Apakah Pengisian Daya Nirkabel Bisa Secepat Pengisian Kabel?

Kemajuan teknologi hari ini semakin memudahkan pengguna dalam segala hal, termasuk dalam urusan charging. Ketika dulu kita mengenal charger melalui kabel yang tersambung, kini kita dihadirkan pilihan pengisian daya secara wireless alias nirkabel tanpa ada satupun kabel yang terhubung merupakan solusi praktis lainnya. Tapi, kadangkala kita suka bertanya, apakah Pengisian Daya Nirkabel bisa secepat pengisian kabel? Mari kita ketahui jawabannya.

Jawaban yang pasti lebih pada tergantung pada jenis dan kemampuan ponsel serta fitur yang hadir untuk teknologi ini dan itu biasanya bervariasi. Seperti charger nirkabel apa yang anda gunakan saat ini, ponsel jenis apa  yang anda isi, dan dengan pilihan ponsel mana anda bandingkan untuk urusan  kecepatan pengisian. Hanya saja, ketika sampai pada pengisian nirkabel, aturan umum dulu adalah “ya, fitur ini lebih lambat daripada pengisian kabel.”

Tapi seiring berjalannya waktu dan perkembangan teknologi yang semakin maju, hal tersebut tidak benar lagi. Sama seperti pengisian kabel, ada versi teknologi pengisian nirkabel yang lebih cepat. Dan biasanya, kita juga perlu mengetahui beberapa istilah umum untuk membandingkan, diantaranya :

  • Wired Charging : Pengisian biasa melalui kabel, dimana fitur ini sudah hadir pada setiap ponsel sejak awal waktu.
  • Fast/Rapid/Quick/Turbo (Wired) Charging : Teknologi yang lebih baru dimana ini telah muncul sebagai pilihan standar hari ini, hanya saja ia mungkin hadir dengan variasi nama yang berbeda. Seperti yang disarankan, ini jauh lebih cepat daripada pengisian daya melalui kabel biasa.
  • Wireless Charging: Bentuk nirkabel untuk pengisian daya standar, hanya lebih lambat.
  • Fast Wireless Charging: Anda biasanya akan menemukan fitur ini pada ponsel terbaru, dimana ia hadir dengan tingkat kecepatan pengisian daya secara nirkabel secara cepat. Umumnya, fitur ini tidak tersedia di semua ponsel.

Jadi, seperti yang Anda lihat, ini bukan benar-benar sebuah hal yang harus dijawab antara ya atau tidak. Seperti saya katakan, itu tergantung. Jika Anda membandingkan telepon yang lebih tua dengan pengisian kabel standar dengan ponsel modern dengan pengisian daya nirkabel cepat, yang terakhir mungkin akan lebih cepat – atau tidak sebanding.

Pengisian Daya Nirkabel

Tapi jika anda ingin membandingkan pengisian daya kabel dengan cepat ke segala bentuk pengisian nirkabel, anda pasti akan mendapat bahwa fitur nirkabel jauh lebih lambat. Pengisian daya dengan fitur fast charging melalui kabel tidak diragukan lagi merupakan pilihan charger tercepat untuk mengisi daya pada ponsel anda, dengan asumsi semua hal mendukungnya. Contohnya, iPhone 8 dan X mendukung pengisian kabel yang cepat, namun memerlukan kabel Lightning-to-USB-C khusus dan charger USB-C. Mereka juga mendukung Fast Wireless Charging asalkan anda telah memperbarui ke iOS 11.2.

Dan itulah yang benar-benar melempar kunci ke dalam semua jawaban, atau setidaknya begitu. Sederhananya, tidak semua telepon mendukung semua standar tersebut. Jadi, itu tergantung dari berbagai faktor, bahkan lebih. Untuk membuat masalah menjadi semakin rumit, anda tidak hanya harus mempertimbangkan telepon yang Anda gunakan, tapi juga pengisi daya yang Anda gunakan.

Karena meskipun Anda memiliki pengisian daya nirkabel yang cepat di ponsel, anda juga memerlukan charger wireless cepat sebelum bekerja. Dan itu juga membawa hal lain yang patut disebut: pengisian nirkabel cepat bisa lebih keras daripada pengisian daya nirkabel biasa, karena ia mungkin hadir semakin panas, jadi pengisi daya ini biasanya memiliki pendingin di dalamnya.

Intinya, selalu gunakan pengisian kabel saat anda perlu menyedot daya secepat mungkin, karena cara tradisional jauh lebih ideal dan tidak ada yang salah dengan itu. Tapi untuk pengisian semalam, pengisian nirkabel merupakan cara baru yang lebih efektif untuk pergi. Anda bahkan akan jauh lebih senang sambil  berbaring di tempat tidur dan menggunakan ponse anda, lalu berguling dan letakkan di pengisi daya tanpa harus berkeliaran dengan kabel. Kebanyakan orang mungkin akan menyukai itu. Selain itu, jangan mencoba menggunakan keduanya sekaligus. Itu tidak akan berhasil, atau itu setidaknya yang kami sarankan.

 Baca Juga :




Comments