Thermaltake View 71 TG RGB Edition : Harga, Spesifikasi & Desain

Jadi, ketika anda sedang mencari casing full tower terbaik dengan segala fitur mewahnya hadir, maka pilihan Thermaltake View 71 Tempered Glass RGB Edition bisa anda pertimbangkan. Selain ia memiliki bentuk desain yang benar-benar mengesankan, pilihan ini bahkan jauh lebih terjangkau jika dibandingkan dengan pilihan casing Full Tower merk populer lainnya.

Kita tahu bahwa produsen Thermaltake pada dasarnya selalu memberikan sesuatu yang benar-benar ideal untuk kebutuhan pengguna. Nyatanya, mereka banyak memberikan pilihan perangkat dengan kualitas yang benar-benar bisa diandalkan, bentuk desain yang elegan dan tentu saja itu semua hadir dengan pilihan harga yang jauh lebih terjangkau. Salah satu contoh nyata adalah kehadiran dari casing Thermaltake View 71 Tempered Glass RGB Edition, dimana dengan pilihan harga sekitar 3 jutaan kurang, anda akan mendapatkan sebuah casing full tower yang benar-benar memberikan nilai terbaik dari segi estetika serta kualitas yang teruji. Penasaran mengenai casing tersebut? mari kita ungkap lebih dalam dibawah ini.

Baca juga : Thermaltake Smart RGB 500W : Budget PSU Dengan Fitur Mewah

Thermaltake View 71 Tempered Glass RGB Edition : Desain

Hal yang pertama dan menjadi sisi terbaik dari casing ini adalah bentuk desain. Jika anda benar-benar penasaran, Thermaltake View 71 Tempered Glass RGB Edition bisa memenuhi semua impian anda untuk membangun rig terbaik yang bisa anda dapatkan hari ini. Itu semua karena pilihan casing tersebut sudah hadir dengan bentuk Full Tower yang cukup besar dengan ukuran HxWxD =592 x 274 x 577 mm, anda bahkan bisa memasukan mobo E-ATX yang cukup besar dan maksimum panjang PSU  hingga 22cm. Hanya saja, anda mungkin akan melihat bagaimana bobot yang dihadirkan benar-benar cukup berat hingga 19.1 Kg.

Apa yang membuatnya begitu berat adalah pilihan sasis yang terbuat dari materi SPCC (sejenis baja ringan) dan kehadiran lapisan tempered glass pada setiap sisinya. Bahkan anda akan melihat bagaimana ia hadir dengan pilihan kaca yang cukup tebal hingga 5mm ((Kiri, Kanan,  Depan & Atas). Inilah yang membuat nilai lebih dari segi estetika, anda bahkan akan benar-benar membuat orang lain iri dengan bentuk desain premium dan kehadiran tempered glass unggulan.

Selain itu, kedua side panel juga didesain layaknya pintu dengan desain Swing Door. Pintu yang hadir pada kedua sisi ini memungkinkan kita untuk mengakses secara cepat tanpa harus repot membuka panel secara keseluruhan. Inilah yang mungkin menjadi harapan salah satu produsen untuk menghadirkan sebuah bentuk yang tidak hanya hadir dengan desain elegan, namun juga memiliki nilai fleksibilitas yang baik. Bahkan jika anda tahu, semua hal yang dihadirkan pada casing ini sepenuhnya hadir dengan bentuk desain modular.

Hal tersebut memungkinkan kita untuk secara bebas membangun sistem dari bawah ke atas dengan panel modular, rak, bracket dan susunan pemasangan pra-desain, termasuk juga dusk filter yang bisa kapan saja anda bersihkan dengan mudah. Intinya, tidak ada sudut yang tidak terjangkau lagi atau sehingga pengguna bisa jauh menikmati proses pemasangan rig dengan lebih banyak ruang untuk beberapa bagian berharga, termasuk juga dari segi perawatan.

