 MBRX Vega M GL graphics
4Intel Core i7-8705G483.10 GHz4.10 GHz8 MBRX Vega M GL graphics
5Intel Core i5-8305G482.8 GHz3.8 GHz6 MBRX Vega M GL Graphics

Pilihan konfigurasi tertinggi hadir pada kekuatan Intel Core i7-8809G, dimana pilihan prosesor quad core ini memiliki 4 inti CPU dengan 8 thread untuk menyempurnakan kinerjanya. Prosesor ini hadir dengan tingkat clockspeed dasar 3.1 Ghz, dan memiliki turbo frequency hingga maksimum 4.2Ghz. Ini tentu akan menjadi sesuatu yang menyenangkan ketika kita melihat bahwa prosesor mobile kini memiliki pilihan clockspeed yang besar.

Prosesor ini memiliki kekuatan dua buah GPU, yang pertama GPU bawaan yang biasa hadir pada seri sebelumnya, yakni Intel HD 630 yang terhitung biasa saja namun bisa dikatakan cukup layak untuk performa kasual sehari-hari. Satu lagi merupakan pilihan GPU yang jauh lebih tangguh, yakni Radeon RX Vega Mobile seri GH (dibawah ini akan kami jelaskan serinya). Apa yang terbaik dari RX Vega seri GH adalah pilihan tingkay clockspeed yang besar hingga maksimum 1190Mhz, dengan jumlah Compute Unit 24 dan tingkat memori interface sebesar 1024 Bit. Pilihan prosesor ini membawa paket besar, sehingga tidak heran jika ia memiliki tingkat TDP sebesar 100W.

Sedangkan untuk pilihan terendah hadir pada Intel Core i5-8305G, dimana pilihan prosesor quad core ini hadir dengan kekuatan 4 inti CPU dan 8 thread untuk kemampuan maksimalnya. Prosesor ini memiliki tingkat clockspeed dasar sebesar 2.8Ghz dan memiliki fitur turbo hingga maksimum 3.8Ghz. Prosesor ini juga memiliki pilihan GPU AMD RX Vega dengan seri GL, namun masih membawa kekuatan yang ideal untuk kinerja gaming dan grafis yang jauh lebih bisa diandalkan.




AMD RX Vega M Series : GH dan GL

Berdasarkan apa yang kami lihat di situs resmi Intel, ada dua pilihan GPU diskrit yang hadir pada barisan prosesor Kaby Lake G Series, yakni AMD RX Vega M GH series dan GL. Apa yang membedakan kedua pilihan ini adalah tingkat clockspeed, jumlah compute unit dan Graphics Memory Bandwidth. Untuk lebih jelasnya anda bisa melihat daftar table dibawah ini.

SpesifikasiRadeon™ RX Vega M GL GraphicsRadeon™ RX Vega M GH Graphics
Graphics Max Dynamic Frequency1011 MHz1190 MHz
Graphics Base Frequency931 MHz1063 MHz
Compute Units2024
Graphics Memory Bandwidth179.2 GB/s204.8 GB/s
Graphics Memory Interface1024 bit1024 bit
Graphics OutputeDP 1.4, DP 1.4 w/ HDR, HDMI 2.0b, DVIeDP 1.4, DP 1.4 w/ HDR, HDMI 2.0b, DVI
4K SupportYes, at 60HzYes, at 60Hz
Max Resolution (HDMI)‡4096 x 2160@60Hz4096 x 2160@60Hz
Max Resolution (DP)‡4096 x 2160@60Hz4096 x 2160@60Hz
Max Resolution (eDP - Integrated Flat Panel)‡4096 x 2160@60Hz4096 x 2160@60Hz
DirectX* Support1212
Vulkan* SupportYesYes
OpenGL* Support4.54.5
H.264 Hardware Encode/DecodeYesYes
H.265 (HEVC) Hardware Encode/DecodeYes, 10-bitYes, 10-bit
# of Displays Supported‡66

Untuk pilihan tertinggi berada pada seri RX Vega M dengan label GH, dimana ia memiliki kekuatan memori HBM2 dengan tingkat clockspeed dasar sebesar 1063Mhz, dan memiliki fitur Graphics Max Dynamic Frequency hingga 1190Mhz. Kekuatan CU’s (Compute Unit) juga sedikit besar hingga 24. Jika anda penasaran apa Compute Unit itu, ini merupakan penggunaan unit pemrosesan grafis, yang biasanya menangani perhitungan hanya untuk grafis komputer, untuk melakukan perhitungan pada aplikasi. Untuk menyempurnakan pilihan GPU seri GH ini, ia memiliki Graphics Memory Bandwidth yang jauh lebih besar hingga 204.8 GB/s. Tak heran jika pilihan ini memiliki TDP yang cukup besar hingga 100W dalam satu paket dengan Intel Core i7.

Sedangkan untuk pilihan terendah hadir pada seri GL, dimana pilihan ini memiliki perbedaan hanya dalam tingkat clockspeed dasar sebesar 931Mhz dan maksimum hingga 1011Mhz. Jumlah Compute unit pun hanya sebesar 20, serta memiliki Graphics Memory Bandwidth hingga 179.2 GB/s. Keduanya memiliki pilihan memory interface sebesar 1024bit dan mampu menampun kekuatan resolusi hingga 4K.

Jadi, apa yang bisa kita harapkan pada barisan prosesor Intel G-Series generasi ke-8 ini?

Prosesor Gen Intel Core 8 yang baru dengan grafis Radeon ™ RX Vega M ini tentu saja akan bisa memberikan pengalaman top-of-the-line untuk penggemar gamers dan VR. Ini mencakup hingga tiga kali frame per detik pada perangkat yang lebih tipis, lebih ringan dan lebih kecil jika dibandingkan dengan sistem serupa dari tiga tahun yang lalu dan memiliki kinerja mungkin hingga 40 persen jika dibandingkan dengan grafik diskrit saat ini. Dan kini, para gamer bisa memainkan judul terbaru seperti ” dalam resolusi tinggi saat dalam perjalanan atau di ruang tamu mereka dengan kehadiran setiap gerakan yang halus dan warna yang hidup, dan semuanya sebagai bagian dari pengalaman bermain yang benar-benar mendalam.

Selain itu, Intel juga menargetkan pilihan prosesor ini untuk mereka yang bekerja sebagai pembuat konten, entah itu membuat gambar 3D, mengedit video tanpa henti di rumah atau di perjalanan, atau menggunakan aplikasi kreatif terpopuler. Dengan kemampuan kinerja dan grafis yang sangat baik, kita bisa mengharapkan segala sesuatu jauh lebih ideal dan maju pada kinerja laptop modern hari ini.

 Baca Juga:




Comments
Loading...

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat