Samsung Galaxy Note 8 & Samsung Galaxy 8+, Apa Sih Bedanya?

Samsung Galaxy Note 8 & Samsung Galaxy 8+, Apa Sih Bedanya?

Dan akhirnya, Samsung kembali membuat publik menaruh menaruh perhatian besarnya pada mereka. Setelah hadirnya ponsel terbaru yang mengagumkan, yakni Galaxy S8 dan Galaxy S8 Plus awal tahun ini, perusahaan tersebut kini membuat kejutan besar setelah resminya Samsung Galaxy Note 8 dirilis, bahkan ia lebih besar jika dibandingkan dengan seri sebelumnya. Ok, jika anda penasaran apa sih perbedaan antara Galaxy Note 8 dan Galaxy S8 Plus, mari kita cari tahu lebih mendalam dibawah ini.

Anda tidak akan pernah bisa merasakan kehebatan ponsel ini jika belum menyentuhnya secara langsung, ungkap banyak kalangan. Tapi, kita bisa melihat setidaknya bagaimana perbedaan yang dihadirkan melalui spesifikasi yang hadir dan pengalaman sebelumnya. Ini tentu akan menjadikannya sesuatu yang jauh lebih baik, atau bisa saja sebaliknya. Mari kita cari tahu letak perbedaan fundamental antara Samsung Galaxy Note 8 dan Galaxy S8 Plus.

Display

Jika anda masih penasaran, berikut dibawah ini spesifikasi display yang hadir dari kedua produk tersebut. Tentu anda bisa melihat letak perbedaannya bukan? atau tidak sama sekali?

  • Galaxy Note 8 – 6.3-inch, 18.5:9 aspect ratio, Super AMOLED, 1440 x 2960 pixels (521 ppi pixel density), 83.2% screen-to-body ratio, HDR10 compliant, Corning Gorilla Glass 5
  • Galaxy S8 Plus – 6.2-inch, 18.5:9 aspect ratio, Super AMOLED, 1440 x 2960 pixels (529 ppi pixel density), 84% screen-to-body ratio, HDR10 compliant, Corning Gorilla Glass 5

Pertama adalah soal ukuran, Samsung tampaknya telah berhasil menyesuaikan ‘Infinity Display’ yang lebih besar lagi ke dalam Galaxy Note 8 daripada Galaxy S8 Plus, sehingga menjadikannya panel terbesar yang pernah dimasukkan perusahaan ke smartphone premium. Ia juga memiliki ukuran 0,6 inci lebih besar dari layar yang hadir pada Galaxy Note 7 sebelumnya.

Sedangkan perbedaan tingkat rasio PPI dan screen-to-body yang mendukung Galaxy S8 Plus hampir sama. Namun Galaxy Note 8 berhasil mengalahkan tampilan smartphone terbaik di pasaran dengan kecerahan puncak yang lebih tinggi lagi.

Desain & Ukuran

Disebelah kiri adalah Samsung Galaxy Note 8

Tata letak dan desain Galaxy Note 8 dengan Galaxy S8 Plus cukup sulit membedakannya. Keduanya berbagi estetika yang sama dengan kaca belakang, Infinity Displays dan chassis aluminium. Meski ketika kita melihat lebih dekat , Galaxy Note 8 terasa lebih besar. Lihat perbedaan spesifikasi dibawah ini :

  • Galaxy Note 8 – 162,5 x 74,8 x 8,6 mm (6,40 x 2,94 x 0,34 inci), 195 g (6,88 oz)
  • Galaxy S8 Plus – 159,5 x 73,4 x 8,1 mm (6,00 x 3,09 x 0,31 inci), 173 g (6,10 oz)

Meski memiliki perbedaan ukuran layar 0,1 inci, Galaxy Note 8 ternyata memiliki 12% lebih berat dan lebih tinggi, lebih lebar dan lebih tebal. Ia juga memiliki 40g lebih berat dari Galaxy S8 5,8 inci. Ini tentu merupakan ponsel besar. Salah satu dan bisa menjadi alasan utama untuk semua hal ini adalah kehadiran stylus ‘S Pen’ nya. Seperti smartphone Galaxy Note sebelumnya, ia bisa dipegang di slot spring loaded di bagian bawah dan ruang yang dibutuhkan berarti sisa ponsel harus diperbesar untuk bisa menampungnya.

Selain itu, semua “hal-hal” tampak tetap serupa. Baik Galaxy Note 8 dan Galaxy S8 Plus memiliki port pengisian Tipe USB, jack headphone 3.5mm, IP68 dust and water resistance (perendaman penuh hingga 30 menit dalam 1,5 meter air), slot microSD (mampu menampung kartu hingga 256GB) dan sensor sidik jari di bagian belakang yang tersembunyi.