Spesifikasi

Spesifikasi Thermaltake View 71 Tempered Glass RGB Edition
Harga Rp 2,950,000 (Beli)
ManufacturerThermaltake
ModelView 71 TG RGB
Case TypeFull Tower
ColorBlack
TypeATX Full Tower
Includes power supplyNo
Motherboard compatibilityATX, EATX, Micro ATX, Mini ITX
Front panel usb 3.0 portsYes
Maximum video card length12.20" (310mm) with drive cages
16.14" (410mm) without drive cages
Dimension (H x W x D)592 x 274 x 577 mm
Net Weight19.1 kg / 42.10 lb
Side Panel5mm Tempered Glass x 4
(Left & Right & Front & Top)
MaterialSPCC
Drive Bays2.5” x 4 or 3.5”x4 (HDD Rack)
2.5”x 6 or 3.5” x 3 (Hidden)

Drive Bays

Thermaltake View 71 Tempered Glass RGB Edition hadir dengan pilihan spesifikasi yang terhitung lengkap, bahkan beberapa slot drive bay juga bisa menjadi pilihan ideal untuk semua kebutuhan anda. Dan berbicara mengenai drive bay, ada 4 pilihan drive yang bisa diakses secara terbuka, dimana anda bisa mengkombinasikan bracket antara pilihan drive 2.5″ atau juga drive 3.5″ dalam satu paket.  

Thermaltake View 71 Tempered Glass RGB Edition

Mereka menghadirkan bentuk desain all-in-one ini nyatanya untuk meminimalkan kerepotan pemasangan / pengangkatan, yang memungkinkan pengguna untuk secara bebas menukar drive dengan ukuran 3.5 “dan 2,5″ dengan cukup mudah. Selain itu, tersedia juga slot drive bay yang tersembunyi dibagian panel kanan dengan maksimal drive 3 buah slot. Pilihan ini juga bisa disesuaikan untuk tempat penyimpanan drive ukuran 3.5″ atau 2.5” ( maksimum 6).




Sistem Pendinginan

Produsen benar-benar memberikan banyak pilihan untuk fitur pendinginan pada casing ini, anda bahkan bisa membuat menghadirkan water cooling full custom tanpa harus mengorbankan banyak ruang. Dan berbicara mengenai water cooling, anda bisa memasang pendingin radiator fleksibel dengan beberapa tempat pilihan ideal dan pilihan ukuran, diantaranya :

  • Depan : 1 x 360mm atau 420mm
  • Atas : 1 x 360mm atau 420mm
  • Belakang : 1 x 120mm atau 140mm
  • Kanan: 1 x 360mm atau 420mm
  • Bawah: 1 x 240mm

Pilihan kompabilitas yang banyak dan tentu saja dengan ruang yang begitu besar, anda bisa mendapatkan pilihan liquid cooler terbaik yang bisa anda dapatkan hari ini.

Fan Support

Selain itu, tersedia juga pilihan slot kipas casing yang banyak untuk pendinginan sistem yang jauh lebih baik. Anda bisa memasang Fan dengan pilihan :

  • Depan : 3 x 120mm atau 2 x 140mm
  • Atas : 3 x 120mm atau 3 x 140mm
  • Belakang : 1 x 120mm atau 1 x 140mm
  • Bawah : 2 x 120mm

Untungnya, anda tidak perlu membeli semua fan, karena Thermaltake View 71 Tempered Glass RGB Edition sudah mencakup 3 pilihan Riing RGB Fan berukuran 140mm pada bagian belakang dan dua buah pada bagian depan. Namun jika anda ingin menyempurnakan nilai casing yang jauh lebih mewah, maka tentu anda perlu mendapatkan piligan Fan lainnya yang sama, khususnya dari merk Riing RGB Fan itu sendiri.

Slot Expansi & Port

Ada 8 pilihan slot expansi yang tersedia untuk memaksimalkan pilihan output seperti VGA dan  semua hal yang anda hadirkan pada motherboard. Selain mendukung juga pilihan GPU ganda, anda juga bisa memakai single GPU dengan tata letak secara vertika, dimana anda akan melihat pilihan 2 slot tambahan pada bagian belakang, dimana produsen tampaknya ingin menghadirkan bentuk yang jauh lebih unik. Casing ini juga sudah memiliki braket pendukung untuk mengokohkan bentuk tersebut serta membantu mengurangi bobot pada slot PCI-E motherboard.

