Apasih RAM Disk Itu? Begini Penjelasannya

Jika pada dasarnya anda membutuhkan kinerja data yang jauh lebih cepat daripada sekedar SSD, maka pilihan RAM Disk bisa memberikan alternatif terbaik untuk memulai. Apalagi jika anda memiliki pilihan RAM yang begitu besar namun nyatanya anda tidak membutuhkan semua pilihan tersebut. Dengan begitu, anda bisa memaksimalkan kinerja semua komponen anda jauh lebih efektif, apalagi nyatanya semua pekerjaan anda membutuhkan waktu tercepat untuk proses data.

Jadi, Apasih RAM Disk itu?

RAM Disk atau disebut juga RAM Drive merupakan blok random-access memory  yang digunakan perangkat lunak komputer untuk dijadikan memori sebagai disk drive (penyimpanan sekunder). Hal ini kadang-kadang disebut juga sebagai virtual RAM drive atau software RAM drive. Performa RAM drive secara umum lebih cepat dari pada bentuk media penyimpanan lainnya, bahkan memiliki perbedaan hingga 100X dari SSD, 200X daru hard drive, dan sebagainya. Keuntungan kinerja ini disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk waktu akses, throughput maksimum, dan jenis sistem file.

Perbandingan kecepatan dan data transfer

Intinya, RAM Disk bisa digunakan sebagai program yang mengambil sebagian memori sistem anda dan menggunakannya sebagai disk drive. Semakin banyak RAM yang dimiliki komputer Anda, semakin besar RAMDisk yang bisa Anda buat.

Adakah manfaat yang kita bisa dapatkan pada RAM Disk?

Tentu saja, bahkan jauh lebih ideal dari yang kita harapkan apalagi pada dasarnya anda memiliki etxra RAM yang besar pada sistem. Dengan memakai fitur RAM Disk, ada beberapa manfaat yang bisa kita ambil, diantaranya :

  • Waktu akses file jauh lebih cepat. Karena sama seperti SSD, karena fitur RAM Drive tidak memiliki atau tidak ada bagian mekanik didalamnya. RAM drive dapat mengakses data dengan hanya alamat memori dari file yang diberikan, tanpa gerakan, keselarasan atau posisi yang diperlukan.
  • Throughput maksimum RAM drive jauh lebih ideal, karena ia dibatasi oleh kecepatan RAM, data bus, dan CPU komputer. Berbeda halnya dengan bentuk media penyimpanan lainnya yang dibatasi oleh kecepatan bus penyimpanan standar, seperti IDE (PATA), SATA, USB atau Firewire.
  • Memiliki akses ekstra ke sistem file yang digunakan, seperti NTFS, HFS, UFS, ext2, dll, untuk menggunakan, membaca dan menulis ke drive, walaupun kecil, dapat bertambah jauh lebih cepat, terutama jika terjadi banyak file kecil vs. Beberapa file yang lebih besar (folder internet sementara, cache web, dll.).

Adakah resiko yang hadir pada RAM Disk?

Ya, dan bisa juga berakibat fatal jika anda benar-benar tidak tahu mengenai beberapa hal mengenai hal tersebut. Sisi minus dan beberapa resiko yang hadir pada RAM Disk diantaranya :

  • Karena penyimpanannya ada di RAM, Ram Disk memiliki sifat volatile memory, yang artinya memori yang mudah menguap, sehingga data bisa hilang sewaktu-waktu jika terjadi kehilangan daya jika sistem power failure atau system crash. Untungnya, hari ini ada beberapa software yang bisa memberikan sesesuatu yang jauh lebih ideal untuk hal tersebut, meskipun anda juga perlu mengetahui hal ini.
  • Keterbatasan utama RAM drive adalah kapasitasnya yang terbatas, dimana hanya dibatasi oleh jumlah RAM di dalam mesin.

Bagaimana caranya untuk memakai RAM yang ada pada sistem sebagai drive?

Untuk membuat semua hal tersebut terwujud, anda tentu memerlukan pilihan software pihak ketiga, dan salah satu yang terbaik untuk urusan ini adalah Ramdisk dari AMD Radeon. Program ini pada dasarnya disediakan secara gratis namun terbatas pada kapasitas hanya hingga 4 Gb. Namun, pilihan software ini jauh lebih besar untuk urusan kapasitas jika dibandingkannya dengan freeware lainnya. Selain itu, jika anda memerlukan kapasitas yang jauh lebih besar, anda bisa membeli versi yang berbayar dengan beberapa pilihan harga serta kapasitas yang disediakan untuk versi premium.

RAM Disk

Untuk memulainya pun cukup sederhana, anda hanya tinggal mengunduh software tersebut disini, install dan ikuti semua proses yang dihadirkan pada interface yang cukup mudah untuk dimengerti.

Kesimpulan

Nah, itu dia sedikit ulasan mengenai segala hal tentang RAM Disk yang mungkin bermanfaat untuk kita semua. Dengan hadirnya pilihan ini, terkadang anda tidak perlu sesuatu yang mahal untuk menghadirkan kinerja yang terbaik, termasuk untuk urusan media penyimpanan yang sangat cepat. Semoga bermanfaat.

 Baca Juga :




Comments