Masihkah Kita Membutuhkan Drive Optik Hari Ini?

Pilihan hardware hari ini berevolusi menjadi pilihan yang jauh lebih simpel, fleksibel dan tentu saja menggeser beberapa hal yang seolah tampak usang. Itu pun termasuk pada komponen Drive optik yang juga mulai ditinggalkan oleh sebagian besar pengguna, meskipun masih ada sebagian kalangan yang memakai perangkat ini sebagai satu-satunya media penghubung dalam berinteraksi dengan dunia baru. Ketika kita bertanya-tanya, apakah perangkat drive optik hari ini sudah terlalu tua untuk memberikan sarana media penghubung yang baik pada laptop atau desktop PC hari ini?

Umumnya, orang hari ini lebih memilih sesuatu yang sederhana dan mudah untuk didapatkan. Sehingga, pilihan software, musik, film, termasuk juga game hari ini lebih mengedepankan fitur yang jauh lebih simpel, dimana anda hanya tinggal membelinya secara online, mengunduhnya atau juga memasukan file tersebut pada USB dengan cara yang jauh lebih baik. Jika dibandingkan dengan drive optik, anda tidak akan terlalu repot dalam proses instalasi, pemasangan media DVD atau CD dan bahkan kita tidak perlu melihat bagaimana masalah DVD drive yang tidak terbaca akibat tergoresnya DVD atau CD benar-benar membuat kita sangat terganggu.

Baca juga : 3 Faktor Utama Yang Perlu Anda Pertimbangkan Sebelum Membeli SSD

Jadi, apakah Drive Optik sudah mulai ditinggalkan pengguna?

Hari ini mungkin masih ada sebagian orang yang memiliki dan menggunakan perangkat ini sebagai media utama penghubung antara desktop atau laptop lama mereka pada segala sesuatu hal yang terbaru, seperti proses instalasi Windows, software, game dan sebagainya. Namun, anda tidak akan banyak melihat perangkat tersebut pada desktop atau laptop modern hari ini, karena mereka lebih mengutamakan fitur konektivitas yang jauh lebih baik, dengan menitikberatkan pada pengguna untuk urusan media, seperti pilihan drive external, USB Flashdisk atau bahkan penyimpanan awan. Anda tidak akan melihat lagi bagaimana proses pemindahan transfer data melalui drive optik yang tampak terlalu tua untuk pergi.

Ada alasan utama mengapa mereka memilih sesuatu yang jauh lebih sederhana, selain karena kemudahan yang dihadirkan untuk pengguna, pilihan drive optik tentu tidak akan memberikan sesuatu yang jauh lebih fleksibel jika dibandingkan dengan apa yang bisa anda dapakan secara instan dan jauh lebih besar hari ini. Contohnya, ketika pilihan USB Flashdrive bisa memiliki kapasitas hingga puluhan GB, anda tidak akan melihatnya pada DVD drive dengan kapasitas yang jauh lebih sedikit untuk kebutuhan penyimpanan. Selain itu, proses transfer data jauh lebih baik jika dibandingkan dengan pilihan drive optik yang terbatas pada beberapa Mb saja, apalagi anda harus menunggu media penghubung untuk selesai menulis, kemudian memindahkan data tersebut pada desktop atau laptop anda. Tentu ini bukan sesuatu yang mudah untuk dicapai, dimana beberapa proses tentu harus kita libatkan pada hal tersebut.

Tapi apakah Drive Optik masih memberikan manfaat yang berarti bagi pengguna?

Tentu saja iya, meskipun masih dalam hitungan tradisional, namun pada dasarnya anda akan melihat bagaimana bergunanya perangkat tersebut hari ini untuk kebutuhan yang benar-benar urgen, penyimpanan media yang terhitung sangat aman dan pilihan yang jauh lebih terjangkau. Prosesnya mungkin cukup ribet, namun anda akan benar-benar merasa nyaman ketika DVD drive anda telah menyimpan data penting dalam bentuk sebuah piringan fisik yang bisa dijaga sempurna disuatu tempat jauh dari segala bahaya yang hadir secara online, pilihan media DVD game yang bisa dan kapan saja anda instal tanpa harus khawatir dengan ruang HDD yang terbatas, dan tentu saja anda akan melihat bagaimana semua pilihan perangkat ini cukup murah untuk didapatkan.  

Jadi, apakah Drive Optik masih bisa bertahan hingga waktu yang tidak ditentukan?

Hanya sebagian produsen hari ini yang masih mengeluarkan perangkat drive optik, namun sebagian lainnya menghilang dengan pilihan perangkat yang jauh lebih baru. Meskipun masih banyak orang yang memakai perangkat ini, namun kita akan melihat bagaimana mereka akan mulai mengupgrade perangkat tersebut dengan pilihan yang lebih baru, dan tentu saja bahwa mereka tidak akan membawa drive optik sebagai pilihan utamanya. Apalagi, banyak produsen software, game, bahkan perusahaan media entertaiment lebih menyediakan konten digital bagi konsumen yang lebih menitikberatkan pada penjualan secara online atau juga non fisik. Itu berarti, anda tidak akan melihat lagi pilihan media dalam bentuk piringan DVD khusus untuk platform PC, karena dengan hadirnya situs atau penjual online besar seperti Steam, Origin dan sebagainya, konsumen lebih memilih membeli dan mengunduhnya secara langsung tanpa harus melewati proses media DVD.

Namun, drive optik tidak akan hilang begitu saja, apalagi di negara kita masih banyak orang yang memakai rig lama mereka dengan pilihan drive optik sebagai salah satu media sarana penghubung yang terhitung masih baik. Hanya saja, entah sampai berapa lama lagi ketika perangkat ini akan tergerus oleh jaman yang semakin berkembang, khususnya dalam teknologi. Anda akan melihat bagimana salah satu perangkat terbaik pada awal tahun milenium hingga hari ini akan menjadi pengorbanan besar bagaimana teknologi harus terus berjalan dengan perangkat yang jauh lebih baik.  

 Baca Juga :



Comments

Related Posts