Fitur Kamera

Untuk urusan kamera, baik kamera yang menghadap ke depan (lengkap dengan hit and miss iris scanner  dan kamera belakang, Galaxy Note 8 hampir  identik dengan Galaxy S8 Plus:

  • Front – 8MP, f/1.7, autofocus, 1/3.6″ sensor size, 1.22 µm pixel size, 1440p@30fps, dual video call, Auto HDR
  • Rear – 12 MP, f/1.7, autofocus, 1/2.5″ sensor size, 1.4 µm pixel size, 4K video recording, OIS, Auto HDR, LED flash

Dari sekian banyak saingannya (atau sedikit) seperti Apple dan lain-lain, mereka semua sebenarnya sudah memiliki fitur kamera belakang ganda, namun Galaxy Note 8 memiliki keunggulan tersendiri, dimana ponsel inilah justru yang pertama memasukkan optical image stabilization di kedua modul untuk mendapatkan gambar yang jauh lebih tajam

Kinerja

Dan termasuk juga untuk urusan kinerja, karena antara Galaxy Note 8 dan Galaxy S8 Plus, apa yang berada di balik ponsel ini hampir identik (perbedaan mencakup juga area geografi) , yakni :

  • Galaxy Note 8, Galaxy S8 Plus (khusus untuk AS) – Chipset Qualcomm Snapdragon 835 octa-core (CPU 4x 2.35GHz dan 4x 1.9GHz Kryo), Adreno 540 GPU
  • Galaxy Note 8, Galaxy S8 Plus (khusus untuk Eropa dan Asia) – Exynos 8895 (CPU 4x 2.3 GHz & 4x 1.7 GHz), GPU ARM Mali-G71 MP20

Bedanya, Galaxy Note 8 sebanyak memiliki RAM 6GB, 50% lebih dari 4GB yang hadir pada Galaxy S8 Plus. Ini tentu saja akan meningkatkan kinerja multitasking karena lebih banyak aplikasi dapat dipegang di memori.

Software

Samsung Galaxy seri note biasanya memiliki perangkat lunak yang sangat baik., dan salah satu keunggulan Galaxy Note 8 adalah perangkat lunak khusus S Pen-nya yang membuatnya jauh lebih hidup. S Pen menawarkan tingkat responsif profesional dengan ketepatan dan tekanan pengingat yang terbaik, sehingga anda dapat dengan mudah mencatat sebuah pesan, meninggalkan anotasi dan bahkan menangkap tangkapan layar dan membuat gif kustom.

Daya tahan baterai

Ini bisa menjadi titik kembalinya masa kejayaan Samsung sebelum tragedi yang seharusnya tidak terjadi ketika ponselnya meledak pada 2017, oleh karena itu perusahaan ini semakin konservatif dengan kapasitas baterai tahun ini dengan pilihan yang jauh lebih baik pada seri Galaxy Note 8. Ketika Galaxy Note 7 memiliki baterai 3500 mAh yang mudah dibakar, kini Galaxy Note 8 telah menurunkan versi ini menjadi 3300 mAh dengan fitur yang diklaim lebih baik dan jauh lebih aman.

Selain itu, kedua ponsel ini menampilkan fitur pengisian cepat, pengisian daya nirkabel (bahkan lebih cepat daripada pengisian daya kabel iPhone 7 dan iPhone 7 Plus) dan duo ini telah lulus ‘8 Point Quality Check’ dari Samsung yang baru. Akibatnya, hal ini akan meningkatkan umur panjang siklus (kehilangan hanya 5% kapasitasnya dalam setahun dibandingkan 20% pada model sebelumnya) dan – sekali lagi – ini berarti tidak boleh meledak.

Pilihan Harga dan konfigurasi Penyimpanan

Saat ini, apa yang kami bisa lihat mengenai harga  (meskipun masih belum resmi dirilis di negara kita, tapi setidaknya kita bisa ancang2 untuk mengambil jarak) adalah:

  • Galaxy Note 8 – 64GB – $ 929 / € 1009 / £ 869 atau sekitar 12.5 jutaan (bisa lebih)
  • Galaxy S8 Plus – 64GB sekitar 11 jutaan.

Samsung Galaxy Note 8 akan menjadi ponsel premium termahal dari Samsung.  Dan jiia benar adanya, Galaxy Note 8 64GB juga akan memiliki harga sekitar 800 ribuan jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan iPhone 7 Plus 256GB  pada kisaran harga 12 jutaan.

Kesimpulan?

Intinya, Samsung Galaxy Note 8 adalah smartphone yang menakjubkan. Dengan Infinity Displays yang semakin jauh lebih hebat dan tidak ada pertanyaan lagi mengenai fitur tambahan S Pen membuat Galaxy Note 8 merupakan ponsel yang paling produktif jika dibandingkan dengan saudaranya . Salah satu yang sangat baik adalah kehadiran kamera ganda yang akan memberikan fleksibilitas lebih, bahkan jika tidak ada kemungkinan untuk membuat banyak perbedaan dalam tembakan standar, mengingat ponsel ini memiliki kamera depan dan belakang utama yang sama dengan pendahulunya.

Masa pakai baterai mungkin masih menjadi rahasia tersendiri entah apakah ia lebih baik, biasa saja, atau lebih buruk. Namun jika kita melihat pengalaman, Samsung tentu akan memberikan semua fokus utamanya pada fitur ini untuk menjadikannya jauh lebih baik. Mari kita nantikan bagaimana rasanya jika sudah hadir dinegara tercinta kita (atau sudah?).

sumber gambar & referensi : samsung.com & forbes.com



 Baca Juga :

Loading…

Comments

VIDEO TERBARU MURDOCKCRUZ :

Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com