Pada bagian atas, anda akan melihat I/O port dengan dukungan standar untuk konektivitas port seperti dua buah pilihan USB 3.0, dua buah pilihan USB 2.0 dan HD Audio x 1. Dan karena ia hanya hadir dengan fitur RGB, tak ada tombol untuk fitur kostumisasi dengan pilihan lain selain dari warna RGB itu sendiri. Dan inilah mungkin salah satu kekurangan casing ini walaupun masih hadir dengan pilihan mewah.

Managemen Kabel

Thermaltake View 71 Tempered Glass RGB Edition juga sudah memenuhi syarat sebagai pilihan casing dengan fitur managemen kabel yang cukup ideal. Meskipun, bukan yang terbaik, namun anda bisa dengan mudah mengatur segala hal dengan ruang yang cukup, khususnya berkaitan dengan kabel-kabel agar semua pengaturan bisa tertata rapi serta memberikan aliran udara yang sangat baik untuk sistem. Sayangnya, pilihan ini tidak terlalu ideal untuk PSU non modular, dimana anda mungkin akan menemukan sedikit keterbatasan untuk jarak kabel dan sebagainya. Selain itu, Casing ini juga tidak memiliki PSU caver, meskipun tampaknya hal tersebut disengaja agar memberikan nilai yang jauh lebih sempurna dalam sisi estetika. Contohnya, anda mungkin bisa mengkombinasikan casing dengan pilihan PSU yang memiliki fitur RGB, apalagi casing ini memang pada dasarnya hadir untuk memberikan kesan mewah dengan fitur Er-ge-beh.

Kompabilitas

Jadi, ketika anda sudah benar-benar berminat untuk membeli casing ini, ada beberapa hal yang perlu anda ketahui, khususnya mengenai kompabilitas. Beberapa hal tersebut diantaranya :

  • Maksimum panjang kartu grafis yang ideal untuk casing ini yakni sekitar 31 cm jika anda tetap menghadirkan rak HDD, namun jika anda bersedia melepasnya, maka ia akan memiliki maksimum panjang kartu grafis hingga 41 cm.
  • Jika anda berencana untuk menghadirkan pilihan Air Cooler untuk CPU, maka ketinggian maksimum untuk CPU cooler tersebut maksimum hingga 19cm, meksipun hal tersebut sudah sangat memenuhi kebutuhan air cooler terbaik hari ini.
  • Casing ini sudah mendukung mobo E-ATX yang cukup besar, namun perlu diingat bahwa ia memiliki maksimum hingga 12×13″.

Kesimpulan

Thermaltake benar-benar memiliki sesuatu yang baik untuk dihadirkan, dengan kehadiran Thermaltake View 71 Tempered Glass RGB Edition, maka pilihan casing ini bisa memberikan sesuatu yang benar-benar ideal untuk sekedar show off, karena casing ini benar terlihat sangat mengagumkan dari segala sisi. Selain itu, ia juga dirancang untuk memperluas warisan jajaran Seri View, dimana casing ini juga memiliki dukungan pendinginan dan peningkatan yang fleksibel, anda bahkan bisa menghadirkan full custom water cooling terbaik yang bisa anda dapatkan hari ini.

Dan apa yang menjadi pilihannya semakin sempurna, casing ini dibalut dengan  tempered glass untuk tampilan yang jauh lebih meyakinkan. Hebatnya, jendela panel kaca temper bisa terbuka lebar tanpa harus melepaskan secara keseluruhan untuk memudahkan akses pengguna dengan cara yang jauh lebih cepat. Semua panel juga diberi jarak untuk aliran udara yang optimal, dan bahkan ia sudah memiliki bundled tiga fan Riing RGB 140mm tanpa harus membelinya terlalu banyak.

Jadi, Thermaltake View 71 Tempered Glass RGB Edition layak untuk anda pertimbangkan sebagai bagian dari rig terbaik yang bisa anda miliki hari ini. Dengan kisaran harga sekitar 3 jutaan kurang, anda akan mendapatkan sebuah casing Full Tower premium dengan bentuk yang bisa mengesankan semua orang, apalagi jika anda benar-benar memiliki komponen terbaik didalamnya.

 Baca Juga :



Comments