Harga RAM Terus Meroket, Adakah Alasan Dibalik Semua Hal Ini?

Harga RAM Terus Meroket, Adakah Alasan Dibalik Semua Hal Ini?

Harga RAM Terus Meroket– Pilihan memori hari ini semakin lengkap, namun tampaknya untuk urusan harga masih menjadi kendala, dengan pilihan harga yang terus meroket, bahkan tidak ada tanda-tanda mereka akan turun. Sudah lebih dari setahun harga RAM tampaknya tidak normal, dan ketahuilah bahwa ternyata ada beberapa faktor utama mengapa semua pilihan memori ini meningkat secara drastis.

Meningkatnya harga memori bahkan menjadi salah satu hal yang cukup normal selama beberapa bulan terakhir. Namun, menurut DRAMeXchange, sekarang kita akan melihat kenaikan harga yang jauh lebih tinggi, dimana rata-rata harga kontrak modul memori DDR4 4GB akan naik sekitar 12,5 persen dibandingkan dengan kuartal kedua. Itu berarti anda akan kembali melihat pilihan RAM jauh lebih menyulitkan pengguna anggaran yang menginginkan pilihan tinggi, dan ini merupakan bagian dari  tren yang terus berlanjut sepanjang tahun 2017.

Mengapa semua hal tersebut terjadi?

Tampaknya disamping kebutuhan RAM yang terus meningkat, baik dari sisi konsumen, kehadiran produsen lain yang ikut menambah daftar panjang sebagai pelanggan tambahan jauh lebih menyulitkan pasokan normal. Sehingga, inilah salah satu yang menyebabkan mengapa semua harga memori meroket. Contohnya, smartphone seperti iPhone terbaru juga kini memakai pilihan modul RAM DDR4 sebagai pilihan perangkat utama, sehingga secara tidak langsung kehadiran produsen besar juga ikut menyulitkan pasokan.

Sementara disisi lain, awalnya semua hal tersebut tidak akan menjadi masalah, apalagi Samsung sebagai salah satu produsen memori juga akan ikut andil untuk memberikan pasokan tambahan RAM dengan kehadiran modul memori baru berdasarkan proses produksi 18nm. Namun ternyata, produksi ini mengalami kemunduran. Seperti apa yang diungkapkan Avril Wu, Direktur riset DRAMeXchange “PC-OEM yang telah menegosiasikan kontrak memori kuartal kedua pada awalnya, dimana kami  memperkirakan pasokan pasar akan berkembang karena Samsung dan Micron telah mulai memproduksi pada proses 18nm dan 17nm, masing-masing,” lanjutnya “Namun, baik Samsung dan Micron ternyata telah mengalami kemunduran terkait dengan pengambilan sampel dan imbal hasil, sehingga situasi pasokan akan tetap ketat hingga kuartal ketiga dan harga DRAM PC akan terus meningkat melalui periode tiga bulan ini.”

Sebagaimana diketahui bahwa Samsung telah memproduksi produk DRAM 18nm sejak pertengahan kuartal pertama, meski belum berlayar mulus. Beberapa modul memori bahkan masih memiliki masalah kompatibilitas dengan platform notebook tertentu. Inilah salah satu alasan ketika kemampuannya untuk menyumbangkan pasokan DRAM ke pasar masih sangat terbatas. Sementara itu, Micron juga menghadapi permasalahannya sendiri. Perusahaan ini telah mengambil sampel produk memori 17nm juga sejak pertengahan kuartal pertama, namun keseluruhan transisi memakan waktu lebih lama dari yang diperkirakan. Itu berarti penundaan produksi massal DRAM 17nm melampaui kuartal kedua, yang juga akan berkontribusi pada harga yang lebih tinggi.

“Selain kenaikan harga produk PC DRAM yang lebih besar, harga produk DRAM server untuk kuartal kedua diproyeksikan meningkat sebesar 10 ~ 15 persen secara berurutan rata-rata,” tambah Wu. “Dibandingkan dengan produk DRAM dan DRAM PC DRAM, produk memori mobile akan mengalami kenaikan harga terkecil selama periode tiga bulan ini, diperkirakan di bawah 5 persen dari kuartal sebelumnya. Uptick harga moderat untuk produk memori mobile terutama disebabkan oleh pasokan  pengiriman yang lambat. Di sisi lain, harga produk eMCP diperkirakan naik sekitar 5 persen dibandingkan kuartal pertama karena faktor tambahan kekurangan Flash NAND. ” SK Hynix merupakan satu-satunya pembuat memori dari tiga besar yang tidak beralih ke proses manufaktur yang lebih kecil dan lebih maju. Dengan demikian, ini tidak berjalan ke masalah yang sama, meskipun tidak memiliki kapasitas untuk mengimbangi kekurangan dari Samsung dan Micron.

Intinya di sini adalah harga RAM tampaknya akan terus meningkat dengan jangka waktu yang tidak ditentukan. Jika Anda berencana untuk membangun atau menambah modul baru, anda mau tidak mau akan menghadapi masalah tersebut. Dan inilah yang menjadi dilema bagi para pembangun rig PC, ketika mereka mencoba bersabar untuk menunggu, hal tersebut justru kemungkinan besar akan berimbas pada kenaikan harga yang lebih tinggi (meskipun masih belum bisa dipastikan).

sumber referensi : dramexchange.com

 Baca Juga :




Comments

VIDEO TERBARU MURDOCKCRUZ :

Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com