Inilah Alasan Mengapa Restart Menjadi Solusi Pertama Untuk Menyelesaikan Masalah

Inilah Alasan Mengapa Restart Menjadi Solusi Pertama Untuk Menyelesaikan Masalah

Ada banyak masalah yang bisa terjadi pada perangkat elektronik, baik itu pada PC,Laptop, Smartphone atau yang lainnya. Tapi, solusi awal yang biasanya memecahkan sebagian masalah tersebut adalah dengan merestart perangkat. Inilah mengapa solusi ini bisa menjadi langkah yang baik ketika akan memecahkan masalah yang terjadi pada perangkat elektronik.

Namun, kadangkala banyak orang yang lupa dengan obat mujarab ini, entah karena terlalu dipusingkan dengan masalah yang seolah tampak sangat rumit, atau anda lupa bagaimana sebenarnya cara sederhana yang sebenarnya bisa dilakukan sendiri. Mari kita ulas lebih detail mengenai obat mujarab ini.



Alasan utama Merestart perangkat bisa Efektif ?

Mari kita mulai dengan berbicara tentang apa yang terjadi ketika komputer anda berjalan: Ada begitu banyak program yang anda buka, bahkan mungkin Anda sedang menginstal dan uninstall aplikasi atau perangkat lunak. Kadang-kadang program seperti browser Internet yang anda buka berjalan beberapa jam, atau bahkan berhari-hari, hingga pada suatu waktu. Komputer berhenti sendiri.

Restart

Apa yang Anda mungkin tidak sadari adalah ada begitu banyak program yang berjalan dilatar belakang pada sebuah sistem operasi sehingga menyebabkan komputer terasa sangat lambat, apalagi jika kapasitas memori anda sedikit terbatas. Jika terlalu banyak yang berlangsung, Anda mulai mendapatkan masalah, seperti sistem lamban, program tidak bisa membuka lagi, pesan kesalahan, dan sebagainya. Ketika anda mereboot komputer, setiap program dan proses yang sedang berjalan akan berakhir. Setelah komputer anda mulai kembali, anda memiliki sebuah komputer yang belum diisi apapun dan bisa bekerja lebih baik(walaupun terkadang ada program yang berjalan dengan fitur auto yang dimilikinya.

Sehingga, kita bisa menyamakan persepsi bahwa merestart komputer sama seperti reboot atau powering up. Restart adalah tidak sama dengan reset, yang merupakan proses yang jauh lebih besar dan biasanya berarti menghapus segala sesuatu dan kembali ke pengaturan”default pabrik”.

Restart juga bekerja efektif pada Perangkat Lain

Logika yang sama berlaku untuk perangkat lain selain komputer. Perangkat seperti televisi, smartphone, modem, router, DVR, sistem keamanan rumah, kamera digital, (dll, dll) semua memiliki sistem operasi kecil dan software yang mengalami masalah yang sama jika ia mengalami sesak nafas seperti kehadiran banyak program yang bekerja bersamaan dalam komputer.

Dengan Reboot, mereka biasanya menghapus kekuatan sementara selama beberapa detik dan kemudian kembali dengan kekuatan lebih baik. Dengan kata lain: cabut dan kemudian pasang kembali.

Sering Merestart bukan pilihan ideal

Anda perlu me-restart komputer anda sewaktu-waktu, dan ini harus anda lakukan, terutama jika anda melakukan jenis pekerjaan yang membutuhkan banyak interaksi dengan sistem operasi, seperti memperbarui driver, menginstal update, menginstal ulang perangkat lunak, dll. Namun, anda tidak perlu melakukan proses ini setiap saat, seperti ketika anda selesai dengan tugas pertama anda, terus mereboot pc, lalu mulai lagi dan lagi.

Restart komputer hanya jika diperlukan, seperti ketika anda merasa komputer atau perangkat terasa benar-benar berat untuk bekerja, setelah menginstal sebuah software yang memerlukan proses restart, dan sebagainya.



Namun dari semua itu, merestart perangkat pada intinya merupakan solusi pertama dan tepat ketika anda memiliki sebuah permasalahan, baik itu pada komputer, laptop, smartphone maupun perangkat lainnya.

Baca juga :



Comments

VIDEO TERBARU MURDOCKCRUZ :

Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com