- Uncategorized

AMD Ryzen 5 1500X & 1400 Review : Jadi, is it Worth It?

AMD Ryzen 5 1500X & 1400 Review : Jadi, is it Worth It?

Dan akhirnya kita sampai pada kesimpulan mengenai kedua pilihan prosesor yang masuk ke workshop kami. Dari semua hal yang telah dihadirkan, AMD Ryzen 5 dengan pilihan konfigurasi terendah benar-benar layak sebagai pilihan utama jika anda sedang mencari sebuah CPU dengan kisaran harga 2-2.5 jutaan. Hanya saja, pilihan prosesor Ryzen 5 1500X bisa menjadi prioritas utama jika anda memiliki uang extra untuk kinerja yang jauh lebih baik.

Namun dari semua hal positif yang telah hadir, Ryzen 5 1500X dan 1400 memiliki beberapa sisi minus yang perlu anda juga lihat. Pertama, nilai konsumsi listrik meskipun jauh lebih baik lagi, pada dasarnya hal tersebut masih jauh dari pilihan Intel, sehingga jika anda benar-benar melihat faktor konsumsi listrik menjadi alasan utama anda, maka anda juga perlu memperhitungkan pilihan prosesor lainnya. Namun, hal tersebut juga tidak terlalu berdampak signifikan, karena masih ada banyak hal yang jauh lebih baik dalam urusan ini.

Kemudian pilihan RAM, barisan AMD Ryzen pada dasarnya suka sekali dengan RAM yang memiliki tingkat kecepatan tinggi, namun selalu ada masalah dalam hal tersebut. Kadangkala anda mungkin akan sedikit mengalami masalah dalam overclocking memori, entah dalam bentuk sistem yang tidak stabil maupun hang, jadi sebaiknya lihat juga beberapa pilihan RAM yang ideal untuk Ryzen. Juga, perlu diketahui bahwa anda perlu mengupdate bios mobo terbaru, selain untuk mengatasi beberapa masalah, hal tersebut juga berdampak pada kinerja yang jauh lebih stabil.

Namun dari semua hal yang telah kami hadirkan, AMD Ryzen 5 1500X dan 1400 benar-benar layak untuk pertimbangan utama, dan masih mampu untuk memberikan sesuatu yang jauh lebih besar dalam jangka waktu 3 sd 5 tahun kedepan. Apalagi kedua prosesor ini memiliki kekuatan multi-thread yang benar-benar bisa diandalkan untuk kemampuan aplikasi berat yang biasa hadir pada workstation. Jadi, jika anda menginginkan sebuah proseor yang tidak hanya handal dalam gaming, maka kedua pilihan prosesor ini layak sebagai pilihan terbaik dengan kisaran harga terjangkau.

Pros :

  • Kinerja Multi-thread Yang Handal
  • Pilihan Mobo yang Terjangkau untuk OC
  • Harga yang jauh lebih murah
  • Tangguh untuk segala kinerja
  • Fitur OC yang sepenuhnya Terbuka

Cons :

  • Sedikit boros dalam konsumsi Daya
  • Agak ribet untuk urusan OC memori

 Indeks :




Comments
Loading...

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat